Minggu, 20 Maret 2016

URANIUM



Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Ia merupakan logamputih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida tabel periodik. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, denganelektron valensi 6. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron, sehingganya terdapat 6 isotop uranium. Isotop yang paling umum adalah uranium-238 (146 neutron) dan uranium-235 (143 neutron). Semua isotopuranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. Uranium memiliki bobot atom terberat kedua (setelah plutonium) di antara semua unsur-unsur kimia yang dapat ditemukan secara alami.[3] Massa jenis uranium kira-kira 70% lebih besar daripadatimbal, namun tidaklah sepadat emas ataupun tungsten. Uranium dapat ditemukan secara alami dalam konsentrasi rendah (beberapa bagian per juta (ppm)) dalam tanah, bebatuan, dan air.

Uranium yang dapat dijumpai secara alami adalah uranium-238 (99,2739–99,2752%), uranium-235 (0,7198–0,7202%), dan sekelumit uranium-234 (0,0050–0,0059%). Uranium meluruh secara lambat dengan memancarkan partikel alfa. Umur paruh uranium-238 adalah sekitar 4,47 milyar tahun, sedangkan untuk uranium-235 adalah 704 juta tahun.[4] Oleh sebab itu, uranium dapat digunakan untuk penentuan umur Bumi.

Uranium-235 merupakan satu-satunya isotop unsur kimia alami yang bersifat fisil (yakni dapat mempertahankan reaksi berantai pada fisi nuklir), sedangkan uranium-238 dapat dijadikan fisil menggunakan neutron cepat. Selain itu, uranium-238 juga dapat ditransmutasikan menjadi plutonium-239 yang bersifat fisil dalam reaktor nuklir. Isotop uranium lainnya yang juga bersifat fisil adalah uranium-233, yang dapat dihasilkan dari torium.
Fungsi dan penggunaan Uranium:
  1. Sinar radioaktif yang keluar dari inti Uranium sangat berguna. Sinar ini digunakan dalam pertanian, industri, biologi dan penelitian medis. Penggunaan lain Uranium adalah di bidang energi nuklir. Pada tahun 1938 proses fisi nuklir ditemukan Fisi nuklir adalah proses di mana inti atom Uranium-235 dibagi menjadi dua bagian oleh penembakan neutron, maka energi yang luar biasa yang dihasilkan. Bom-bom atom dibuat melalui proses ini yang kemudian pada tahun 1945 yang digunakan Amerika dan sekutu untuk melawan Jepang pada Perang Dunia II.
  2. Penggunaan Untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Saat fisi nuklir digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Anda akan terkejut bahwa satu pon Uranium menghasilkan energi setara dengan yang didapatkan dari tiga juta pon pembakaran batu bara Oleh karena itu, Uranium-235 isotop digunakan dalam reaktor nuklir untuk produksi energi listrik. Energi yang dihasilkan dalam reaktor nuklir digunakan untuk memanaskan air untuk membuat uap. Uap ini berfungsi untuk menjalankan turbin sehingga menghasilkan listrik
  3. Penggunaan Uranium juga digunakan untuk menyerap sinar-X dan sinar gamma. oksida ini digunakan sebagai katalis dalam beberapa reaksi kimia. Ada empat bagian Uranium di setiap satu juta bagian dari kerak bumi. Senyawa-senyawa Uranium juga ditemukan di bebatuan. Bijih uranium adalah salah satu bijih penemuan penting untuk umat manusia.
https://id.wikipedia.org/wiki/Uranium
http://share-all-time.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-dan-sejarah-penemuan-uranium.html

1 komentar:

Akhbar Sanusi mengatakan...

Australia memiliki 31% dari cadangan bijih uranium dunia dan uranium terbesar dunia simpanan tunggal yang terletak di Olympic Dam Tambang di Australia Selatan. Kazakhstan terus meningkatkan produksi dan mungkin telah menjadi produsen terbesar di dunia uranium pada tahun 2009 dengan produksi yang diharapkan dari 12.826 ton, dibandingkan ke Kanada dengan 11.100 ton dan Australia dengan 9.430 ton. Para uranium yang tersedia utamanya adalah diyakini cukup untuk setidaknya berikutnya 85 tahun meskipun beberapa studi menunjukkan kurangnya investasi dalam akhir abad kedua puluh dapat menghasilkan masalah pasokan di abad ke-21. Ada peningkatan 300 kali lipat dalam jumlah uranium dipulihkan untuk setiap sepuluh kali lipat penurunan di kelas bijih. Dengan kata lain, ada sedikit bijih kelas tin Jasa Penulis Artikel jual kardus bekas

Posting Komentar