Sabtu, 13 Februari 2016

Makanan yang Berbau Menyengat Tetapi Mengandung Manfaat yang Luar Biasa



Makanan yang Berbau Menyengat Tetapi Mengandung Manfaat yang Luar Biasa

Jengkol
            Dibalik dari bau yang menyengat jengkol merupakan bahan makan yang sangat banyak disukai orang-orang, namun tidak sedikit pula mereka yang tidak suka dengan jengkol karena baunya yang khas. Aroma bau jengkol akan muncul dari mulut dan urin. Tentu saja dengan urin yang berbau jengkol akan membuat kamar mandi kita berbau tidak sedap. Tetapi, dibalik bau jengkol yang menyengat terdapat manfaat yang sangat luas biasa.

Manfaat Jengkol bagi Kesehatan
            Tentu saja kita bisa mendapatkan manfaat dari jengkol itu dengan muda, misalnya dengan mengkonsumsinya langsung atau dengan memasaknya menjadi hidangan yang lezat seperti semur jengkol atau rendang jengkol.
            Manfaat jengkol bagi kesehatan yaitu bisa mencegah terjadinya sembelit, terutama bagi orang-orang pencinta gula (Glukosa) dapat juga mengatasi atau mengurangi terjadinya penyakit diabetes, jengkol juga baik bagi ibu hamil.

Manfaat Jengkol bagi Jantung
Jengkol sangat bermanfaat bagi jantung karena didalam jengkol mengandung mineral yang dibutuhkan oleh jantung, jenis penyakit jantung koronerlah koroner yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. 

Kandungan Kimia Kulit Jengkol
            Jengkol (Pithecellobium jiringa) atau buah jengkol, selain isi atau daging jengkol yang bisa di konsumsi, kulit jengkol juga berguna untuk membuat Pestisida organik.
       Kandungan senyawa kimia dalam kulit jengkol yaitu : alkaloid, terpenoid, saponin, atau fenolat. Asam fenolat di dalamnya terkandung flavonoid dan tanin. Tanin terdapat dalam beberapa tumbuhan berkayu dan herba, mempunyai peran sebagai pertahanan dengan cara mencegah serngga dalam mencerna makanan. Untuk senyawa saponin termasuk golongan triterpenoid. Golongan ini terdapat dalam beberapa jenis tumbuhan juga berperan dalam pertahanan dari serangga, karena apanila saponin dikonsumsi oleh serangga dapat menurunkan aktivitas enzim pencernaan dan penyerapan makanan.

Bahan-Bahan dan Cara Dalam Membuat Pestisida Organik dari Kulit Jengkol

  1. Kulit Jengkol 
  2. Umbi gandung 
  3. Akar tuba 
  4. Daun pepaya
  5. Daun sengon
  6.   Umbi temu ireng
  7.  Daunn mindri


Langkah-Langkah Pembuatan :


  1. Semua bahan-bahan diatas masing-masing berjumlah 1-2 kg kemudian di tumbuk satu persatu kemudian dicampur.
  2. Tumbuk sampai halus, campurkan dengan air bersih kira-kira 5 liter, bisa juga ditambahi 1 sdm rinso atau sabun. 
  3. Semua capuran diatas masukan kedalam gentong atau ember kemudian tutup dengan rapat tunggu 2-3 hari agar terjadi proses fermentasi.S
  4. Setelah 2-3 hari, jadilah obat, kemudian saring agar terpisah dari ampasnya.
  5. Untuk digunakan lebih baiknya campurkan 1 liter obat tersebut kedalam air bersih kira-kira 4-5 liter, kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama.

Itulah manfaat dari buah jengkol, terkadang kita hanya menyium dari aromanya saja, di balik dari aromanya yang menyengat terdapat rasa yang lezat dari jengkol. Begitu juga manfaatnya, artikel diatas hanya sebagian kecil dari manfaat buah jengkol. Harapan saya agar ada kritikan atau masukan dari pa dosen agar saya bisa lebih sempurna dalam membuat artikel selanjutnya. Terima Kasih ...  

Referensi


         

0 komentar:

Posting Komentar