Sabtu, 13 Februari 2016

Pertemuan pertama dengan dosen kimia umum

Pertemuan pertama dengan dosen kimia umum
Ketika bagian mata kuliah kimia umum, saya dan teman-teman saya sudah memasuki ruangan, yaitu di F 202. Ketika kami sudah duduk di kursi masing-masing, dosen kimia umum pun datang. Di kelas yang tadinya ramai, banyak mahasiswa yang sedang ngobrol dan ada mahasiswa yang sedang kesana-kesini, kini setelah datang dosen kimia umum keadaan di kelas pun menjadi berubah. Kini di kelas menjadi sunyi, dan penuh dengan ketegangan. Ini awal pertemuan kami dengan dosen kimia umum.
“Oh ternyata ini dosen kimia umum”, gumam saya dalam hati. Melihat pak dosen yang berbadan gagah, saya berbicara dalam hati “wah pasti ini mah dosennya tegas sekali dan sangat disiplin”. Dengan badan gagahnya itu juga dan awal pembicaraan pak dosen dengan menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa inggris, semakin bertambah rasa ketegangan saya. Tetapi, setelah pak dosen memperkenalkan diri, ketegangan itu menjadi sedikit demi sedikit menghilang. Suasana di kelas pun menjadi tidak menegangkan lagi.
Nama dosen kimia umum itu adalah Azmi Azhari, S.Si. M.Si. Riwayat pendidikannya adalah SDN II Pegagan, SMPN I Kota Cirebon, MAN Darusssalam Ciamis, IPB Sarjana Sains Biokimia, Magister Sains Biokimia.
Ketika saya melihat bahwa pak dosen dulunya sekolah di MAN Darussalam Ciamis, saya kaget sekali. Karena baru kali ini saya mengetahui bahwa dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ada yang dulunya sekolah di MAN Darussalam Ciamis. Walaupun saya tidak sekolah di MAN Darussalam Ciamis, tetapi setidaknya itu di Ciamis, yang merupakan kota saya. Karena tidak banyak orang yang mengetahui kota Ciamis. Padahalkan kota Ciamis itu tidak terlalu jauh dari Kota Cirebon.
Pada pertemuan pertama ini, pak dosen menyampaikan materi-materi apa saja yang akan dibahas pada semester ini, yaitu:
· Materi dan wujud zat
· Atom dan struktur atom
· Ikatan kimia
· Nama, rumus, dan persamaan kimia
· Asam basa
· Redoks
· Kimia karbon
· Energi
· Kimia lingkungan
· Kimia pertanian
· Kimia pangan
· Kemoterapi
· Toksikologi
Pada pertemuan ini juga, pak dosen dan mahasiswa bermusyawarah mengenai kontrak belajar untuk kegiatan belajar selama semester ini.

0 komentar:

Posting Komentar