Minggu, 27 Maret 2016

Manfaat Cuka

MANFAAT CUKA
Tahu gak sih cairan asam yang sering digunakan pada makanan bakso? Cairan itu disebut cuka atau Asam asetat. Asam asetat atau asam cuka dalam senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan.asam cuka memiliki rumus empiris C2H4O2. Rumus ini sering kali ditulis dalam bentuk CH3—COOH. Asam asetat murni adalah cairan hidroskopis tak berwarna dan memiliki titik beku . Asam asetat merupakan salah satu asam karboksilat paling sederhana, setelah asam format. Larutan asam asetat dalam air merupakan sebuah asam lemah, artinya hanya terdisosiasi sebagian menjadi ion H+ dan CH3COO- .
Asam asetat merupakan pereaksi kimia dan bahan baku industry yang penting. Asam asetat digunakan digunakan dalam produksipolimer seperti polietilena teraftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macam serat dan kain. Dalam industry makanan,asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman. Di rumah tangga, asam asetat encer digunkan seagai pelunak air.
Apa saja manfaat dari cuka?
Di Barat, cuka sudah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena  kandungan penyembuhannya. Baru tahun berikutnya, cuka dikenal sebagai bahan untuk membuat hidangan terasa lezat. Berikut manfaat dari cuka:
Meningkatkan Penyerapan Kalsium
Seperti bahan makanan lainnya yang tinnggi asam citrit, cuka dapur termasuk juga cuka apel bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Selain kalsium, cuka dapur juga bisa atau meningkatkan penyerapan jenis mineral lainnya yang kita dapatkan dari sayuran atau makanan lainnya yang kita konsumsi.
Membantu Mengatasi Gejala Gestroitestinal
Kalsium bisa kita dapatkan dengan mengkponsumsi susu atau produk lain yang terbuat dari susu. Tetapi beberapa orang mungkin memiliki intoleransi terhadap susu atau produk berbahan  susu lainnya. Dalam keadaan tersebut, orang mengalami intoleransi laktosa tersebut dapat mengalami kekurangan kalsium yang bisa didapat di dalam kalsium. Keadaan tersebut juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti diare atau masalah gastrointestinal lainnya. Sehingga mengkonsumsi cuka dapur bisa membantu tubuh menyerap kalsium-kalsium atau mineral lain yang terdapat pada sayuran yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.
Mensrtabilkan Gula Darah
Mengkonsumsi cuka sebelum sarapan atau konsumsi makanan tinggi karbohidrat lainnya dapat membantu tubuhuntuk menstabilkan gula darah. Bahkan cuka disebut oleh para peneliti sebagai bahan yang memiliki kandungan yang memilikimanfaat obat-obatan anti diabetes.
Memperlambat Proses Penuaan
Penelitian membuktikan, cuka mengandung anti oksidan. Anti oksidan bisa membantu mencegah terjadinya proses penuaan. Selain itu, anti oksidan di dalam cuka bisa memperlambat proses penuaan diri.
Mencegah penyakit kanker
Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat mematikan. Kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam cuka bisa di manfaatkan untuk mencegah tubuh dari pertumbuhan sel-sel kanker yang sangat mematikan.
Mencegah kesehatan jantung
Cuka mengandung zat yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Cukadapat mencegah terjadinya oksidasi lipoprotein atau yang juga di sebut LDL yang bisa mengakibatkan terjadinya kondisi dimana munculnya plak pada arteri jantung, dan menyumbat peredaran darah.
Mencegah stroke
Cuka bisa bermanfaat serangan penyakit stroke. Seperti kegunaan cuka untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan di dalam cuka bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan pembekuan darah yang bisa menyebabkan stroke.
Membantu menurunkan berat badan
Cuka bisa menjadi pengganti lemak yang sangat baik.
Dapat mengobati infeksi
Cuka dapat membunuh bakteri. Penelitian membuktikan jika cuka mengandung anti bakterio yang dapat bermanfaat untuk menguobati sakit tenggorokan akibat infeksi. Keasaman di dalam cuka dapat menurunkan pH pada jaringan dan mencegah tumbuhnya bakteri pada permukaan jaringan.
Sedangkan manfaat cuka untukkebutuhan sehari-hari adalah :
cuka dapat digunkan untuk membersihkan lantai,
untuk membersihkan noda di karpet,
untuk membersihkan kacajendela,
untuk membersihkan noda ate coretan padacat dinding ate perabotan rumah yang terbuat dari kayu
Dan manfaat cuka untuk kecantikan adalah:
untuk kesehatan rambut
untuk kesehatan hewan peliharaan, yang dapat digunakan untuk membersihkan telinga hewan peliharaan.
Untuk mempercantik halaman rumah.
Apakah ada efek samping mengkonsumsi cuka?
Cuka memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Mengkonsumsi cuka secara langsung bisa merusak gigi, enamel gigi, jaringan gigi, dan jaringan pada tenggorokan. Agar terhindar dari efek samping yang satu ini, bisa berkumur dengan air setelah meminum cuka secara langsung, anatu dapat juga bisa mencampurkan cuka dengan air putih jika ingin mengkonsumsi cuka.
Konsumsi cuka secara berlebihan dapat menurunkan penyerapan potassium sehingga dapat membuat tulang menjadi rapuh dan keropos.
Cuka dapat berinteraksi dengan obat-obatan diuretic atau laxative serta obat yang berhubungan denngan pengobatan penyakit jantung. Bagi yang sedang dalam pengobatan penyakit-penyakit tersebut konsultasi terlebihdahuludengan dengan dokter jika ingin mengkonsumsi cuka. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi cuka.
 googleweblight.com/?lite_url=http://manfaat.co.id/manfaat-cuka-dapur&ei=nXPju2jx&lc=id-ID&s=1&m=588&h ost=www.google.co.id&ts=1459033459&sig=APY536ycw_lAbOZHs0w77OIOC5_iZv9O5g
googleweblight.com/?lite_url=http://ihsan24chemistry.blogspot.com/2013/10/asam-asetat-ch3cooh.html?m%3D1&ei=J8OJ_9RG&lc=id-ID&s=1&m=588&host=www.google.co.id&ts=1459067009&sig=APY536w7ka3XaFReuCaXcRUtAnDJrbPMWQ

0 komentar:

Posting Komentar