Senin, 29 Februari 2016

Aluminium dan Tembaga, Logam kaya manfaat



Tuesday, 01/03/16
2:39 a.m.
Aluminium adalah logam yang paling banyak terdapat di kerak bumi, dan unsur ketiga terbanyak setelah oksigen dan silikon. Aluminium terdapat di kerak bumi sebanyak kira-kira 8,07% hingga 8,23% dari seluruh massa padat dari kerak bumi, dengan produksi tahunan dunia sekitar 30 juta ton pertahun dalam bentuk bauksit dan bebatuan lain. Sulit menemukan aluminium murni di alam karena aluminium merupakan logam yang cukup reaktif.
Sedangkan tembaga atau cuprum dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Sedagkan, tembaga di alam tidak begitu melimpah dan ditemukan dalam bentuk bebas maupun dalam bentuk senyawaan. Tetapi tembaga merupakan salah satu logam yang sangat penting dan berperan besar dalam sejarah manusia dan termasuk logam yang pertama kali ditambang.
Aluminium tahan terhadap korosi.  Aluminium murni adalah logam yang lunak, tahan lama, ringan, dan dapat ditempa dengan penampilan luar bervariasi antara keperakan hingga abu-abu, tergantung kekasaran permukaannya. “Aluminium digunakan dalam banyak hal. Kebanyakan darinya digunakan dalam kabel bertegangan tinggi. Juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang. Ditemukan di rumah sebagai panci, botol minuman ringan, tutup botol susu dsb. Aluminium juga digunakan untuk melapisi lampu mobil”. (wikipedia)
Tembaga murni berwarna kuning kemerahan, relatif lunak, mudah dibengkokkan, dapat dibuat lembaran-lembaran tipis, serta penghantar panas dan listrik yang baik. Penggunaan tembaga terbesar adalah untuk kabel listrik, atap dan perpipaan dan mesin industri.  Tembaga yang telah dicampurkan dengan senyawa lain dapat menjadi alat penghantar panas. Dan Tembaga semacam ini mudah kita temui di toko – toko listrik. Bila yang pernah belajar elektronika, pasti pernah menggunakan alat ini untuk menghantarkan panas dengan cara dilelehkan. Kemudian pembuat uang logam. Uang memang menjadi benda yang selalu kita butuhkan. Uang logam memiliki banyak nilai dan jenis di seluruh dunia. Tembaga menjadi salah satu bahan di mana uang logam tersebut terbentuk
Aluminium juga merupakan konduktor panas dan elektrik yang baik. Jika dibandingkan dengan massanya, aluminium memiliki keunggulan dibandingkan dengan tembaga,  yang saat ini merupakan logam konduktor panas dan listrik yang cukup baik, namun cukup berat.
Demikian juga dengan tembaga, “Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu”. (wikipedia)
Aluminium murni 100% tidak memiliki kandungan unsur apapun selain aluminium itu sendiri, namun aluminium murni yang dijual di pasaran tidak pernah mengandung 100% aluminium, melainkan selalu ada pengotor yang terkandung di dalamnya. Pengotor yang mungkin berada di dalam aluminium murni biasanya adalah gelembung gas di dalam yang masuk akibat proses peleburan dan pendinginan/pengecoran yang tidak sempurna, material cetakan akibat kualitas cetakan yang tidak baik, atau pengotor lainnya akibat kualitas bahan baku yang tidak baik (misalnya pada proses daur ulang aluminium). Umumnya, aluminium murni yang dijual di pasaran adalah aluminium murni 99%, misalnya aluminium foil.

Kutipan :

0 komentar:

Posting Komentar