Minggu, 20 Maret 2016

Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji

Buah jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang banyak tersebar khususnya di benua ASIA, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam manis .
Jambu biji merah termasuk buah yang menjadi salah satu favorit bagi banyak orang, namun diantara mereka kadang tidak begitu paham akan khasiatnya sehingga banyak pula orang yang kurang begitu tertarik akan jambu biji merah, padahal perlu diketahui pula bahwa banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat dalam buah ini bagi kehidupan kita .
Kandungan Nutrisi Jambu Biji
Buah jambu biji sangat kaya vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.
Kandungan gizi dalam 100 gram buah jambu biji yaitu :
>> Kalori 49 kal
>>Vitamin A 25 SI
>>Vitamin B1 0,02 mg
>>Vitamin C 87 mg
>>Kalsium 14 mg
>>Hidrat Arang 12,2 gram
>>Fosfor 28 mg
>>Zat Besi 1,1 mg
>>Protein 0,9 mg
>>Lemak 0,3 gram
>>Air 86 gram
>>Serat Larut 5,4 gram/100 gram buah dan 14% dari DRA
>>Senyawa antioksidan poli-fenolik
>>Flavonoid
>>Zat Likopen
Manfaat dan khasiat buah jambu biji :
Pencegahan kanker , Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi , Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.
Mengatasi Penyakit Jantung Koroner , Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.
Mengatasi Diabetes , Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Menjaga Kesehatan Fungsi Otak dan Saraf , Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.
Sebagai Sumber Antioksidan ,Vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.
Melancarkan Proses Pencernaan , Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
Bermanfaat Sebagai Desinfektan dan Anti Bakteri , Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji merah, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.
Membantu Mengontrol Detak Jantung dan Tekanan Darah , Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 gram berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
Khasiat Lainnya
Menurut penelitian, daun jambu klutuk dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus lalu diberikan pada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.
Terima kasih sudah membaca artikel ini meski memang cukup sulit mengumpulkan informasi yang akurat perlu berbagai macam sumber , setidaknya dengan begitu anda semua jadi bisa lebih mengetahui kandungan dan khasiat apa saja yang ada dalam buah jambu biji ini.

Sumber:

cordycepspluscapsule.net/kandungan-dan-manfaat-buah-jambu-biji/

0 komentar:

Posting Komentar