Senin, 22 Februari 2016

Manfaat Semangka Untuk Redakan Pegal Setelah Olahraga


Olahraga merupakan sebuah kebutuhan yang sudah semestinya dijalani demi menjaga kondisi kesehatan tubuh. Terlebih lagi untuk anda yang menginginkan memiliki bentuk tubuh ideal, maka olahraga merupakan hal wajib yang harus anda jalankan.


Apapun olahraga yang anda jalankan, entah itu melakukan hobi seperti bermain bola basket, bulu tangkis, tenis, sepak bola, atau yang lainnya tentu saja cukup menguras energi. Begitupun dengan anda yang lebih gemar melakukan olahraga di gym center melakukan berbagai workout untuk beragam tujuan.


Pernahkah merasakan rasa pegal dan nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh setelah melakukan olahraga? Hampir semuanya pasti setuju pernah.


Ternyata, Semangka sebagai salah satu buah populer dan mudah sekali didapatkan di Indonesia ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk menghilangkan rasa pegal dan nyeri selepas olahraga. Mengapa manfaat semangka tersebut bisa hilangkan pegal dan nyeri?





Penemuan terkait hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Pada penelitian tersebut, disebutkan bahwa jus semangka mampu menghilangkan rasa pegal setelah melakukan olahraga karena kekayaan kandungan asam amino L-citrulline yang ternyata mampu meningkatkan protein otot.


Penelitian yang dilakukan di Spanyol oleh Universidad Politecnica de Cartagena tersebut melakukan pengamatan atau riset terhadap asam amino L-citrulline, seperti yang dipublikasikan oleh Toronto Sun.


Terdapat dua kelompok responden pada penelitian tersebut. Kelompok pertama meminum jus semangka satu jam sebelum olahraga, dan kelompok lainnya tidak mengkonsumsi apapun. Hasilnya, kelompok yang meminum jus semangka tidak terlalu merasakan pegal maupun nyeri tubuh setelah melakukan olahraga. Sementara sebaliknya, kelompok kedua lebih merasakan pegal dan nyeri tubuh.


Selain itu, seperti anda ketahui, semangka juga memiliki kandungan serat yang tinggi seperti buah-buahan lain pada umumnya. Serat juga berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh. Disamping itu, jus semangka juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa menahan nafsu makan berlebihan setelah berolahraga.


Tentunya, bukan hanya dengan konsumsi jus semangka saja agar olahraga ataupun workout yang dilakukan lebih efektif dan terlihat hasilnya. Karena kerusakan sel-sel otot pada saat melakukan latihan juga perlu perbaikan yaitu dengan istirahat yang cukup.



0 komentar:

Posting Komentar