Minggu, 14 Februari 2016

Perbedaan Ikatan kovalen dan hidrogen

Ikatan kimia memegang atom dan molekul bersama-sama. Ikatan menjadi faktor penting dalam menentukan perilaku kimia dan sifat fisik molekul dan atom. Seperti yang diusulkan oleh Amerika kimia GNLewis, atom stabil ketika mereka mengandung delapan elektron di kulit valensi mereka. Sebagian besar atom memiliki kurang dari delapan elektron pada kulit valensi mereka (kecuali gas mulia dalam golongan 18 dari tabel periodik);
Oleh karena itu, mereka tidak stabil. Atom ini cenderung bereaksi satu sama lain untuk menjadi stabil. Dengan demikian, setiap atom dapat mencapai konfigurasi seperti elektron gas mulia.
Ikatan kovalen merupakan satu ikatan kimia seperti yang menghubungkan atom dalam senyawa kimia. Ikatan hidrogen adalah tarikmenarik antarmolekul antara molekul.

Ikatan hidrogen

Ketika hidrogen melekat pada atom elektronegatif seperti fluor, oksigen atau nitrogen, akan menghasilkan ikatan polar. Karena elektronegativitas, elektron dalam ikatan akan lebih tertarik ke atom elektronegatif daripada atom hidrogen. Oleh karena itu, atom hidrogen akan mendapatkan muatan positif parsial, sedangkan atom elektronegatif akan mendapatkan muatan negatif parsial. Ketika dua molekul yang memiliki pemisahan muatan ini dekat, akan ada kekuatan tarik antara hidrogen dan atom bermuatan negatif. Atraksi ini dikenal sebagai ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen relatif lebih kuat dari interaksi dipol lainnya, dan mereka menentukan perilaku molekul.
[ ]Sebagai contoh, molekul air memiliki ikatan hidrogen antarmolekul. Satu molekul air dapat membentuk empat ikatan hidrogen dengan molekul air yang lain. Karena oksigen memiliki dua pasangan yang mandiri, dapat membentuk dua ikatan hidrogen dengan hidrogen yang bermuatan positif. Kemudian dua molekul air dapat dikenal sebagai dimer. Setiap molekul air dapat membentuk ikatan dengan empat molekul lain karena kemampuan ikatan hidrogen. Hasil ini dalam titik didih lebih tinggi untuk air, meskipun molekul air memiliki berat molekul rendah. Oleh karena itu, energi yang diperlukan untuk memutus ikatan hidrogen ketika mereka pergi ke fase gas akan tinggi. Selanjutnya, ikatan hidrogen menentukan struktur kristal es. Susunan unik kisi es membantu untuk mengapung di atas air, yang kemudian dapat melindungi kehidupan air dibawah pada periode musim dingin. Selain ini, ikatan hidrogen memainkan peran penting dalam sistem biologi. Struktur tiga dimensi protein dan DNA yang hanya berdasarkan ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen bisa dihancurkan oleh pemanasan dan kekuatan mekanik.
Ikatan Hidrogen

Ikatan kovalen

Ketika dua atom yang memiliki perbedaan keelektronegatifan yang sama atau sangat rendah bereaksi bersama-sama, mereka membentuk ikatan kovalen dengan berbagi elektron. Kedua atom dapat memperoleh konfigurasi elektronik gas mulia dengan berbagi elektron dengan cara ini. Molekul adalah produk yang dihasilkan oleh pembentukan ikatan kovalen antara atom. Misalnya, ketika atom yang sama bergabung untuk membentuk molekul seperti Cl2, H2, atau P4, setiap atom terikat ke yang lain dengan ikatan kovalen. Molekul metana (CH4) juga memiliki ikatan kovalen antara atom karbon dan hidrogen. Metana adalah contoh untuk molekul yang memiliki ikatan kovalen antara atom dengan perbedaan keelektronegatifan yang sangat rendah.
Ikatan kovalen
Ikatan kovalen antara dua atom oksigen

Apa perbedaan antara Hidrogen dan ikatan kovalen?

  1. Ikatan kovalen dihasilkan antara atom untuk menghasilkan molekul. Ikatan hidrogen dapat dilihat antara molekul.
  2. atom Hidrogen harus ada untuk memiliki ikatan hidrogen. Ikatan kovalen dapat terjadi antara dua atom.
  3. Ikatan kovalen lebih kuat dari ikatan hidrogen.
  4. Dalam ikatan kovalen, elektron dibagi antara dua atom tetapi, dalam ikatan hidrogen, berbagi semacam ini tidak terjadi; lebih kepada interaksi elektrostatik antara muatan positif dan muatan negatif.
http://budisma.net/2015/03/perbedaan-ikatan-kovalen-dan-hidrogen.html

0 komentar:

Posting Komentar