Kamis, 17 Maret 2016

MANFAAT SENYAWA FLAVONOID BAGI KEHIDUPAN

Senyawa flavonoid adalah jenis senyawa yang termasuk golongan PITOCHEMYCAL. Senyawa flavonoid biasanya adapada tumbuhan, Flavonoid, suatu array luar biasa yang terdiri dari 6.000 zat berbeda yang ditemukan pada hampir semua pada  tumbuhan, flavonoid  bertanggung jawab terhadap berbagai warna tanaman yang membuat kita terpesona oleh corak-coraknya yang brilliant yaitu kuning, orange, dan merah.

Di klasifikasikan sebagai pigment-pigment tanaman, flavonoid itu ditemukan pada tahun 1938 saat seorang peneliti Hungaria bernama Albert Szent-Gyorgyi, menggunakan istilah "vitamin P" untuk menggambarkannya.

Kimiawi dari flavonoid itu rumit, dan dalam istilah non-teknis "flavonoid" bisa ditemukan di berbagai kelompok zat kimia. Kelompok ini antara lain flavonols, dihydroflavonols, flavones, isoflavones, flavanones, anthocyanins, dan anthocyanidins.

Di dalam masing-masing kelompok tersebut terdapat ratusan, dan terkadang ribuan flavonoid yang berbeda. Misalnya, flavonid yang terkenal antara lain quercetin, rutin, dan hesperidin, sedangkan flavone yang terkenal antara lain apigenin dan luteolin.senyawa ini memiliki nilai penting pada peristiwa penyerbukan bunga. Karena adanya senyawa ini  serangga  tertarik hingap di bungan karena rasa pahit yang ada pada tumbuhan. Senyawa ini juga berperan penting untuk menjadi pewarna bagi  tumbuh tumbuhan , bunga sayur sayuran , buah buahan  jenis jenisnya yaitu
Flavanoid memiliki beberapa jenis yaitu Flavanol, Flavon, Isoflavon, Flavanol, dan Anthocyanin
Flavanoid  juga ada yang terdapat pada makanan yaitu Quercetin, Epicatechic, Oligamer Proanthochyanidin, Myrecetin, Carechin, dan Xanthohumol.
Akhir-akhir ini flavonoid banyak dikembangkan karena potensi keuntungannya untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali, diantaranya mempunyai antiviral, antialergi, antitumor dan kegiatan antioksidan lainnya.

Contohnya sebagai berikut
1.    Flavanoid Mengusir polusi dalam tubuh

Terciptanya polusi di lingkuangan kita tinggal memang memberi dampak yang buruk secara perlahan terhadap tubuh kita. Manfaat Senyawa Flavanoid sangat efektif untuk masalah yang satu ini. Ia akan mengusir polusi dalam tubuh kita seperti dari asap rokok dan asap kendaraan yang jelas beracun.

2.    Penting untuk melawan radikal bebas

Manfaat vitamin E
Manfaat buah leci
Manfaat buah duku
Senyawa Flavanoid Dapat Mencegah penuaan dini

Selain untuk dalam tubuh, Flavanoid juga memberi manfaat pada kesehatan kulit kita. Salah satunya mencegah terjadinya penuaan dini. Kulit yang terpapar polusi memang menyebabkan kulit menjadi mudah kusam dan mengalami penuaan yang lebih cepat. Maka dari itu Flaavanoid akan meregenerasi kulit dan mengencangkat juga menghilangkan kerutan akibat penuaan dini.

3.    Penting untuk penuaan dini :

Manfaat lidah buaya
Manfaat air kelapa
Manfaat minyak lintah

4.    Senyawa Flavanoid Untuk Menghindari penyakit mematikan

Penyakit – penyakit mematikan seperti penyakit jantung, kanker, dan tumor memang patut untuk dihindari. Dua penyebab timbulnya penyakit ini ialah pola hidup yang buruk dan faktor genetik. Flavanoid akan membantu kita terhindar dari penakit – penyakit mematikan tersebut karena membantu Radikal Bebas agar dapat hidup secara stabil dan tidak merusak sel.

5.    Flavonoid Dapat Mencegah penyakit aterosklorosis

Penyakit ateroklorosis adalah penyakit yang menyerang dinding arteri di mana adanya pertumbuhan lemak berlebih dalam bagian tersebut. Tumbuhnya lemak dalam dinding arteri dapat menyebabkan aliran darah terhambat dan tidak mengalir sempura ke otak dan jantung kita.

6.    Flavanoid Sebagai Penolak alergi

Senyawa Flavanoid juga dapat berepran sebagai penolak alergi. Flavanoid akan memasang pagar dalam tubuh kita untuk menolah adanya respon atau reaksi negatif dari tubuh terhadap sebuah keadaan.

7.    Efektif mengobati alergi :

Manfaat daging ular
Manfaat madu
Manfaat daun mengkudu

8.    Flavanoid Efektif Mengusir virus
Karena menstabilakan jalannya Radikal Bebas, Flavanodi juga akan mengusir virus yang dapat menghinggapi sel – sel dalam tubuh. Misalnya sel dalam darah yang mudah sekali terseraang virus.

Efektif mengusir virus :

Manfaat daun pepaya
Manfaat air kelapa hijau
Manfaat daun sirsak

9.    Flavanoid Efektif Menghindari trombus

Senyawa yang satu ini juga dapat membuat darah merah dalam tubuh kita mengalir tanpa terjadinya penggumpalan atau trombus. Penggumpalan darah dalam tubuh dapat memberi efek yang serius contohnya penggumpalan dalam otak yang dapat menyebaabkan penyakit minengitis.

10. Sebagai anti diare

Diare yang merupakan penyakit yang sering menghinggapi anak – anak dan orang lanjut usia ini memang menjadi masalah yang cukup serius karena sering menghilangkan nyawaa seseorang. Diare yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan memang wajib dihindari dengan memakan makanan yang bersih dan bergizi. Salah satunya makanan yang mengandung sneyawa Flavanoid. Selain itu dijaga juga kebersihan diri sendiri dan lingkungan.

11. Baik untuk diare :

Manfaat daun jambu biji
Manfaat sirih
Manfaat delima



 Sumber
https://rizqiyanti.wordpress.com/2009/04/24/apa-itu-flavonoid/
http://hidup-sehat.com/tips/zat-flavonoid


0 komentar:

Posting Komentar