Sabtu, 20 Februari 2016

Manfaat Kimia Bagi Kehidupan

Assalamualaikum wr.wb
Hai kawan-kawan yang selalu setia baca postingan saya yang luar biasa ( padahal biasa ). Saya mau curhat dikit nih tentang mata kuliah yang baru saya temui seumur hidup saya, yaitu kimia. Saya adalah siswa SMK yang belum pernah menyentuh sedikitpun pelajaran ini selama bangku sekolahan dulu. Akhirnya ketika saya kuliah saya bertemu dengan mata kuliah ini. Sebenarnya pelajaran ini menyenangkan tapi juga menyulitkan. Berhubung ini adalah bangku kuliah jadi terkadang dosen bilang "masih ingat tentang ini?". Aku yang anak SMK bisa jawab apa?. Tapi perlahan saya menjadi penasaran, sebenarnya apa saja kegunaan kimia dalam kehidupan kita?. Karena saya percaya bahwa setiap hal yang kita pelajari pasti bermanfaat. Berikut adalah manfaat kimia dalam kehidupan

1.Kimia untuk Kesehatan
Peran ilmu kimia dalam bidang kesehatan adalah untuk membantu menyembuhkan pasien. Obat-obatan yang selama ini kita minum ketika sakit adalah hasil dari riset para ahli kimia selama bertahun-tahun. Jadi fungsi kimia dalam kesehatan adalah untuk membantu menyembuhkan kita dari penyakit.
2.Kimia untuk Pertanian
Tahukah kamu hubungan pertanian dengan kimia?. Dalam bercocok tanam kita harus memiliki tanah yang subur dan menjaganya dari serangan hama-hama yang dapat mengganggu tanaman kita. Untuk itu kita menambahkan pupuk serta memberikan peptisida?. Dan ternyata produk pupuk dan peptisida adalah produk kimia. Bahkan pupuk dan peptisida alami pun perlu dikaji kandungan kimia nya agar dapat berjalan dengan baik.
3.Kimia untuk Geologi
Ilmu geologi adalah ilmu yang mempelajari batu-batuan, gas serta minyak bumi. Untuk menentukan unsur pembentuk mineral sebuah batu digunakan prinsip kimia. Ilmu kimia disini berperan membantu para peneliti untuk mengerti temuan batu dan benda alam lainnya yang mereka temukan.
4.Kimia untuk Biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Dan ternyata makhluk hidup pun melakukan proses kimiawi seperti dalam proses pencernaan, fotosintesis, metabolisme, fermentasi dan lainnya. Sehingga ilmu kimia disini dapat membantu dalam mempelajari biologi.
5.Kimia untuk Hukum
Lagi-lagi timbul pertanyaan apa hubungannya kimia dengan hukum?. Jangan panik, jangan benturkan kepala anda ke tembok kawan, kasihan temboknya #ehhh. Baiklah sebenarnya hukum dan kimia tak pernah saling menyapa karena mereka tak pernah bertemu secara langsung. Namun peran ilmu kimia sangat membantu untuk menyelidiki barang bukti kriminalitas, dari barang bukti tersebut dapat dilihat struktur DNA tersangka. Karena struktur DNA setiap manusia berbeda.
6.Kimia untuk Permesinan
Peran ilmu kimia dalam dunia permesinan adalah untuk menentukan logam yang baik untuk membuat mesin, bahan bakar yang diperlukan, serta pelumas mesin
7.Kimia untuk Teknik Sipil
Dalam membangun gedung para arsitek dan orang-orang teknik sipil memerlukan semen, kayu, cat, paralon dan lainnya. Semua produk tersebut adalah hasil riset dari ahli kimia. Peran ilmu kimia dalam bidang ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan bangunan tersebut, agar dapat meminimalisir kecelakaan di waktu yang akan datang.
8.Kimia untuk Arkeologi
Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda tua seperti fosil. Setelah arkeolog menemukan fosil ternyata arkeolog menggunakan teknologi kimia bernama Radioisotop Karbon -14 untuk mengetahui usia fosil tersebut.
9.Kimia untuk Kecantikan
Produk kosmetik dan kecantikan yang kamu suka gunakan sehari-hari merupakan produk kimia hasil riset para ahli. Pemutih, shampo, sabun dan lainnya adalah produk yang dihasilkan setelah riset bertahun-tahunbertahun-tahun.
Ternyata banyak ya manfaat kimia dalam hidup kita. Untuk itu kita harus terus semangat belajar kimia. Karena setiap ilmu yang kita pelajari pasti bermanfaat. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi penulis. Terima kasih telah membaca


Referensi
http://www.anneahira.com/manfaat-ilmu-kimia.htm

0 komentar:

Posting Komentar