Jumat, 11 Maret 2016

’’Khasiat Tanaman Pandan Wangi dan Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan’’



’’Khasiat Tanaman Pandan Wangi dan Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan’’
Khasiat Tanaman Pandan Wangi
Khasiat Tanaman Pandan Wangi - Pandanus Amarylifolius Raxb, demikianlah nama latin dari tanaman herbal Pandan Wangi. Tanaman ini merupakan jenis perdu tahunan, tinggi berkisar 1-2 meter. batang bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan bercabang. daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40-80 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk bongkol, warnanya putih. Buahnya buah batu, menggantung, bentuk bola, diameter 4-7,5 cm, dinding buah berambut warnanya jingga ( baca juga : Khasiat tanaman Paku Tanjung  )
Sifat dan Khasiat Herbal Pandan Wangi

Daun bersifat sebagai tonikum, penambah selera makan, dan juga memberikan efek sedatif ( penenang )
Kandungan Kimia

Daun pandan mengandung alkaloid, saponin, flavoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Bagian yang sering di gunakan adalah daun.
Cara Pemakaian
  1. Lemah Saraf : daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci hingga bersih, lalu di potong kecil-kecil. rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, lalu di saring, diminum pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.
  2. Rematik dan Pegal Linu : Daun pandan segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar, dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing satu sendok makan. Aduk hingga merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit ( tidak untuk diminum ).
  3. Rambut Rontok : 10 lembar daun waru muda segar, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan ( Baca : Tanaman Herbal Mangkokan ), 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati dan 1 kuntum bunga  mawar. Setelah semuanya di cuci bersih, lalu dipotong-potong secukupnya. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci email, lalu ditambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu angkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan. Caranya, oleskan campuran minyak tadi keseluruh bagian kulit kepala sambil dipijat ringan. lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut di keramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Adapun Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Sudah lama daun pandan wangi dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini beberapa resep pengobatan menggunakan daun pandan wangi.

1. Mengobati rematik

Rematik adalah penyakit yang umum diderita oleh orang tua. Nah, orang-orang zaman dulu saat terserang rematik menggunakan daun pandan wangi untuk mengatasinya.

Caranya, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

2. Mengobati pegal linu

Pekerja keras biasanya sering mengalami badan pegal linu. Namun, jika di dekat rumah Anda terdapat tanaman pandan wangi, bisa digunakan untuk mengobati pegal linu lho.

Caranya, sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

3. Mengobati lemah saraf

Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

4. Mengatasi gelisah

Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehingga merasa gelisah. Biasanya saat malam hari. Jika Anda mengalami hal ini, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk Anda yang menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi, daun pandan wangi bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

6. Menambah nafsu makan

Ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.


7. Mengatasi lemah syahwat

Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat pada pria. Ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

Nah, itu dia khasiat tanaman daun pandan dan manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan . Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.
Sumber:
http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/10/10-manfaat-daun-pandan-wangi-untuk.html

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima Kasih atas informasi yang disampaikan, sangat bermanfaat sekali. Boleh juga untuk mengunjungi web kami di : cara mengatasi cacingan pada anak

Semua Bisa mengatakan...

Terima Kasih atas informasi yang disampaikan, sangat bermanfaat sekali. Boleh juga untuk mengunjungi web kami di : cara mengobati sumeng

Antontasik mengatakan...

Terima Kasih atas informasi yang disampaikan, sangat bermanfaat sekali. Boleh juga untuk mengunjungi web kami di : cara menyembuhkan muntaber pada anak

Antontasik mengatakan...

Sangat memepesona, jangan lupa untuk terus bersyukur atas nikmatnya. jangan lupa kunjungi pula Obat Asma Pada Anak, dan juga artikel pilihan kami tentang Cara Mengobati tetanus, sangat menawan Obat Tetanus 100 % ampuh, kunjungi pula Hukum Bertabarruk
Terimakasih

aisoice mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Gema Parfum
Minyak wangi pria terfavorit.

----------

Posting Komentar