Jumat, 26 Februari 2016

Bahaya Asap Kendaraan Bermotor



Indonesia merupakan salah satu negara yang amat sangat padat dengan penduduk. Indonesia juga merupakan negara yang terkenal dengan kemacetannya. Iyah memang karena jumlah pendudukan di Indonesia sangatlah banyak begitu juga dengan kebutuhan yang menunjang kehidupan mereka seperti alat transportasi. Alat transportasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia karena merupakan salah satu penunjang kehidupan seperti sebagai sarana untuk pergi ke kantor, sekolah, kampus dan lain sebagainya. Banyak sekali alat transportasi yang dapat digunakan misalnya sepeda motor, mobil, bus, dan angkutan umum lainnya. Alat transportasi sebagai alat untuk tidak membuang-buang waktu dan menghemat waktu. Untuk itu banyak sekali yang memakai alat transportasi tersebut. Itulah penyebab kemacetan yang sering terjadi. Kendaraan pribadi yang dominan mewarnai dunia kemacetan sering juga menimbulkan berbagai kontrovesi. Kemacetan juga menyebabkan polusi udara yang disebabkan oleh asap yang timbul dari kendaraan tersebut. Taukah anda bahaya dari asap kendaraan tersebut dan taukah anda apa saja zat yang terkandung didalam asap yang bahkan dapat menyebabkan kematian karena menghirup asap tersebut?
            Asap merupakan hasil dari proses pembakaran. Didalam asap terdapat banyak sekali zat berbahaya yang terkandung. Seperti asap pada pembakaran sampah, asap rokok dan asap pada kendaraan. Pernahkah anda mendengar ada orang meninggal karena menghirup asap kendaraan?. Mungkin terlihat mustahil dan aneh, tapi memang benar karena didalam asap terdapat zat yang dapat memberhentikan kerja dari paru-paru sehingga produksi darah tidak dapat disalurkan keseluruh tubuh itu yang menyebabkan kematian terjadi. Namun bukan karena kita menghirup asap kendaraan kemudian meninggal, tidak, karena kematian itu terjadi apabila seseorang menghirup ditempat yang kedap udara. Setiap kali kendaraan mengeluarkan asap maka ada sekitar 1000 zat beracun yang mengotori udara. Akibatnya nilai kematian mencapai sekitar 6000. Berikut adalah zat beracun yang berbahaya:
1.      HC ( Hydro Carbon) yaitu zat kimia yang berasal dari asap kendaraan bermotor dan penyulingan minyak juga generator power
2.      Nox adalah zat kimia yang tidak berbau, berwarna, dan sukar larut dalam air. Jika berada diudara akan berubah menjadi zat gas berwarna agak kemerahan dengan sedikit  bau.
3.      CO ( Carbon Monoksida ) yaitu zat yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mudah larut dalam air.
4.      Sulfur Oksida berbentuk gas yang jernih dan tidak berbau namun apabila terhirup pernapasan maka dapat menyebabkan iritasi.
5.      Partikulat merupakan partikel debu yang sangat kecil dan berbentuk karbon dan zat kimia yang lain dalam pembakaran
6.      Timah Hitam zat ini dapat menyebabkan keracunan

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar