Sabtu, 27 Februari 2016

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 Jeruk Nipis, siapa` yang tak mengenal buah yang satu ini karena bentuknya yang mungil dan rasa yang khasnya. Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memang terkenal rasanya yang asam. Namun dibalik kemungilannya tersimpan banyak manfaat dan tercatat sebanyak 26 khasiat terdapat dalam buah yang asam ini dan salah satu khasiatnya berhubungan dengan perawatan kulit wajah.
Lalu kenapa Jeruk Nipis Berkhasiat bagi Kulit Wajah? Oke, pada dasarnya jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi dan juga berbagai macam asam buah yang memiliki kandungan gula alami yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah.
Manfaat Jeruk Nipis

Berikut Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :


  • Membantu Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati

Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas.
  • Membantu Membersihkan Komedo

Komedo merupakana masalah yang sering dan umum terjadi bagi banyak orang. Bahkan banyak orang yang merasa kesulitan dalam membersihkan komedo karena selalu ada, ada dan ada lagi. Padahal dengan buah jeruk nipis ini kita dapat mengurangi komedo bahkan menghilangkan komedo dari wajah kita. Resep tradisional yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


     Membuat Wajah Lebih Sehat dan Bersinar 
  • Dengan terangkatnya Komedo dan sel-sel kulit mati, maka kulit bersih yang biasanya terlihat bersinar akan segera terlihat. Pengangkatan sel-sel kulit mati membuat tumbuhnya sel-sel kulit yang baru dan secara otomatis membuat kulit kita menjadi fresh.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.
1. Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.
2. Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.
3. Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.
4.  Batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
5. Batuk disertai Influenza
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

Sumber : www.indonews.co.id/1000-khasiat-dan-manfaat-jeruk-nipis-bagi-kesehatan-dan-kecantikan/

0 komentar:

Posting Komentar