Sabtu, 20 Februari 2016

Apakah Es Krim dengan Nitrogen itu Berbahaya?



Apakah Es Krim dengan Nitrogen itu Berbahaya?

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh...

Hai sobat kali ini saya akan mengajak kamu untuk mengetahui apakah sebenarnya es krim nitrogen itu aman untuk di konsumsi atau tidak. Baiklah, tak usah nunggu lama lagi, mari kita cermati pembahasannya....

Siapa yang tidak suka dengan es krim? Saat ini, telah beredar banyak jenis es krim di pasaran yang dapat kita jumpai. Namun, es krim  yang menarik perhatian di dunia pembuatan es krim adalah Es Krim Nitrogen. Es krim yang dipadukan dengan bahan kimia Liquid Nitrogen (nitrogen cair) ini banyak menarik perhatian pecinta es krim di seluruh dunia. Es krim campuran bahan kimia nitrogen ini lebih terasa lembut daripada es krim biasa.

Nitrogen cair adalah nitrogen dalam wujud cairan bening yang memiliki suhu sangat rendah, yakni mendidih pada suhu -196 C. Zat kimia ini dihasilkan secara industri dengan distilasi fraksional udara cair. Nitrogen cair sering disingkat LIN (liquid nitrogen). Nitrogen cair juga merupakan cairan cryogenic yang dapat menyebabkan pembekuan dengan cepat apabila kontak dengan jaringan tubuh makhluk hidup, atau yang lebih dikenal dengan frostbite.
 
Nitrogen cair berfungsi mendinginkan makanan secara cepat, seperti es krim. Tinggal tuangkan nitrogen cair ke dalam adonan es krim yang sedang dikocok, es krim akan jadi dalam dua menit tanpa dimasukkan ke kulkas. Apalagi uap yang dihasilkan menimbulkan kesan menarik seperti di laboratorium. Hasilnya adalah es krim dengan tekstur lebih lembut, karena kristal es yang dihasilkan lebih kecil daripada jika dibuat dengan cara biasa. Cepatnya waktu pendinginan juga membuat es krim yang dihasilkan lebih segar tanpa memerlukan gum, kuning telur, emulsifier, atau bahan penstabil lainnya.

Meski cara penggunaannya terlihat sederhana, nitrogen cair tak bisa diperlakukan sembarangan. Anda harus mengenakan sarung tangan sebelum memakai nitrogen cair. Pasalnya, zat kimia ini tak boleh menyentuh kulit maupun disimpan di tempat tertutup.

“Jika setetes (nitrogen cair) jatuh di jari Anda, cairan ini akan bergolak dan bergelinding jatuh. Jari Anda mungkin tak kenapa-napa,” kata Dr Alex Valavanis dari Institute of Microwaves and Photonics, University of Leeds. Namun, ia melanjutkan, jika Anda memasukkan jari ke nitrogen cair, jari Anda akan mengeras seperti batu. Karena suhu dinginnya ekstrem, zat ini bisa menyebabkan kerusakan lokal pada kulit atau jaringan lain, seperti cairan panas yang menyebabkan kulit melepuh.

Nitrogen cair yang menguap juga akan mengurangi konsentrasi oksigen di udara. Hal ini bisa menyebabkan sesak napas tanpa gejala khusus, terutama di ruang terbatas. Pasalnya nitrogen tak berbau, berwarna, maupun berasa. Selain itu, bisa terjadi ledakan hebat jika nitrogen cair dalam tangki menguap dengan cepat.

Ketika nitrogen cair tumpah di atas meja lab, kita akan dapat melihatnya menggelinding bebas di atas meja seperti mutiara yang berhamburan beberapa saat sampai akhirnya hilang lenyap sebagai gas. Atau ketika nitrogen cair muncrat dan menetes-netes di tangan, kita tidak merasakan dingin yang teramat sangat menyakitkan. Kita bahkan mungkin merasa bahwa es batu terasa lebih dingin daripada nitrogen cair yang menetes di tangan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Bukankah dengan kondisi perbedaan temperatur yang ekstrim, nitrogen akan langsung berubah menjadi gas dengan menyerap kalor disekitarnya dan membuat lingkungan sekitarnya dingin? Begitu juga jika menetes di tangan, secara tiba-tiba kalor dari tangan akan berpindah ke nitrogen cair, dan bukankah tangan akan merasakan dingin yang teramat sangat?

Ternyata, nitrogen cair tidak serta merta menjadi gas jika kontak dengan benda-benda pada suhu kamar. Nitrogen cair mengalami suatu efek yang dikenal dengan efek Leidenfrost. Efek Leidenfrost adalah suatu fenomena yang terjadi ketika suatu cairan kontak dengan benda yang temperaturnya jauh di atas titik didih cairan tersebut, yakni di antara cairan dan permukaan benda tersebut terbentuk suatu lapisan gas insulator yang menjaga cairan dari segera mendidih atau menguap.

Jadi apakah es krim nitrogen aman untuk dikonsumsi?
Nitrogen tidak memiliki rasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. Sehingga penggunaan dalam teknik membekukan makanan tetap aman.  Penggunaan nitrogen cair pada makanan memang memerlukan keahlian khusus dan dilakukan secara hati-hati. Cara penggunaan nitrogen cair untuk membekukan es krim, tidak langsung dengan menuangkan nitrogen cair ke adonan es krim, namun hanya menyemprotkan nitrogen cair dengan tekanan tinggi sehingga yang membuat es krim dapat membeku adalah suhu dingin yang mencapai -190 derajat Celsius, sedangkan nitrogen cair menguap bersama udara. Karena itu es krim yang dibekukan dengan nitrogen cair ini tetap aman dikonsumsi.

Yang perlu diperhatikan pada saat pengolahan adalah penggunaan alat yang sebaiknya terbuat dari stainless steel, karena jika alat terbuat dari kaca maka akan beku dan pecah. Selain itu gunakan pula sarung tangan yang terbuat dari karet, sehingga aman jika nitrogen cair mengenai tangan. 

Nah itu dia pembahasan es krim nitogen yang sedang booming di kalangan remaja sekarang ini. Tetaplah teliti dan berhati-hati dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Semoga bermanfaat...!!

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.



Referensi : http://hmpstk-unpar.com/apakah-es-krim-dengan-nitrogen-berbahaya/


0 komentar:

Posting Komentar