Sabtu, 26 Maret 2016

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Cabai memiliki kandungan yang mampu menunjang kesehatan bagi yang menkonsumsinya. Salah satu zat yang sangat baik dimiliki cabai adalah zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Vitamin C ini juga kaya kandungan pada cabai, sama seperti manfaat jerukmanfaat lemonmanfaat anggur yang dikenal sebagai sumber vitamin C.
Berikut ini beberapa manfaat cabai yang baik dikonsumsi oleh kita :
1.      Meningkatkan Imunitas
Warna merah cerah pada cabai merupakan sinyal kandungan tinggi beta karoten atau pro vitamin A. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah, memberikan sekitar 6% dari nilai harian untuk vitamin C. Selain itu, ditambah dengan lebih dari 10% nilai harian vitamin A. Vitamin A Sering disebut  anti infeksi dan sangat penting untuk membran mukosa yang sehat, yang melapisi saluran hidung, paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kemih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap patogen.
2.      Menurunkan Berat Badan
Penelitian medis baru-baru ini telah menunjukkan bahwa kandungan capsaicin, dihydrocapsiate, membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah konsumsi makanan cabai. Selain itu, rasa  yang kenyang yang diberikan, secara teknis membantu tubuh tetap dalam rencana penurunan berat badan untuk mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
3.      Mengatasi Diabetes
Tingkat insulin yang tinggi berhubungan langsung dengan timbulnya diabetes tipe 2. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan memasukkan 24% cabai secara teratur dimasukkan ke dalam makanan. Peptida juga mendorong hati agar lebih mampu terhadap kelebihan insulin dengan adanya cabai.
4.      Menyehatkan Pencernaan
Kita semua sering mendengar keluhan bahwa makanan pedas akan mengganggu perut atau karena membuat mulas. Pada kenyataannya, banyak penelitian telah membuktikan bahwa cabai pedas sebenarnya dapat mencegah gangguan pencernaan kronis, membunuh bakteri penyebab tukak lambung, memicu fungsi peristaltik usus dan bahkan tidak menyebabkan penyakit refluks asam.  Manfaat cabai mengandung kapsikin yang mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatjan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme.

Resiko Kesehatan Pada Cabai
Cabai mengandung capsaicin, yang memberikan karakter yang kuat pedas pedas. Capsaicin bila dimakan berlebihan akan menyebabkan iritasi parah dan sensasi panas ke mulut, lidah dan tenggorokan.
·         Capsaicin dalam cabai awalnya memunculkan peradangan lokal setelah terjadi kontak dengan selaput lendir halus di rongga mulut, tenggorokan dan perut. Kemudian menghasilkan sensasi terbakar parah yang dianggap sebagai ‘panas’ melalui ujung saraf bebas di mukosa. Manfaat yoghurtdapat membantu mengurangi rasa sakit terbakar dengan cara pengenceran konsentrasi capsaicin dan mencegah kontak dengan dinding mukosa.
·         Hindari menyentuh mata dengan jari-cabai yang terkontaminasi cabai. Bilas mata secara menyeluruh dengan air dingin untuk mengurangi iritasi.
·         Senyawa kimia tertentu seperti aflatoksin, ditemukan dalam cabai yang telah diketahui dapat menyebabkan gangguan perut, hati dan usus besar.
Pengkonsumsian Cabai
Cabai termasuk kedalam golongan makanan herbal yang sebenarnya amat menyehatkan. Namun pada perkembangannya banyak dilakukan pengawetan pada jenis bahan makanan ini. Ini justru merusak kandungan alami pada cabai tersebut dan berpotensi membuat permasalahan kesehatan yang lain.
Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan yang alami dalam bentuk yang masih segar. Pada cabai itu sendiri, apabila dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan yang pedas, harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena kita selayaknya menginkan manfaat cabai kita peroleh dengan baik, bukan efek samping karena mengkonsumsinya yang terlalu banyak.
Sumber :

http://manfaat.co.id/manfaat-cabai

0 komentar:

Posting Komentar