Jumat, 26 Februari 2016

10 Fakta Menarik tentang Tabel Periodik Unsur Kimia



10 Fakta Menarik tentang Tabel Periodik Unsur Kimia

 

Tabel periodik adalah bagan (tabel) yang berisi susunan unsur-unsur kimia dalam cara yang logis dan mudah dipahami. Unsur kimia yang tercantum dalam Tabel Periodik disusun berdasar urutan meningkatnya nomor atom, sehingga unsur-unsur yang memiliki sifat mirip diatur dalam baris atau kolom yang sama. Tabel periodik merupakan salah satu alat paling berguna dalam ilmu kimia dan ilmu sains lainnya.


Fakta tentang tabel periodik

Berikut adalah fakta menarik tentang tabel periodik.

1. Dmitri Mendeleev paling sering disebut sebagai penemu tabel periodik modern. Kenyataannya, tabel Mendeleev adalah yang pertama kali mendapatkan kredibilitas ilmiah.
Sebelum Mendeleev telah terdapat tabel lain yang berusaha mengelompokkan unsur kimia menurut sifat periodiknya.

2. Terdapat 90 unsur pada tabel periodik yang terbentuk secara alami di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur-unsur buatan manusia.

3. Technetium adalah unsur pertama yang dibuat secara artifisial.

4. International Union of Pure Applied Chemistry, IUPAC, merevisi tabel periodik seiring tersedianya data baru.

5. Baris pada tabel periodik disebut periode. Nomor periode sebuah unsur adalah tingkat energi tak tereksitasi tertinggi untuk sebuah elektron dari unsur tersebut.

6. Kolom unsur membantu membedakan kelompok berbeda dalam tabel periodik. Unsur dalam kelompok yang sama memiliki beberapa sifat sama dan sering memiliki susunan elektron terluar yang sama.

7. Sebagian besar unsur pada tabel periodik adalah logam. Logam alkali, alkali tanah, logam dasar, logam transisi, lantanida dan aktinida semua merupakan kelompok logam.

8. Tabel periodik memiliki ruang untuk 118 unsur. Saat ini, para ilmuwan sedang bekerja untuk menciptakan dan memverifikasi unsur ke-120 yang akan mengubah tampilan tabel periodik.

9. Meskipun Anda mungkin menganggap unsur dengan nomor atom lebih besar memiliki ukuran atom yang juga lebih besar, namun kemyataannya tidak selalu terjadi karena ukuran atom ditentukan oleh diameter ‘shell’ elektron.
Fakta lain, ukuran atom unsur biasanya menurun saat Anda bergerak dari kiri ke kanan di baris atau periode yang sama.

10. Perbedaan utama antara tabel periodik modern dengan tabel periodik Mendeleev adalah bahwa tabel Mendeleyev menyusun unsur-unsur dalam urutan peningkatan berat atom sedangkan tabel modern menyusun unsur berdasarkan peningkatan nomor atom.[]






Sumber: http://www.amazine.co/40117/10-fakta-menarik-tentang-tabel-periodik-unsur-kimia/

0 komentar:

Posting Komentar