Sabtu, 13 Februari 2016

kandungan yang terdapat pada kulit jeruk



Bissmilahirrohmanirrohim
Assalamu’alaikum wr.wb.
Haii sobat Matematika ..
Apa kabar sobat?? Baik-baik dong pastinya ya. Aamiin!
Saya mau berbagi sedikit info nih, sobat tahu buah jeruk dong. Tahulah pastinya, sudah makan jerukkah sobat hari ini??
Asal sobat tahu buah jeruk mempunyai  banyak manfaat yang diperlukan oleh badan. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk dapat menaikkan ketahanan badan.  Buah ini terhitung dalam keluarga Citrus yang datang dari suku Rutaceae (saya baru tahu kalau buah jeruk juga punya keluarga). Tak hanya daging buah jeruk manfaat lain juga terdapat pada kulitnya.
Nah, dalam pembahasan kali ini saya tidak akan membahas buah jeruknya melainkan membahas tentang keluarganya. Hahaa .. enggalah, wong saya gak kenal ko sama keluarganya. Saya akan membahas tentang manfaat kulit jeruk.
Tahukah kalian, sobat. Kulit buah jeruk juga sangat berguna, zat yang berguna yang terdapat dalam kulit jeruk satu diantaranya  adalah minyak atsiri. Minyak atsiri yaitu sejenis minyak nabati yang bisa beralih mengental bila ditempatkan pada suhu ruangan. Minyak ini juga keluarkan aroma yang benar-benar khas serta umum dipakai untuk bahan pembuat minyak gosok alami yang dipakai untuk penyembuhan.
            Hubungannya dengan bagian kesehatan, minyak atsiri bermanfaat untuk menstabilkan system saraf hingga dapat menyebabkan dampak tenang untuk siapa saja yang menghirupnya.
Minyak atsiri juga mengandung senyawa limonen yang dapat membuat lancar predaran darah, meredakan rasa sakit yang disebabkan radang tenggorokan serta rasa batuk dan bisa pula menghambat berkembangbiaknya sel kanker dalam badan.
            Di luar itu, kandungan kulit jeruk ini dapat menambah selera makan seseorang. Tak hanya limonen, zat lainnya juga adalah kandungan kulit jeruk yaitu lonalol, linalil, serta terpinol yang mempunyai manfaat untuk penenang.
Jadi bagaimana sobat Matematika, ayo makan jeruk tiap hari biar sehattt. Hehee .. bukan makan kulitnya lho. Kulitnya memang tak kalah bermanfaat tapi gak dimakan juga, ada nih cara untuk memanfaatkan kulit jeruk agar tidak terbuang sia-sia (eciee bahasanya ..hehee)
Ini nih cara-cara memakai kandungan kulit jeruk untuk kesehatan , khusus buat sobat semua.
         i.            Untuk meredakan batuk, keringkan 5 gram kulit jeruk. Rebus dalam 2 gelas air selama 10-15 menit, masukkan juga irisan jahe serta gula merah seperlunya. Dan minum selagi hangat.
        ii.            Untuk menangani sembelit, sobat dapat memakai 6 gram kulit jeruk kering atau 12 gram kulit jeruk fresh. Rebus kulit jeruk dalam air seperlunya selama 10-15 menit  dan minum 2 kali sehari.
      iii.            Untuk menyingkirkan bau mulut, kunyah kulit jeruk seperlunya. (tapi ingat, jangan dimakan lho sobat)
Nah itu dia sebagian caranya, selamat mencoba obat alami, murah dan enak rasanya (kalau di tambah gula atau madu ..hehee)
Itu lah sedikit info dari saya, semoga bermanfaat buat sobat semua.
Alhamdulillah ..
Wassalamu’alaikum wr.wb.


sumber: 
http://umpaischamadosaudade.blogspot.co.id

0 komentar:

Posting Komentar