Sabtu, 26 Maret 2016

Gatal-Gatal? Air Kotor dan Makanan Bisa jadi Faktornya



Hai teman-temanku, senang sekali saya bisa berbagi ilmu lagi, ternyata ini sudah tulisan ke 7 lho, artikel kali ini akan membahas masalah kulit. Kenapa sih kulit kita bisa menjadi gatal? Eittss gak boleh dijawab sekarang, biar penasaran.... Haa haa... silahkan baca artikelnya ya, semoga bermanfaat...

Gatal-gatal mungkin hal yang sering dialami oleh setiap manusia, namun ternyata ada sebab mengapa kulit kita mengalai kelainan mulai dari merah-merah, gatal-gatal sampai yang parah mengelupas dan meninggalkan bekas yang mungkin menjengkelkan. Hal yang terjadi tersebut sering disebut dengan ruam, apa yang dimaksud dengan ruam itu? Ruam adalah inflamasi dan perubahan warna yang terjadi pada kulit manusia. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam. Beberapa di antara penyebab ruam adalah akibat alergi, efek samping obat-obatan, kosmetik, dan berbagai macam penyakit. 

Gatal-gatal bisa diakibatkan banyak faktor, misalkan alergi namun alergi dapat hilang dengan sendirinya. Gatal-gatal juga bisa disebabkan bakteri, awal berupa cairan namun karena sering digaruk akan mengakibatkan nanah berwarna hijau. Saat terjadi gatal-gatal jangan dicoba di garuk, namun usap-usaplah dengan lembut area gatal tersebut, karena jika digaruk akan mengakibatkan cairan itu pecah dan menjadi menyebar ke kulit lainnya, sehingga area gatal-gatal akan menjadi lebih serius. 

Namun beda lagi jika gatal-gatal itu disebabkan oleh jamur, letaknya didaerah yang ada lipatannya seperti paha, tangan, dan daerah kulitnya. Dan ternyata gatal karena jamur ini merupakan gatal yang paling bahaya, karena rasa gatal sering tidak dapat ditahan sehingga mendorong seseorang untuk terus mengaruk-garuknya, hal ini sering menyebabkan kulit menjadi insfeksi karena digaruk-garuk tersebut. Gatal yang disebabkan jamur ini sering kita sebut dengan panu, kadas, kurap, dan bulat merah. 

Gatal juga bisa disebabkan oleh virus, virus ini masuk kedalam tubuh dikarenakan daya tahan tubuh menurun. Bentuknya berupa bintik berisi cairan  tapi bening. Tidak menimblkan rasa gatal namun menimbulkan rasa pedih, bentuk dari virus yang dimaksud adalah cacar dan herpes. 

Satu lagi penyebab gatal-gatal yaitu disebabkan oleh parasit. Rasa gatal muncul pada malam hari. Rasa yang ditimbulkan dari parasit tersebut adalah seperti ada kutu yang berjalan diatas tubuh. Rasanya sangat gatal mirip keringat malam. 

Dari beberapa munculnya bakteri diatas ternyata faktor yang  menyebabkannya adalah air. Bakteri, virus dan parasit yang menjadi gatal-gatal umunya hidup diair yang kotor. Apabila kulit berinteraksi dengan air yang kotor ini sudah dapat dipastikan penyakit gatal-gatal akan menghampiri. Karena keadaan bakteri, virus dan parasit yang tidak dapat terlihat dengan kasak mata, maka jika terjadi penyakit gatal-gatal kemungkinan disebabkan oleh hal tersebut. Maka untuk mengetahui air yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari harus bersih, jika perlu tes air yang kita gunakan ke labolatorium untuk diperiksa. 

Perlu diketahui juga wanita lebih sensitif terhadap kualitas air, kenapa? Karena lapisan kulit wanita lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit pria, inilah faktor yang menyebabkan gatal-gatal sering dialami oleh wanita. Ternyata faktor gatal juga bisa disebabkan oleh makanan, nah untuk perhatikan makanan ini jika kulit anda sedang gatal, dan cobalah menghindarinya.

Telur, konsumsi telur bagi mereka yang mengidap alergi tententu bisa merangsang jenis masalah kulit seperti kemerahan dan ruam pada kulit. Kacang : menyebabkan reaksi alergi seperti gangguan pada masalah perut, dan ruam pada kulit. Ikan dan daging: menimbulkan reaksi alergi pada beberapa individu. Reaksi-reaksi ini terutama menyebabkan urtikaria (infeksi kulit dan rasa gatal), gangguan gastrointestinal dan bahkan asma. Susu sapi: protein kasein dan beta-lactoglubin dikenal sebagai alergen utama, ketika dikonsumsi susu sapi merangsang reaksi alergi lain termasuk sakit perut, gerakan longgar, rasa mual, dan lainnya. Kacang kedelai: phytoestrogen dan tingginya kandungan serat dalam kacang kedelai dikatakan menyebabkan masalah pencernaan seperti stomatitis, diare kembung, dan sakit perut. Tepung terigu: gluten gandum dikatakan alergen, dikaitkan dengan mempercepat gejala penyakit celiac pada beberapa orang. Penyakit celiac adalah suatu kondisi yang merusak lapisan usus kecil dan mencegah dari menyerap nutrisi penting. Gluten juga ditemukan dalam barley, gandum dan gandum hitam.

Ternyata ada penyebab yang umum yang dapat menjadi faktor pemicu gatal selain air diantaranya: Faktor Makanan : penyabab utama pertama yang bisa memicu gatal di badan adalah karena faktor makanan, contohnya sepeti yang sudah disebutkan diatas. Kurangnya Menjaga Kebersihan : termasuk faktor utama untuk menjaga kulit kita tidak gatal. Lingkungan yang bersih maka akan berdampak terbebasnya berbagai macam penyakit seperti penyakit gatal. Gatal juga dapat berasal dari biang keringat yang berlebih. Terkena Gigitan Serangga, serangga seperti nyamuk sangat senang berkembangbiak pada tempat-tempat yang kotor. Akan berbahaya jika kita terkena gigitan serangga, misalnya nyamuk selain menyebabkan gatal juga dapat menyebabkan demam berdarah. Disebabkan Penyakit, gatal bisa terjadi karena kita mempunyai penyakit yang dapat memicu datangnya gatal di badan. Contohnya seperti penyakit cacar air. Dari benjolan-bejolan penyakit cacar air ketika sudah mengering umumnya akan menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh. Faktor Cuaca Lingkungan , disebabkan karena faktor cuaca lingkungan yang tidak menentu. Pergantian cuaca panas ke dingin atau sebaliknya bisa membuat beberapa orang menjadi kegatalan. Hal ini karena kulit sangat sensitif terhadap perubahan cuaca lingkungan.

          Adapun cara yang dapat menjadi alternative menghilangkan rasa gatal ialah:
1. Cara Menghilangkan Gatal Di Badan Dengan Daun Salam, sebagai obat tradisonal alternatif untuk menyembuhkan penyakit gatal. Bukan hal yang sulit bukan untuk menemukan daun salam? Cara menggunakannya setelah daun salam Anda cuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Nanti hasil tumbukan daun salam tersebut Anda oleskan terhadap kulit yang teras gatal.
2. Garam Dicampur Dengan Minyak Goreng, siapkan piring kecil tuangkan minyak goreng secukupnya dan campurkan garam dapur sedikit. Aduk sampai rata kemudian oleskan campuran garam dan minyak goreng tersebut ke bagian tubuh yang terasa gatal.
3. Gatal Dapat Diatasi Dengan Jahe, bisa gunakan untuk menghilangkan rasa gatal di sekujur tubuh. Caranya ambil jahe sebanyak 30 gram lalu cuci sampai bersih. Kemudian Anda ambil juga cuka sebanyak 60 cc, gula merah dan beras putih secukupnya. Lalu bahan-bahan tersebut Anda rebus dalam 800 cc hingga air rebusan tersisa tinggal setengahnya. Tunggu sampai dingin lalu saring air rebusan jahe dan Anda minum secara teratur.
4. Lidah Buaya Dipercaya Dapat Mengatasi Gatal Di Badan, kandungan aloevera yang terdapat dalam gell lidah buaya mampu untuk menghilangkan gatal di badan. Tidak banyak cara untuk menggunakan gell lidah buaya sebagai obat gatal Anda. Cukup Anda ambil lidah buaya dan potong menjadi dua. Lalu ambil gell lidah buaya dan oleskan terhadap badan yang terasa gatal. Memang untuk pengobatan yang sebentar tidak akan langsung terasa efeknya. Oleh karena itu lakukan hal ini sesering mungkin demi untuk proses penyembuhan lebih cepat lagi.
5. Atasi Rasa Gatal Dengan Kulit Pisang, solusi terbaik untuk mengobati penyakit gatal. Caranya ambil kulit pisang dan tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang terasa gatal. Kemudian pijat-pijat kulit pisang secara halus dan perlahan. Tunggu reaksinya setelah Anda melakukannya secara rutin dan teratur.
          Itulah beberapa hal yang menyebabkan gatal pada kulit kita. Jadi pada intinya kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga asupan makanan, agar idak terjadi masalah kulit yang disebutkan diatas. Terimakasih telah menyempatkan waktunya membaca artikel ke 7 ini, wah gak kerasa ya.... Semoga bermanfaat, jangan lupa tetap setia menunggu artikel yang lainnya lagi okkkk.... Terimakasih.


Daftar Pustaka


Natasja, A. (2013, 10 10). Makanan yang Harus di Hindari Penderita Gatal dan Alergi. Retrieved from Solusi Gatal: http://www.solusigatal.com/2013/10/makanan-yang-harus-di-hindari-penderita.html
nn. (2011, April 7). Kenali Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit. Retrieved from Waterplus " Your Happines is our Solutions" Pure: https://waterplus.wordpress.com/201/04/07kenali-penyebab-gatal-gatal-pada-kulit
nn. (2015, agustus 07). Cara Menghilangkan Gatal dibadan dan Trik Jitu Cara Alami Tradisonal. Retrieved from Infomenarik berbagi Info dan Tips Triks Jitu: http://info-menarik.net/cara-menghilangkan-gatal-di-badan-trik-jitu-cara-alami-tradisional/


0 komentar:

Posting Komentar