Jumat, 18 Maret 2016

Hidup Sehat dan Cara Ampuh untuk Diet, Ketahuilah Golongan Darahmu.




Bagaimana kabarnya pembaca setia? Semoga tetap berikan kesehatan ya, tetap setia juga membaca artikelnya yah, ternyata ini sudah postingan ke 6, gak terasa ya.  Kata berat badan mungkin itu sering menjengkelkan bagi sebagian orang, kenapa karena sangat sulit sekali untuk mendapatkan berat badan ideal. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapat berat badan ideal, namun ternyata banyak yang gagal. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa untuk menurutkan berat badan hanya dengan diet, mulai dari olahraga teratur, menjaga pola makan sampai bolak balik apotik untuk membeli obat diet. Mungkin temen-temen belum mengetahui bahwa golongan darah dapat membantu menurutkan berat badan. Penting sekali untuk mengetahui golongan darah kita, kenapa? agar dapat disesuaikan makanan yang baik untuk dikonsumsi menurut golongan darah.
 
Golongan darah O berbeda dengan golongan darah lainnya, sangat dianjurkan hanya mengkonsumsi sedikit makanan yang bersifat asam, dan memperbanyak makan makanan berupa daging karena jenis golongan darah ini bisa mencerna dan memetabolisme daging unggas dan ikan secara efisien karena mereka cenderung mempunyai kadar asam lambung yang tinggi. Diet bisa sukses bagi golongan darah O bergantung pada penggunaan daging tanpa lemak dan bebas zat kimia. Namun produk berbahan dasar susu dianggap kuarang baik, untuk menurunkan berat badan lebih efektif dan efisen maka caranya dengan membatasi konsumsi biji-bijian, roti, kacang polong, dan kedelai. Namun hindarilah bahan makanan dari gandum untuk menjaga berat badan karena dalam gandum terdapat gluten yang akan mengganggu kerja insulin dan memperlambat sistem metabolisme. Kacang kedelai dan kacang polong, mengandung lectin yang akan tertumpuk di jaringan-jaringan tubuh dan membuat area tersebut kurang berfungsi dalam aktivitas fisik. Ada baiknya menghindari makanan yang menghambat hormon tiroid seperti kol dan kol bunga, tapi meningkatkan produksi hormon dengan mengkonsumsi rumput laut, makanan laut, serta garam beryodium. Beberapa kelompok sayuran bisa menimbulkan masalah besar bagi golongan darah O, seperti Brassica family (kol dan bunga kol ) bisa menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yang kaya vitamin K. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yang lemah pada golongah darah O. Karena kadar asam lambung tinggi, jenis golongan darah O sebaiknya makan buah yang bersifat alkali seperti beri dan plum. 

Golongan darah A rentan terhadap serangan jantung, kanker, dan diabetes. Karena itu, sangat penting agar memilih makanan yang segar, alami, serta organik. Untuk memaksimalkan diet untuk golongan darah A, ternyata dapat langsing secara alami jika terbiasa makan daging, karena penurunan berat badan akan terjadi lebih cepat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menghambat perkembangan penyakit yang mengancam kehidupan. Karena golongan darah A saat memakan daging, mereka akan merasa lemas dan malas bergerak. Hal ini karena kadar asam lambung rendah sehingga lebih sulit untuk mencerna daging. Selain mengkonsumsi protein hewani, bisa juga  menambahnya dengan makan kacang-kacangan dan biji-bijian. Hindarilah memakan makanan berprotein yang terdapat pada kedelai dan kacang polong karena bisa menurunkan produksi insulin, yang bisa menjadi penyebab obesitas dan diabetes. Tahu, bisa menjadi makanan utama dalam diet ini. Prosuk-produk susu juga agak susah dicerna oleh golongan darah A dan bisa memperlambat proses metabolime. Tapi, golongan darah A bisa mentoleransi produk susu yang difermentasi seperti yogurt, kefir, krim tanpa lemak, serta produk susu yang telah dikultur. Sayur-sayuran sangat penting dalam diet golongan A sebagai sumber mineral, enzim, dan antioksidan. Tipe A sangat sensitif terhadap lectin yang terdapat pada kentang, ubi jalar, kol, tomat dan merica. Makanan ini bisa merusak lambung tipe A yang lemah. Tipe golongan darah A seharusnya makan lebih banyak buah yang bersifat alkali, namun menghindari mangga, pepaya, serta jeruk karena tidak bagus bagi saluran pencernaan. 

Golongan darah B biasanya kuat dan peka untuk melawan sebagian besar penyakit yang umum dikenal sekarang seperti penyakit jantung dan kanker. Pada dasarnya, mereka yang memiliki golongan daran B dan mengikuti diet yang direkomendasikan seringkali bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis dan hidup sehat lebih lama. Namun tipe golongan darah B lebih mudah terserang penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh seperti multiple sclerosis, lupus, serta sindrom kelelahan kronis. Diet seimbang dan menyeluruh, dengan melibatkan berbagai jenis makanan, faktor terbesar penyebab penambahan berat badan adalah jagung, gandum hitam, kacang-kacangan, dan biji wijen. Makanan ini lectin berbeda yang bisa mengganggu efisiensi proses metabolisme yang akan mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglisemia. Lectin gluten pada biji gandum dan semua produk-produk whole wheat juga bisa menambah masalah dengan memperlambat sistem metabolisme. Bagi golongan darah B, sangat penting untuk menghindari ayam. Ayam mengandung lectinaglutinin, ini akan menyerang aliran darah dan potensial meyebabkan stroke serta kelainan sistem kekebalan tubuh. Ikan dapat dinikmati tanpa mengkhawatirkan suatu hal yang lainnya, tetapi sebaiknya menghindari semua jenis kerang-kerangan. Kerang mengandung lectin yang bisa mengganggu sistem golongan darah B. Golongan darah B merupakan satu-satunya golongan darah yang bisa sepenuhnya menikmati berbagai produk susu. Diet golongan darah B sebaiknya tidak menyertakan tomat, karena tomat mengandung lectin yang bisa mengiritasi lapisan lambung. Tapi, buah dan sayuran lainnya secara umum bisa ditoleransi dengan baik. 

Golongan darah AB Antigen yang banyak, membuat golongan darah AB kadang-kadang menyerupai golongan darah A dengan asam lambung yang lemah, dan kadang-kadang menyerupai golongan darah B yang didisain secara genetik untuk mengkonsumsi daging. Tipe AB akan mencapai kondisi terbaik saat jaringan-jaringan otot bersifat alkali. Tipe AB tidak bisa mencerna daging dengan efisien karena rendahnya kadar asam lambung. Selain itu, perhatikan juga porsi dan frekuensi konsumsi daging. Ayam juga mengandung lectin yang bisa mengiritasi darah dan saluran pencernaan. Tahu merupakan sumber protein terbaik bagi golongan darah ini. Selain itu, bisa juga makan kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah kecil. Golongan darah AB bisa mentoleransi produk-produk susu dengan cukup baik. Tapi, perhatikan kelebihan produksi mucus. Secara umum, tipe AB juga bisa mentoleransi padi-padian, bahkan gandum, tapi bagian inti gandum bisa menyebabkan tingginya kadar asam di otot-otot golongan darah AB. Jenis ini akan lebih diuntungkan dengan diet kaya nasi dibandingkan pasta. Golongan darah AB mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah. Jadi, ada baiknya jika mengkonsumsi sayur-sayuran yang kaya phytochemical dan buah-buahan yang bersifat alkali. Makanan ini bisa menyeimbangkan padi-padian yang membentuk asam di otot-otot. Golongan darah AB sebaiknya memulai hari dengan minum segelas air hangat yang dipadukan dengan air perasan setengah jeruk lemon segar. Ini bisa membersihkan mucus yang terakumulasi selama tidur.
Dibawah ini gambaran besar makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan akan lebih baik jika dihindari. Simak ya..... Agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

 Yang memiliki golongan darah A, sangat dianjurkan mengonsumsi bayam, brokoli, wortel dan jamur, kacang tanah dan buah-buahan seperti blueberry, jeruk limau, pisang, dan mangga. Sayangnya, pemilik golongan darah A dianjurkan untuk menghindari makan cumi-cumi, udang, kepiting, serta lobster. Golongan darah A juga disarankan tidak mengonsumsi minuman bersoda, susu sapi, dan santan.

Bagi Anda yang memiliki golongan darah B, Anda dianjurkan memakan keju, bisa dilengkapi dengan buah-buahan seperti jeruk, melon, dan mangga. Golongan darah B, sebaiknya menghindari makanan seperti daging ayam, bebek, tomat, jagung, pare, kelapa/santan. Untuk buah sebaiknya menghindari alpukat, kesemek, blimbing, pir, dan sebaiknya juga menghindari air soda. 

Pemilik golongan darah AB bisa berlega hati karena masih dapat menikmati hampir semua jenis sayur mayur. Golongan darah AB juga dianjurkan mengonsumsi protein hewani yang berasal dari kalkun, kelinci, dan domba. Serta mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, kiwi, lemon, nanas, semangka, dan plum. Namun yang perlu diperhatikan adalah, golongan darah AB dianjurkan menghindari daging sapi dan ayam. Tidak boleh juga memakan sayuran seperti jagung, jamur, paprika, acar, dan lobak. Untuk buah-buahan usahakan tidak mengonsumsi mangga, pisang, alpukat, kelapa, dan belimbing. 

Terakhir, bagi Anda yang memiliki jenis golongan darah O, sangat baik bila mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, dan selada. Didampingi dengan protein hewani dari daging sapi. Golongan darah O juga dianjurkan mengonsumsi buah ceri dan blueberry. Sebaiknya, Anda menghindari kerang, mentimun, kembang kol, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, jamur, blewah, jeruk mandarin, dan pisang raja.  

            Itulah gambaran singkat tentang golongan darah yang dapat berpengaruh bagi kesehatan dan dapat menurunka berat badan. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Jangan bosen menunggu postingan selanjutnya. Terimakasih......
           

References

Kania, D. (2015, Agustus 21). Jenis Makanan yang Tepat Sesuai Golongan Darah. Retrieved from Okezone: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/08/21/481/1200115/jenis-makanan-tepat-sesuai-golongan-darah
Rahmat, S. (2015, Juni 26). Golongan Darah dan Asupan Makanan. Retrieved from Kompasiana: http://www.kompasiana.com/saidahrahmat/golongan-darah-dan-asupan-makanan_550da08da33311fe1c2e3cb1



0 komentar:

Posting Komentar