Sabtu, 12 Maret 2016

HATI-HATI BAHAYA MEMILIH DAN MENGGUNAKAN KOSMETIK



Bismillahirrohmanirrohiim ..

BAHAN KIMIA BERBAHAYA
PADA PRODUK KOSMETIK
(WAJIB BACA! PENTING)
            Kosmetik? Siapa sih yang gak tahu  kosmetik? Pasti semuanya juga tahu apa itu kosmetik, apalagi kaum Hawa seperti saya ini. Hahaa .. eiits jangan salah, kaum Adam  juga pasti tahu dong kosmetik. Iya lah, da pasti banyak ko kaum Adam juga yang memakai peralatan kosmetik.
Definisi kosmetik dalam Peraturan Mentri Kesehatan RI No. 445/MenKes/Permenkes/1998 adalah sediaan atau panduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ kelamin bagian luar), gigi dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampilan, melindungi supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit (Retno: 2011).
            Tahukah kalian sobat, bahwa sesungguhnya kosmetik itu berbahaya?
            Memang penggunaan kosmetik adalah cara yang dipilih oleh sebagian besar kaum Hawa. Tak menjadi masalah berapapun nominal yang dikeluarkan, asalkan dapat menunjang perawatan kecantikannya dan memukau banyak orang. Hal tersebut lumrah–lumrah saja, karena kecantikan mahal harganya.
            Namun, kita sebagai kaum Hawa mesti berhati-hati dalam memilih dan memakai produk kosmetik, mengingat saat ini banyak beredar kosmetik yang membahayakan kesehatan. Tentu kita tak ingin hal buruk terjadi pada wajah kita, bukan wajah cantik dan menawan yang kita dapatkan tetapi malah timbulnya problem kesehatan karena kandungan kimia berbahaya yang digunakan untuk membuat berbagai peralatan kosmetik.
            Patut diketahui bahwa sudah banyak produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti zat pewarna, merkuri, hidrokinon, asam retinoat dan semacamnya.
Ø  Zat pewarna merah K10 misalnya, atau yang kerap dikenal dengan Rhodamin B, merupakan zat sintesis yang biasanya dipakai untuk mewarnai kertas, tinta maupun tekstil. Zat tersebut sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan juga merupakan zat karsinogenik atau zat yang menjadi pemicu timbulnya kanker.
Bahkan, kadar Rhodamin yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada hati (liver). Oleh sebab itu, ketika hendak membeli kosmetik sebaiknya kenali terlebih dahulu produk yang akan dibeli, terutama yang terkait dengan kandungan bahan kimia didalamnya.
Ø  Merkuri atau air raksa ini tergolong kedalam kategori logam berat yang berbahaya dalam konsentrasi yang kecil sekalipun sudah merupakan zat racun. Penggunaan merkuri pada kosmetik akan menyebabkan berbagai macam masalah, seperti perubahan warna kulit, iritasi kulit, alergi, kerusakan pada otak dan juga ginjal bahkan pemakaian jangka pendek dalam dosis yang tinggi bisa menyebabkan muntah-muntah. Selain itu, yang lebih berbahaya ialah bahwa merkuri atau air raksa ini merupakan zat karsinogenik atau zat yang bisa menyebabkan kanker pada manusia.
Ø  Asam retinoat , bahan kimia ini cukup beresiko tinggi apabila ikut dalam campuran bahan untuk kosmetik. Asam retinoat bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit, kulit kering dan juga cacat pada rahim (teratogenik).
Ø  Hidrokinon, berdasarkan resep dokter termasuk salah satu obat keras yang patut diminimalisir atau bahkan dihindari penggunaannya. Bahaya penggunaan obat keras tanpa pengawasan dokter bisa menyebabkan iritasi kulit dan rasa terbakar serta bercak-bercak hitam.
Oleh sebab itu, kita kaum Hawa di harapkan lebih berhati-hati dalam membeli atau memakai produk kosmetik yang disinyalir mengandung salah satu zat kimia berbahaya tersebut.
Alhmadulillah ..
Terimakasih, semoga bermanfaat  J

0 komentar:

Posting Komentar