Sabtu, 20 Februari 2016

Membuat Sabun Mandi

Membuat sabun mandi herbal alami dan transparan secara sendiri itu mudah. Sabun merupakan salah satu kelengkapan mandi yang harus ada di dalam kamar mandi. Hampir setiap orang mempunyai sabun mandi dirumahnya masing-masing dan hampir semua orang bisa dipastikan selalu menggunakan sabun mandi ketika ia mandi. Termasuk anda kan?

Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat sabun mandi sendiri. Secara umum sabun terbuat dari tiga jenis bahan minyak yakni minyak sawit, minyak kelapa serta minyak zaitun melalui proses reaksi penyabunan atau saponifikasi. Dari ketiga jenis minyak tersebut, masing-masing mempunyai unsure atau komponen yang berfungsi sebagai pembuat busa, penstabil, dan pelembab kulit. Jika anda mencari di toko kimia, maka semua bahan tersebut sangat mudah sekali dijumpai dipasaran Indonesia, sehingga anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran dengan cara membuat sabun? Berikut ini ulasannya.

Alat dan Bahan Membuat Sabun :

Sebelum saya menjelaskan langkah-langkah membuat sabun, pertama-tama anda harus menyiapkan bahan dan alatnya sebagai berikut: timbangan digital, pengaduk dari kayu atau stainless steel, wadah atau tempat untuk adonan sabun, cawan, sarung tangan dari plastik, masker, thermometer, alat cetak, dan mixer untuk pengaduk.

Sedangkan bahan yang harus anda siapkan adalah : Lemak 300 g, minyak sawit 200 g, minyak kelapa 150 g, air 198 ml, serta soda api 92,09 g. Setelah semua bahan dan alat siap, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

Langkah-langkah Membuat Sabun Mandi:

Masukkan air kedalam cawan yang sudah berisi soda api atau Natrium Hidroksida kemudian aduklah.Panaskan bahan dasar sabun yang merupakan campuran minyak sawit dan minyak kelapa kedalam wadah yang sudah disediakan.Setelah suhu pemanasan minyak tercapai, selanjutnya tuangkan larutan soda api kedalam wadah,Aduk dengan mixer sampai cairan berubah menjadi kental dan terbentuk trace (lapisan tipis berupa gliserin).Apabila sudah terbentuk trace, selanjutnya masukkan adonan secara perlahan kedalam cetakan sabun, kemudian tutup dengan kain handuk dan letakkan pada ruangan yang gelap selama 2 hari.Setelah selang 2 hari ambil sabun dari cetakan, kemudian potonglah sabun sesuai keinginan anda dan biarkan sabun berada di ruangan terbuka hingga beberapa hari.Sabun baru bisa digunakan minimal setelah 1 minggu kemudian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kandungan soda api didalam sabun sehingga terhindar dari iritasi kulitCuci alat-alat bekas untuk membuat sabun, sebelum mencucinya olesi dulu alat dengan cairan cuka apel. Hal ini bertujuan untuk menetralisir kandungan soda api yang mempunyai sifat korosif.Cuci tangan anda dengan menggunakan minyak zaitun supaya kulit tangan anda tidak mengelupas.

Untuk membuat sabun herbal sendiri, anda juga dapat menambahkan senyawa aktif berupa ramuan herbal ke dalam sabun pada saat akhir pencampuran, yaitu sebelum adonan sabun dituang. Nah itulah tadi ulasan mengenai alat, bahan serta cara membuat sabun sendiri dirumah, cukup mudah bukan. Semoga dengan artikel saya ini bisa memberi manfaat serta menambah pengalaman anda dalam membuat sabun mandi. Selamat mencoba !!


Sumber: http://adevnatural.com/membuat-sabun-mandi/

0 komentar:

Posting Komentar