Jumat, 19 Februari 2016

Keterkaitan Ilmu Kimia dengan Al Qur’an




Assalamualaikum wr wb
            Apa kabar pembaca? Semoga kabar kalian selalu baik dan dirahmati Allah SWT amin ya rabbal alamin. Kali ini saya ingin menulis artikel tentang keterkaitan ilmu kimia terhadap Al-Qur’an. Nah dari berbagai sumber yang saya ketahui saya bahwa ilmu kimia merupakan ilmu yang cukup berpengaruh besar buat kehidupan manusia. Tak hanya itu bahkan ilmu kimia juga bisa membuat manusia bisa pergi keluar angkasa hanya dengan ilmu kimia. Sehebat itu bukan ilmu kimia? Namun kalian tau tidak bahwasanya ilmu kimia sudah diceritakan dalam al Qur’an dan hadits?. Bahkan para ulama dan pembesar agama pun meyakini bahwasanya ilmu kimia sudah diceritakan atau dijelaskan oleh Allah dalam kitab suci Al-Qur’an. Penasaran apakah benar ada keterkaitan antara ilmu kimia dan al-Qur’an? Baca selanjutnya artikel ini.

Ilmu Kimia

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi yang lain dan energi yang menyertai perubahan materi. Didunia modern sekarang banyak penemuan-penemuan ilmu kimia yang sangat luar biasa dan banyak digunakan di kehidupan manusia. Namun taukah kalian bahwasanya Ilmu kimia telah menjadi bagian yang terpisahkan oleh manusia. Dan karena manusia sekarang terlalu membutuhkan yang namnya ilmu kimia membuat manusia menjadi ketergantungan terhadap ilmu kimia yang sudah ada sekarang.

 Al Qur’an
 

Al Qur’an merupakan kitab suci umat muslim yang diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW. Didalam Al-Qur’an betapa banyak sekali pengetahuan yang kita tidak akan sangka telah ada didalam Al-Qur’an, Rasulullah SAW sendiri juga telah memberitahu bahwasanya Al-Qur’an ialah kitab atau buku dari semua ilmu yang adad di muka bumi oleh karenanya kita wajib mengetahui pengetahuan apa saja yang sudah ada atau sudah ditakdirkan ada dalam Al-Qur’an. Untuk itu kita sebagai umat muslim wajib percaya akan hal itu. Dengan kehebatan yang dimiliki Al-Qur’an itu sendiri kita harus meyakini bahwasanya ilmu kimia telah ada didalam Al-Qur’an sejak lama sebelum ilmu kimia itu ada.

Bukti adanya keterkaitan ilmu kimia dengan Al-Qur’an
          Keterkaitan ilmu kimia didalam al-qur’an sebenarnya sudah ada sejak lama dan telah diketahui asal usul yang akan terjadi  didalam al-qur’an. Manusia dan seluruh lingkungan hidupnya terbentuk dari elemen-elemen dan subtansi-subtansi yang tergabung menjadi sebuah ikatan kimia menurut hukum Allah. Manusia sendiri tercipta dari tanah liat kemungkinan melalui sebuah proses kimia interaktif antara berbagai unsur dalam tanah yang bekerja menurut hukum-hukum Allah melalui proses perubahan dan kombinsi tertentu. Penciptaan langit dan bumi dalam enam “periode” dan penciptaan alam semesta dari air juga terjadi menurut hukum kombinasi dan perubahan yang diciptakan Allah Swt. Berikut contoh ayat yang berhubungan dengan kimia dalam surah al-Hadid ayat 25:
“Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya” (QS. Al-HAdid, 57:25 ).
Dalam ayat tersebut membuktikan bahwasanya Allah sudah memberikan tanda kebesarannya dalam Al-Qur’an tentang ilmu kimia dengan menrunkan surat Al-Hadid yang diartikan besi , besi merupakan senyawa yang ada dalam kimia. Dan dari surah itu kita dapat mengetahui bahwa ilmu kimia sudah ada dan telah diceritakan dalam Al-Qur’an.

Kesimpulan
Al-qur'an bukan kitab kimia, kita gak bakal dapet penjelasan detail ttg kimia.. jadi al-qur'an adalah petunjuk bagi manusia, panduan bagi manusia.. panduan utk mnghadapi masalah yg dihadapi manusia di bumi, menjadi gerbang penghantar ilmu pengetahuan di berbagai aspek kehidupan manusia.. nahh.. banyak ayat seperti ini yg mendrong manusia utk mlakukan penelitian lebih lanjut dlm bidang sains, termasuk ilmu kimia.. ok sekian artikel kali ini kurang lebihnya mohon maaf.
Terima kasih
Wasalamualaikum wr wb.

Referensi
http://www.chemit-jagona.info/index.php/my-chemistry/keajaiban-ilmu-kimia/25-ilmu-kimia-dan-alqur-an


0 komentar:

Posting Komentar