Sabtu, 27 Februari 2016

Bakso yang Mengandung bahan Kimia (Boraks dan Formalin)




Salah satu yang membuat kita ngeri ketika membeli bakso adalah, banyaknya ulah pedagang nakal ketika membuat bakso, salah satunya mencampurkan bahan kimia seperti borak dan formalin ke olahan baksonya. Saya akan memberikan informasi tentang ciri-ciri bakso yang mengandung borak dan formalin.
Berhati-hatilah ketika teman-teman membeli bakso untuk dimakan. Karena sekarang sebagian besar penjual makanan daging bulat ini telah mencampur bahan kimia berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu kenali bakso yang terindikasi menggunakan bahan kimia berbahaya. Bahan kimia berbahaya tersebut diantaranya adalah boraks dan formalin. Kedua zat kimia ini dapat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh kita.
Boraks adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet kayu, antiseptik kayu dan pengontrol kecoa. Sedangkan formalin adalah bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga dan dalam industri tekstil serta kayu lapis. Kedua zat kimia ini sering salah dimanfaatkan oleh para penjual bakso untuk mendapatkan kentungan yang lebih.
Boraks dan formalin bila dikonsumsi manusia bisa menyebabkan gangguan pada susunan syaraf, gangguan pencernaan, konvulsi, depresi, rambut rontok dan yang paling berbahaya adalah bisa menyebabkan kanker. Untuk mengetahui bakso yang mengandung kedua bahan berbahaya ini adalah dengan cara memperhatikan ciri fisik atau tampilan bakso.
Berikut ciri-ciri Bakso yang mengandung Boraks Dan Formalin :
-              Bakso lebih kenyal.
-              Bakso menjadi lebih awet dan tahan lama meski disimpan hingga beberapa hari
-              Memiliki warna putih pucat baik dari luar maupun bagian dalamnya.
-              Apabila digigit maka bakso kembali ke tekstur semula (kenyal)
-              Ambillah bakso yang belum tercampur dengan kuah, ciumlah baunya. Bakso yang mengandung kedua zat tersebut memiliki bau yang yang tidak seperti bau daging pada umumnya.

Jadi, berhati-hatilah kawan-kawanku semuanya. Makanan sehat tidak harus mahal ko.
                                                                                                                                                                                              

0 komentar:

Posting Komentar