Jumat, 19 Februari 2016

Manfaat Teh Bagi Kesehatan




Teman-teman tahu tidak apa itu teh ? Bukankah teh sudah tak asing ditelinga kita, teh merupakan daun yang diambil  pucuknya, manfaatnya sangat banyak untuk kehidupan manusia. Ternyata sejarah mencatat bangsa China telah minum teh selama 5000 tahun yang lalu untuk menjaga kesehatan dan minum teh juga merupakan suatu kenikmatan. Teh juga mulai dikenal oleh bangsa Jepang sekitar awal abad ke 9 yang dibawa oleh biarawan yang bernama Dengyo Daishi yang membawa bibit teh dari China, dari situlah tradisi minum teh di Jepang mulai tumbuh dan berkembang menjadi seperti sekarang ini. Di Indonesia teh hitam dan teh hijau merupakan teh yang paling banyak dibudidayakan, baik oleh swasta maupun pemerintah.
Ternyata teh memiliki macam-macamnya lho diantaranya teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, dan mungkin masih banyak lagi jenis-jenis teh yang lainnya. Mereka memiliki ciri khas rasa tersendiri. Sebelum bicara panjang lebar, marilah kita caritahu sebenarnya kandungan apa saja yang ada didalam teh? Adapun unsur kimia yang terdapat dalam teh yaitu kafein inilah yang memberikan efek stimulan, kadarnya mencapai 30-40 mg, tannin memberikan kekuatan rasa sefat, berfungi sebagai penghambat penyerapan mineral, polifenol berperan sebagai pencegah radikal bebas yang merusak DNA dan menghentikan perkembangbiakkan sel-sel jahat misalkan sel kanker dan teh juga mengandung vitamin P, vitamin C, vitamin B dan vitamin A.


Minum teh itu sangat baik bagi kesehatan, namun ternyata dapat menimbulkan penyakit, kenapa? Karena cara minum teh yang salah yang membuatnya malah bukan menimbulkan manfaat tapi sebaliknya. Kesalahan ini terkadang memang bukan sengaja dilakukan, hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang tata cara minum teh yang baik bila ingin dikonsumsi.
Dampak positif teh itu sendiri ialah berdasarkan penelitian :
·         Mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.
·         Menurunkan kadar kolesterol
·         Menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan berbagai penyakit hati.
·         Melawan virus seperti virus influenza
·         Memperbaiki fungsi kognitif
·         Menghilangkan rasa lelah dan letih juga dapat mengurangi stress.
·         Mencegah timbulnya penyakit kanker dan membantu proses penyembuhannya,
·         Membantu menurunkan berat badan.
·         Mencegah hepatitis, osteoporosis dan timbulnya alergi.
·         Memperlambat penuaan
·         Mengurangi bahaya merokok
·         Baik nila dikonsumsi penderita diabetes.
·         Membantu menghalangi pennyebaran virus HIV
Ternyata banyak sekali manfaat dari meminum teh, mungkin manfaatnya lebih banyak dari itu. Namun ternyata teh juga memiliki dampak yang kurang baik bila dikonsumsi yaitu :
·         Dikonsumsi lebih dari 24 jam, karena akan menimbulkan diare.
·         Bagi ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu banyak minum teh hal tersebut dikarenakan akan berakibat mengurangi kadar asam folat.
·         Jangan minum terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan anemia dan gangguan ginjal.
·         Lemah syaraf dan insomnia.
·         Jangan memberikan teh pada anak-anak sebab hal tersebut akan menurunkan nafsu makan anak-anak.
Disini ada tips bagaimana menanggulangi dampak negative dari teh, yaitu hindarilah minum teh sesudah makan, kenapa? Karena zat yang terkandung dalam makanan akan ternetralisir oleh zat stimulan yang terkandung dalam teh. Kurangi mencampurkan gula saat kita akan meminum teh, hal ini karena zat-zat yang terkandung dalam teh akan berkurang. Jangan meminum teh saat kita tengah memakan sayuran yang mengandung banyak mineral. Jangan minum teh yang sudah semalaman karena zat-zat yang ada didalam teh telah teroksidasi, hal ini akan menimbulkan dampak yang kurang baik.
Meminum teh dingin juga banyak sekali dilakukan, ternyata minum teh yang dicampurkan dengan es akan menimbulkan risiko pemicu salah satu penyakit batu ginjal, hal tersebut merupakan penelitian yang dilakukan oleh Loyola University Chicago Stritch School of Medicine.
Manfaat teh akan baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara benar, minum teh sehari 5 cangkir yang berukuran 200 ml tidak boleh lebih dari itu, minumlah teh 1-2 jam sesudah atau sebelum makan, jika mengunakan teh celup gunakanlah 2-3 menit saja, apa alasannya? Alasannya karena, kantong teh mengandung clorine bila terlalu lama akan menimbulkan dampak yang kurang baik karena clorine akan melebur dengan air teh yang akan kita minum. Teh hangat lebih baik untuk dikonsumsi, jika kita mempunyai riwayat penyakit jantung maka hindarilah minum teh terlalu sering karena kafein dalam teh cukup tinggi. Yang paling penting hindarilah atau kurangi minum teh yang siap saji, hal ini dikarenakan tehnya hanya sedikit dan lebih banyak menggunakan perasa, pewarna dan pengawet. Teh jika dicampur dengan susu dapat mengurangi zat stimulan pada teh, sedangkan menambah lemon pada teh akan membantu mengurangi kerang pada dinding usus.
                Nah itulah manfaat yang terdapat dalam teh, bagaimanan teman-teman? Bermanfaat sekali bukan? Ingat ya jangan meminum the disaat yang tidak tepat. Terimakasih, telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.....

0 komentar:

Posting Komentar