Kamis, 11 Februari 2016

UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN



Materi kuliah KIMIA
Rabu, 10 Februari 2016
UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN
A. UNSUR
Unsur adalah suatu zat yang terbuat dari satu jenis atom dan tidak bisa menjadi atom yang berbeda. Contoh nya seperti bumi, bumi terdiri dari berbagai unsur yang membentuk kerak kulit bumi diantaranya : Alumunium,Besi, Kalium, Kalsium, Magnesium, Natrium, Oksigen, Silikon dan unsur-unsur lainnya. Contoh unsur lainnya terdapat di air, air dapat diuraikan menjadi beberapa unsur yaitu gas Hidrogen dan gas Oksigen. Gula dapat diuraikan lagi menjadi Karbon, Hidrogen dan Oksigen.unsur tidak dapat diuraikan lagi melaui reaksi kimia biasa. Pada kondisi normal banyak diantara unsur merupakan benda padat seperti tembaga, emas, besi, dan imbal. Merkuri atau nama lainnya air raksa dan brom merupakan unsur yang berwujud cair. Oksigen dan Nitrogen berupa unsur gas.
Beberapa jenis unsur beserta lambangnya menurut Berzelius disajikan pada tabel berikut Tabel Lambang Beberapa Unsur Logam, Nonlogam, dan Unsur Buatan Menurut Berzelius
Description: https://fembrisma.files.wordpress.com/2011/12/tabel1.jpg?w=627









Di alam semesta ini terdapat 114 unsur baik alami maupun buatan. Unsur alami terdiri atas 91 jenis unsur dan 23 unsur sisanya merupakan unsur buatan.
Unsur-unsur tersebut dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifatnya. Pengelompokan unsur ini dinamakan Tabel Periodik Unsur. Perhatikan Tabel Periodik Unsur pada gambar brikut.
Description: https://hardiananto.files.wordpress.com/2010/06/periodic_table2.gif?w=755&h=495
B. SENYAWA
Senyawa adalah zat yang terbuat lebih dari satu unsur. Senyawa dapat dipecah menjadi beberapa unsur yang bergabung secara kimia dan dapat dipisahkan secara kimiawi.
Contoh senyawa adalah air dan garam dapur. Air karena tersusun dari beberapa unsur yaitu Hidrogen dan Oksigen dengan perbandingan massa tretentu dan tetap. Sedangkan garam dapur tersusun dari unsur Natrium dan Clorin dengan perbandingan massa tertentu dan tetap. Banyak contoh senyawa didalam kehidupan kita diantaranya air hujan, pasir, teh manis, dan lain-lain.
Senyawa juga memiliki rumus kimia, didalam rumus kimia itu terdapat lambang atom dan angka atom. Lambang atom itu menunjukan nama unsur dan angka yang ditulis menyatakan jumlah atom yang ada di molekul tersebut.

Contohnya :
1.       berarti memiliki 1 molekul, yaitu molekul gas oksigen
Dalam molekul gas oksigen terdapat 2 atom oksigen.
2.       berarti memiliki 2 molekul, gas hidrogen dan oksigen
 gas hidrogen terdapat 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.
C. CAMPURAN
Campuran adalah zat yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang tidak ada kombinasian. Sifat  campuran yaitu zat-zat pembentuk campuran masih tampak jadi komponen penyusus dapat dikenali dengan jelas, didalam campuran tidak terjadi ikatan kimia jadi dapat dipisahkan melalui fisik. Campuran dibagi menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.
a.       Campuran Homogen yaitu tiap-tiap bagian yang memiliki susunan yang sama. Homogen juga disebut dengan larutan. Di dalam larutan ada yang namanya zat pelarut yaitu zat yang dapat melarutkan zat lainnya seperti air, udara. Zat yang dilarutkan namaya zat terlarut. Contoh nya air dan gula, air termasuk zat pelarut dan gula merupakan zat terlarut. Contoh lainnya yaitu soft drink (Tea Jus, Marimas, Nutrisari, dll).
b.      Campuran Heterogen yaitu terdiri dari zat penyusun yang berbeda dan terlihat utuh, penyusunnya tercampur tidak merata. Contoh nya air dan pasir, air kopi, air dan tepung, pizza, dll.

Description: https://fembrisma.files.wordpress.com/2011/12/campuran-air-dengan-pasir.jpg?w=627










SUMBER RUJUKAN

 Mr. Azmi Azhari, M.Si. MATERI KULIAH KIMIA.


4 komentar:

Unknown mengatakan...

Postnya di minggu yang berbeda

Unknown mengatakan...

bapa saya baru posting ini aja pa

Unknown mengatakan...

nama winda, di kelas kami ada dua pa,,

Unknown mengatakan...

oke

Posting Komentar