Sabtu, 02 April 2016

Manfaat daun salam bagi kesehatan

Assalamu’alaikum
Hai teman-teman! Berjumpa lagi dengan saya dipostingan ke-7.
Siapa yang tidak mengenal daun yang satu ini?
Daun salam atau Syzygium polyanthum merupakan daun yang digunakan sebagai tambahan penyedap dan aroma alami dalam masakan. Dengan menambahkan daun salam pada masakan, terasa lebih sedap dan mantap aromanya.
Daun salam merupakan tanaman rempah yang mudah cara penanamannya. Tanaman yang berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 30 meter. Tanaman liar ini bisa tumbuh di mana saja. Berikut ini deskripsi tanaman daun salam.
1. Akar
Jenis akar merupakan akar tunggang yang berbentuk seperti tombak meruncing ke ujung.
2. Batang
Batang tanaman daun salam ini tingginya bisa berkisar antara 5 – 30 meter. Bentuknya bercabang dan arah tumbuhnya tegak lurus ke atas. Batangnya berkayu, keras, dan kuat. Kulit batang berwarna coklat abu-abu dan bersisik.
3. Daun
Bentuk daunnya simpel dengan tulang daun menyirip. Tepi daun rata dan memiliki aroma wangi. Jika sudah dikeringkan, daun salam dimanfaatkan untuk penyedap masakan.
Selain untuk penyedap rasa, ternyata daun salam banyak khasiatnya. Khasiat daun salam ini ternyata bersumber dari kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa daun dengan warna hijau tua ini mengandung minyak esensial sebanyak 0,17 % per gramnya. Jika diurai, di dalam minyak ini tersimpan sejumlah zat antara lain eugenol dan juga metil kavikol. Ekstrak daun salam diketahui bersifat anti bakteri, anti cacing dan juga anti jamur. Selain senyawa tersebut, daun salam juga diketahui banyak mengandung senyawa seperti tannin, minyak atsiri dan juga flavanoida. Minyak atsiri inilah yang menjadi biang aroma pada daun salam.
Daun salam terbukti memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.
Manfaat tersembunyi dari daun salam
Daun salam telah dipercaya sejak dulu untuk pengharum masakan. Selain manfaat utama tersebut, manfaat daun salam yang lainnya juga untuk pengobatan dengan menggunakan resep tertentu.
1. Mengurangi rasa sakit.
2. Mengobati rematik.
3. Mengobati diabetes.
4. Mengobati batuk.
5. Mengobati penyakit ginjal.
6. Mengusir kutu rambut.
7. Mengatasi ketombe dan rambut rontok.
8. Melancarkan peredaran darah.
9. Mencegah berkembangnya sel- sel kanker penyebab kanker payudara, kanker serviks, dan kanker darah ( leukemia ).
10. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
11. Menurunkan tekanan darah.
12. Menstabilkan gula darah.
13. Menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung serta melindunginya dari penyakit
14. Menjaga kesehatan saluran pencernaan tubuh.
15. Mengobati radang lambung, diare, maag, dan gatal-gatal.
16. Mengobati penyakit kulit.
Terimakasih, semoga bermanfaat
Wassalamu’alaikum
Referensi:
http://alamtani.com/kandungan-dan-manfaat-daun-salam.html
http://pondokibu.com/manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan-tubuh.html
http://tanamanobat-herbal.blogspot.co.id/2014/12/kandungan-kimia-dan-manfaat-daun-salam.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar