Jumat, 26 Februari 2016

Rambut sebagai Mahkota Manusia



Temen-temanku rambut dapat dikatakan hal yang sentral dalam diri manusia. Nah teman-teman pernah memperhatikan rambut kita tidak? Sebenarnya zat apa saja yang terdapat dalam rambut itu? Selamat membaca, ternyata unsur-unsur yang terdapat dalama rambut itu apa ya? Tunggu sebentar ya, sebelum berbicara kearah sana marilah kita teliti dulu sebenarnya rambut itu berasal dari mana? Bahan penyusun rambut manusia itu apa? Ternyata rambut manusia memiliki protein yang disebut dengan keratin. Keratin merupakan suatu unsur yang terdiri atas gabungan gugus peptide ( yang merupakan gabungan kompleks-kompleks asam amino). Keratin ini tidak dipengaruhi  jenis maupun warna rambut. Keratin ini juga terdapat dalam kulit manusia, gigi dan kuku, ternyata dirambut kita terdapat suatu minyak yang berupa tekstur dan unsur kimia yang kita sebut dengan melanin. Melanin lho bukan melamin ya, hampir mirip tapi berbeda.
Komponen penyusun rambut kita yaitu 70-80% keratin, 3-6 % senyawa minyak, 1 % zat warna melanin dan pheomelanin (pigmen warna lebih muda), 15% kelembaban air dan sisanya adalah karbohidrat dan unsur-unsur mineral. Adapun komposisi kimiawinya 44,5% karbon, 30% oksigen, 14% nitrogen, 6,5% hydrogen dan 5% belerang.
Rambut juga memiliki beberapa bagian diantaranya selaput rambut, kulit rambut dan sumsum rambut. Sumsum rambut atau sering disebut medulla, ini merupakan inti rambut yang fungsinya sebagai penghasil sel untuk menumbuhkan rambut, pigmentasi rambut dan penghasil protein keratin. Protein keratin terdiri dari asam amino sistein dan disulfida. Disulfida ini membuat atom belerang yang kemudian disebut sebagai jembatan disulfide, jembatan inilah yang mempengaruhi bentuk rambut kita, bisa lurus atau kriting itu tergandung pada kandungan asam amino dan disulfide.
Warna rambut alami didunia ini terdapat 6 jenis warna yaitu hitam, coklat, pirang, merah, kelabu-putih dan auburn. Kelabu-putih ini merupakan rambut yang dimiliki oleh orang yang sudah tua dan auburn itu warna rambut coklat kemerahan. Yang memberikan warna pada rambut adalah pigmen, pigmen terbagi menjadi 2 yaitu eumelanin dan feomelanin. Eomelanin artinya melanin sejati yang memberi warna gelap pada rambut yaitu warna hitam dan coklat. Rambut yang memiliki konsentrsi melamin hitam tinggi akan berwarna hitam sedangkan bila konsentrasi melanin coklatnya tinggi maka sudah pasti rambut berwarna coklat.
Taukah teman-teman berapa cm ukuran rambut kita tumbuh dalam satu waktu. Ternyata perlu diketahui bahwa rambut kita tumbuh perharinya rata-rata 0,3mm. Namun ini ternyata tidak berlaku bagi setiap orang, namun kebanyakkan orang mengalami pertumbuhan rambut sepanjang itu. Terkadang kita sering bertanya-tanya kenapa rambut kita tidak panjang-panjang, ternyata hal itu disebabkan oleh suatu hal yang wajar, kenapa? Karena rambut mempunyai masa istirahat, ternyata bukan manusia saja yang butuh istirahat rambut juga loh. Namun masa istirahat rambut setiap orang itu berbeda-beda,namun variasinya yaitu ada yang beberapa minggu dalam setahun, ada yang beberapa bulan dalam setahun bahkan sampai satu tahun tidak mengalami pertumbuhan. Namun ada cara untuk membuat rambut kita mengalami pertumbuhan cara yang paling efektif adalah menggunakan tonik atau vitamin rambut sambil kepala kita dipijat-pijat.
Manusia kebayakan memiliki 100.000 helai rambut dan kerontokkan setiap harinya mencapai 70-100 helai. Namun hal tersebut jangan dibuat risau dan berpikir yang tidak-tidak, takutnya kena kanker sering liat sinetron sih. Tenang saja karena rambut yang rontok akan segera diganti dengan rambut yang baru.Karena rambut merupakan mahkota dalam diri manusia, maka jagalah dan rawatlah rambut kita, dengan baik-baik agar tetap sehat dan bagus.
Semoga bermanfaat, terimakasih telah menyempatkan membaca artikel ini, mohon maaf atas segala kekurangann
Referensi

 

Achong. (2011, Mei 15). Berapa Panjang Pertumbuhan Rambut dalam 1 Bulan. Retrieved from Yahoo!Answer: https://id.answer.yahoo/question/index
Calemens, A. S. (2014, Juni 02). Ilmuwan Menenmukan "Gen Pirang". Retrieved from Sinar Harapan.co: http://www.sinarharapan.co/news/read/140602121/-div-Ilmuwan-Menemukan-Gen-Pirang-div-div-div-
Han. (2009, Juni 10). Warna Rambut Manusia. Retrieved from Hnz11'Blog: https://hnz11.wordpress.com/2009/06/10/warna-rambut-manusia/



0 komentar:

Posting Komentar