Sabtu, 19 Maret 2016

Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia

Hai kawan apakah kalian ingin tahu apa saja fakta-fakta tentang tubuh yang kita diami ini. Mari kita baca pada artikel ini.  Tubuh manusia merupakan suatu misteri yang tidak ada ujung nya, tidak dapat diketahui sampai mana batas pengetahuan kita tentang tubuh kita diami ini. Beberapa hal yang jarang kita ketahui terhadap badan ini ternyata membuat kita takjub akan fakta tubuh manusia. Berikut adalah fakta tentang tubuh manusia:
1.      Kematian Ratusan Juta Sel
Setiap menit, tubuh kita sekarat, ini adalah fakta. Setiap 60 detik berlalu, tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Ini merupakan jumlah sel yang sangat banyak. Mungkin ada diantara kalian yang berpikir, jumlah sel yang mati sangatlah banyak, kenapa tubuh manusia tidak juga membusuk? Hal ini terjadi karena jumlah sel yang lahir lebih banyak daripada jumlah sel yang mati. Setiap hari, 10-50 triliun sel digantikan di dalam tubuh kita.
2.      Rambut Sulit Dihancurkan
Rambutmu bagaikan superman di tubuhmu, hal ini berarti bahwa rambut merupakan salah 1 bagian pada tubuh kita yang sulit dihancurkan. Kerusakan rambut berjalan pada tingkat yang sangat lambat dan ini artinya rambut dapat bertahan lebih lama daripada bagian lain dari tubuh.
Faktanya, mumi yang telah dimakamkan ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut di kepalanya. Perubahan iklim, kelembaban, suhu, atau akibat zat asam dan kimia, tidak dapat merusak rambut kita semua. Satu-satunya kelemahan utama dari rambut adalah api, karena struktur pembentuk rambut terdiri dari bahan karbon.
3.      Dalam 30 menit, tubuh manusia menghasilkan panas yang cukup untuk mendidihkan 3,5 liter air.

4.      Atom-atom yang membentuk tubuh manusia saat ini sama dengan atom yang terbentuk pada big bang13,7 milyar tahun yang lalu.

5.      Tulang manusia sama kuatnya dengan batu granit. Sekotak tulang seukuran kotak korek api mampu menahan beban sampai 9 ton.

6.      Sebuah sel sperma manusia mengandung 37,5 mb dari DNA pria yang diperlukan untuk membuat seorang anak manusia. Itu berarti dalam sekali ejakulasi, manusia rata-rata mentransfer 1.500 terabit informasi.

7.      Manusia menghasilkan cahaya sendiri dan berpendar dalam gelap. Cahaya yang kita pancarkan 1000 kali lebih lemah daripada cahaya yang bisa ditangkap mata manusia.

8.       Manusia membuang 20 kilogram kulit selama hidupnya dan mengganti seluruh kulit ari tubuhnya setiap bulan.

9.      Dalam sehari, darahmu bergerak sejauh 20.000 kilometer, setara empat kali panjang wilayah Indonesia.

10.  Sel syaraf yang terhubung di otak kita memiliki struktur yang serupa dengan struktur alam semesta.

11.   Sekitar 90% dari sel yang membentuk manusia bukanlah “manusia” pada mulanya, sebagian besar adalah jamur dan bakteri.

12.  Bersama dengan lima indera yang kita kenal, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa, dan peraba, manusia memiliki 15 “indera” lain. Ini termasuk keseimbangan, suhu, rasa sakit, dan waktu serta rasa sesak, haus, dan kenyang.

13.  Tubuh kita mengandung 0,2 miligram emas, sebagian besar di dalam darah. Untuk mengekstrak emas seberat 8 gram, dibutuhkan darah dari 40.000 orang.

14.  Kita memproduksi airmata dengan struktur yang berbeda, tergantung alasan kita menangis. Ketika dilihat lewat mikroskop, menangis karena berduka, sukacita, atau gara-gara bawang memproduksi airmata yang berbeda.

            Nah kawan Ajaib banget, ‘kan? Maka dari itu, syukurilah semua yang udah Tuhan karuniakan buat kita, apapun keadaannya. Sayangi dirimu, sayangi tubuhmu. Jangan merusaknya dengan hal-hal yang gak positif.

Referensi :

NN. (2015, Maret 03). Fakta Menakjubkan Pada Tubuh Manusia. Retrieved from Aneh Didunia: http://www.anehdidunia.com/2015/03/hal-menakjubkan-pada-tubuh-manusia.html
Risang, P. (2014, Agustus 10). Fakta-fakta Mengejutkan Tentang Tubuh Manusia. Retrieved from Hipwee: http://www.hipwee.com/hiburan/fakta-fakta-mengejutkan-tentang-tubuh-manusia/

 

                                               

 

 

 

 

 








0 komentar:

Posting Komentar