Sabtu, 13 Februari 2016

Zat Berbahaya dalam Makanan

KITA HARUS TAHU...!!!

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh...

Zat Berbahaya dalam Makanan


Sobat, formalin dan melamin adalah contoh zat kimia yang disalahgunakan untuk campuran makanan dan minuman. Yuk, kita cermati!
  • Formalin
Formalin adalah zat kimia yang sering digunakan sebagai desinfektan (pembasmi atau pencegah infeksi), pengawet bangkai atau mayat, & bahan pembuatan plastik. Formalin kerap disalahgunakan pemakaiannya untuk mengawetkan makanan. Zat kimia ini dapat menyebabkan sakit perut akut, muntah, serta kerusakan hati dan ginjal.
  •  Boraks
Boraks banyak digunakan dalam industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Boraks juga digunakan sebagai bahan pematri logam dan pembasmi kecoa. Zat kimia ini juga sering disalahgunakan sebagai campuran makanan, supaya tekstur atau bentuknya bagus. Padahal, sebagaimana formalin, penggunaan boraks untuk makanan juga dilarang pemerintah karena dapat menyebabkan diare, kejang perut, kerusakan ginjal, gangguan syaraf pusat (otak), hingga kanker.
  •  Rhodamin B dan Metanil Yellow
Rhodamin B (RB) adalah zat warna buatan yang menghasilkan warna merah. Sedangkan Metanil Yellow (MTY) adalah zat warna buatan yang menghasilkan warna kuning. Kedua zat kimia tersebut juga sering disalahgunakan untuk pewarna makanan dan minuman karena warnanya bagus dan tidak mudah pudar saat dimasak. Penggunaan Rhodamin B dan Metanil Yellow dalam makanan atau minuman dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan saluran pencernaan, kerusakan hati, tumor, dan kanker. 

Sobat, itulah beberapa contoh zat kimia yang disalahgunakan dalam campuran makanan atau minuman. Mari kita lebih berwaspada terhadap makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Karena kita “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Semoga bermanfaat....
Wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokatuh...


Sumber : Buku SMA kelas XI Mata Pelajaran Kimia

0 komentar:

Posting Komentar