Sabtu, 27 Februari 2016

Manfaat dan Bahaya Permen Karet



Permen karet merupakan makanan yang sudah tidak asing ditelinga kita, sejak masa kanak-kanak mungkin kita sudah mengenalnya dan hingga kita dewasa. Permen karet masih menjadi sebuah kegemaran yang tidak dapat ditinggalkan dan banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang manis, teksturnya yang lembut juga membuat orang tidak susah mengunyahnya. Namun ada juga yang menganggap bahwa mengunyah permen karet itu kebiasaan yang tidak baik dan tidak sopan karena bisa mengganggu orang lain yang melihatnya. Mengunyah permen karet memang menyenangkan karena dapat mengusir rasa kantuk, dan juga bermanfaat untuk mengusir bau nafas yang tidak sedap, Sehingga dapat mengendalikan nafsu makan bagi orang yang sedang melangsungkan program diet, dapat membantu otak lebih aktif , mengurangi rasa lapar sehingga ketika kita mengunyah permen karet akan terasa mengunyah makanan. Selain beberapa manfaat tadi permen karet juga dapat menjaga kecantikan wajah karena dengan menguyah permen karet maka memperlancar aliran darah yang menuju wajah sehingga wajah akan terlihat lebih segar dan kencang dan permen karet juga dapat menghilangkan stress karena ketika mengunyah permen karet maka akan membuat otot yang tegang menjadi rileks dan juga dapat melindungi gigi dari pembusukan dan membuat rahang menjadi kuat.
Namun dibalik semua manfaat itu ternyata pemen karet juga dapat mengganggu kesehatan jika sering dikonsumsi karena banyak bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan kimia tersebut diantaranya:
1.      Asparatam 
Asparatam adalah bahan pemanis buatan yang digunakan untuk pengganti gula dalam permen karet. Asparatam ini sangat berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi dan dalam jangka waktu yang lama dapat merusak kesehatan.
2.      Butyl Hidroksi Toluene (BHT)
BHT adalah suatu bahan yang memberikan rasa, bau dan warna bahan ini bersifat karnisogen yang disinyalir dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal.
3.      Kandungan kalsium kasein pepton atau kalsium fosfat 
Bahan ini digunakan sebagai pemutih pada permen karet jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menimbulkan efek samping seperti alergi dan gangguan pada pencernaan. 
4.      Titanium oksida 
Titanium oksida dapat menyebabkan penyakit asma dan gangguan penyakit lainnya.
 Bedasarkan keterangan diatas, maka kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsipermen karet dan jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. Memang permen karet ada manfaatnya bagi tubuh tapi kita juga jangan lupa jika permen karet banyak mengandung zat kimia didalamnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.
Referensi 
http://m.kompas.com/elly_a.f/manfaat-dan-bahaya-permen karet_54f93d79a3331176178b489c.     

0 komentar:

Posting Komentar