Minggu, 13 Maret 2016

Kimia saat Tertawa dan Menangis


Tertawa dan menangis menurut dr. W.M. Roan , Psi. adalah pencerminan emosi manusia bagian dari spectrum emosi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian, dan kemarahan(kompas.com). Walau dianggap biasa, keduanya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tertawa dan menangis pada orang normal adalah suatu reaksi terhadap keadaan krisis, berupa suatu perubahan yang tidak terduga. Kondisi ini dapat tercetus dari perubahan yang mengagetkan, menyenangkan atau menyedihkan.

Aspek-aspek emosi, termasuk tertawa dan menangis, diatur oleh pusat emosi didalam struktur otak, yaitu system limbic.

Tertawa terbahak-bahak pada porsinya, dan tertawa yang sesungguhnya, tanpa dibuat-buat, serta tidak berlebihan, sangat bermanfaat bagi orang sehat. Hasil penelitian dr. Wiliam Foy dari Universitas Stanford menunjukkan, tertawa terpingkal-pingkal akan menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernafasan, sehingga tubuh seperti habis melakukan jogging. Maka tubuh akan terasa tenang dan rileks seperti habis berolahraga.

Tertawa juga akan melatih diagfragma torakss, jantung, paru-paru, perut, dan membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernafasan. Disamping itu, tertaea dapat meringankan sakit kepala, sakit pinggang dan depresi(kompas.com).

Menurut dr. William Frey, direktur Dry Eyes and Tears Research Center, Mineapolis, Tertawa akan menggerakkan bagian dalam tubuh, sehingga mengaktifkan system endokrin yang mendorong penyembuhan suatu penyakit. Karena merangsang otak untuk mengeluarkan endorphin yang dikenal zat pembunuh rasa sakit(kompas.com).
Seperti di ketahui bahwa Endorfin memiliki segudang manfaat. Bahkan ada yang menyamakan dengan morfin, obat psikotropika yang terkenal itu. Bahkan hormon morfin alami (endorfin) ini bisa memiliki kemampuan 200 kali lebih besar daripada morfin. Manfaat endorfin diantaranya adalah mengendalikan rasa sakit atau nyeri,  mengatur produksi hormon pertumbuhan, mengendalikan perasaan tertekan atau stres, dan dan yang terpenting adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak gampang sakit. Dengan demikian benarlah adanya bahwa tertawa adalah obat sekaligus pencegah terhadap segala macam penyakit yang mengancam kita.

Tertawa dalam 5 – 10 menit dapat merangsang pengeluaran endorphin, serotonin, dan melatonin, senyawa yang dapat menyebabkan perasaan tenang, dan tentram. Dan mengurangi pengeluaran adrenalin , kortisol dan radikal bebas, menurunkan tekanan darah, menormalkan detak jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat(Rahmat. Sinarharapan.co.id).

Tertawa merangsang system immunitas, karena badan dapat memproduksi sel T, yaitu sel darah putih dan protein yang penting dalam pertahanan tubuh.

Lain dengan tertawa yang selalu dihubungkan dengan kegembiraan, Menangis selalu dihubungkan dengan kesedihan. Padahal orang tidak selalu dalam keadaan sedih saat menangis. Menangis diidentikkan dengan keluarnya air mata. Tapi tidak semua tangisan mengeluarkan air mata.

Pada saat mengangis ada dua hal yang dikeluarkan dari badan kita lewat air mata, yaitu beban bathin yang menimbulkan redanya emosi/ perasaan hati, dan senyawa kimia yang membantu membersihkan mata.

Setiap air mata memiliki perbedaan komposisi kimia. Air mata dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
Air mata basal, yang berfungsi melembabkan mata.
Air mata refleks, yang dihasilkan apabila mata mengalami peradangan seperti terkena bawang atau debu.
Air mata emosi, yang keluar sebagai reaksi terhadap perubahan emosi.
Menurut penelitian para ilmuwan, air mata emosi mengandung logam mangan dan prolaktin yang lebih tinggi.

Saat terjadi perubahan emosi, system syaraf bereaksi dengan merangsang syaraf cranial(dari otak) dan menghantar sinyal pada kelenjar mata lakrimal(yang paling besar)/ untuk mengeluarkan air mata dan hormone tertentu yang menstabilkan perasaan dan emosi.

Bahagia dan air mata juga ada hubungannya. Orang ada yang tertawa sambil menangis, atau tertawa sampai menangis.

Sumber:
http://kimiakitakimia.blogspot.co.id/
http://sehatsangat.blogspot.co.id/2014/06/tertawa-menangis-bermanfaat-kesehatan.html

0 komentar:

Posting Komentar