Minggu, 20 Maret 2016

Waspada bahaya zat Mainan anak



WASPADA BAHAYA ZAT KIMIA PADA MAINAN ANAK-ANAK


    Zat Kimia Berbahaya Pada Mainan AnakSebagai orang tua saat ini dituntut lebih selektif kembali dalam memilihkan mainan terhadap anaknya. Mainan anak – anak ternyata menyimpan beberapa zat kimia berbahaya didalamnya. Apalagi anak – anak terkadang memiliki kebiasaan memasukkan mainan kedalam mulutnya. Hal ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan sang buah hati.
   YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) menyatakan telah menemukan adanya zat berbahaya pada mainan edukasi anak – anak yang banyak diperjual belikan di pasar Indonesia, terutama di Jakarta. YLKI melakukan pemeriksaan terhadap 21 mainan anak – anak yang berasal dari 5 wilayah di Jakarta secara acak pada 12 tempat penjualan. Temuan ini sangat menggemparkan, ternyata setelah dilakukan penelitian mainan ini mengandung beberapa zat kimia berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya adalah timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr).
   Diantara 21 mainan tersebut terdiri dari berbagai macam mainan edukasi, seperti sempoa, balok ukur berwarna, balok hitung kayu, puzzle, kereta – keretaan dan kotak pos diaman seluruh mainan tersebut memakai cat pewarna kimia. Dan dari keseluruhan mainan tersebut hanya 7 saja yang menggunakan label pada kemasannya sedangkan sisanya hanya menggunakan plastik sebagai kemasa dengan petun juk harga dan tanpa ada penjelasan mengenai bahan dan cara penggunaan mainan tersebut. jelas salah satu staf peneliti YLKI Noor Jehan.

   Berikut ini kadar kandungan kimia yang ditemukan pada mainan tersebut.
Kadar timbal pada cat mainan dinosaurus kayu sebanyak 8,83 mg
Kadar timbal pada cat mainan puzzle kucing sebanyak 8,4 mg
Kadar timbal pada cat mainan puzzle ikan sebanyak 7,57 mg
Kadar merkuri pada sempoa kecil sebanyak 39,27 mg
Kadar merkuri pada mainan Three Branded sebanyak 37,14 mg
Kadar merkuri pada mainan Maze sebanyak 12,37 mg
Keseluruhan mainan ini tidak menyertakan mengenai pembuatan, kandungan bahan dan cara penggunaan.
   Sampel dari mainan tersebut diperoleh dari beberapa tempat, seperti pasar mainan gembong, toko buku, pusat perbelanjaan / mal dan swalayan yang diproduksi oleh produsen – produsen Indonesia dan beberapa negara lain, diantaranya adalah Cina, Israel, Inggris, Thailand.

    Dampak buruk bagi kesehatan mengenai bahayanya mainan ini jika dimasukkan ke dalam mulut anak – anak diantaranya adalah, terganggunya sistem pencernaan sehingga mengakibatkan diare, tubuh mudah lemas, depresi. Namun jika sampai mainan ini terkonsumsi dalam jangka lama akan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf pusat, kagal jantung, gagal ginjal, kanker paru – paru bahkan hingga kematian.

Sumber : https://putriyupii.wordpress.com/2012/08/08/waspada-bahaya-zat-kimia-pada-mainan-anak-anak/

0 komentar:

Posting Komentar