Sabtu, 16 April 2016

Silica Gel

Kamu sering beli sepatu? Beli tas? Atau barang yang dikemas di dalam kardus? Pasti kamu tak asing lagi dengan silica gel yang terbungkus dalam kertas kecil persegi panjang berwarna putih, layaknya teh celup.
Pihak produsen menyertakan bungkusan gel warna-warni ini dalam kardusmu sebagai bahan perawatan barang yang kamu beli. Namun banyak orang yang tidak mengerti kegunaan bungkusan gel ini, justru menganggapnya remeh, dan langsung membuang gel silica tersebut ke tempat sampah. Padahal sebenarnya, selain merawat benda yang kamu punya, silica gel punya berbagai manfaat.
Sebelum membahas manfaat silica gel, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa sih silica gel itu? Yuk kita cari tahu!
Salah satu produk Bio Industries yang memiliki nilai fungsi sangat penting adalah Silika Gel atau Absorbent chemicals. Silika Gel dari Bio Industries adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat . Walaupun namanya gel tapi tetap tergolong dalam silika padat. Jangan terlalu mengartikan gel dalam pengertian suatu produk yang bentuknya gel ataupun silicon gel. Mengapa demikian? Mari kita telusuri.
Gel (dari bahasa Latin gelu - membeku, dingin, es atau gelatus - membeku) adalah campuran koloidal antara dua zat berbeda fase: padat dan cair. Penampilan gel seperti zat padat yang lunak dan kenyal (seperti jelly), namun pada rentang suhu tertentu dapat berperilaku seperti fluida (mengalir). Berdasarkan berat, kebanyakan gel seharusnya tergolong zat cair, namun mereka juga memiliki sifat seperti benda padat. Contoh gel adalah gelatin, agar-agar, dan gel rambut. Biasanya gel memiliki sifat tiksotropi (Ing.: thyxotropy) : menjadi cairan ketika digoyang, tetapi kembali memadat ketika dibiarkan tenang. Beberapa gel juga menunjukkan gejala histeresis. Dengan mengganti cairan dengan gas dimungkinkan pula untuk membentuk aerogel (‘gel udara’), yang merupakan bahan dengan sifat-sifat yang khusus, seperti massa jenis rendah, luas permukaan yang sangat besar, dan isolator panas yang sangat baik. Pada 2005 sebuah bahan pembentuk gel (gelling agent) yang sesuai. Teknik ini umum digunakan dalam produksi berbagai macam produk industri, dari makanan sampai cat serta perekat.
Sedangkan silika gel adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas (memiliki link kekerabatan) yang kuat untuk molekul air.
Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar - agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam-garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini.
Manfaat silica gel yang tidak banyak orang mengetahuinya yaitu sebagai berikut:
1. Mengawetkan album foto
Masalah yang diakibatkan jika kita menyimpan album foto kenangan adalah jamur. Terlebih ketika terletak di ruangan yang lembab, sementara udara di dalam plastik foto juga lembab. Hal itu sering dialami oleh sebagian orang sehingga album fotonya menjadi rusak.
Jangan biarkan itu terjadi pada album foto milik Anda. Untuk mencegah bertumbuhnya jamur dalam album foto, Anda bisa menyelipkan silica gel bekas untuk dimasukkan ke dalam plastik foto. Silica gel mampu menyerap uap sehingga membuat tidak lembab dimana keadaan tersebut berakibat tumbuhnya jamur.
2. Merawat peralatan make up
Siapa sangka bekas silica gel yang ada dalam kardus sepatu bisa bermanfaat untuk merawat peralatan seorang wanita tersebut tak perlu lagi cemas, alat make up anda kini sudah terlindungi dari jamur dan bau tak sedap.
3. Menghilangkan bau sepatu
Sering uring-uringan karena bau tak sedap pada sepatu Anda, silica gel solusinya. Masukkan beberapa silica gel dan Anda tak perlu lagi mencium aroma bau busuk dari sepatu. Bau sepatu diakibatkan oleh keringat yang menempel padanya kemudian ditumbuhi bakteri-bakteri. Sepatu yang tidak langsung dijemur setelah dikenakan, bisa timbul masalah seperti itu.
4. Membuat bunga tak cepat layu
Jika Anda sering atau gemar menyimpan bunga-bunga segar di dalam ruangan maka bisa gunakan silica gel untuk membuat bunga tersebut tak cepat layu. Caranya mudah, cukup masukkan silica gel dalam wadah tempat bunga, kemudian baru ditimbun agar terlihat dan sampai ke permukaan bunga.
5. Menghambat bibit tanaman berkecambah
Pada umumnya bibit tanaman yang berbentuk biji akan dikeringkan sebelum dipasarkan agar lebih tahan lama. Akan tetapi sering kita jumpai bibit-bibit tersebut berkecambah saat lama disimpan dalam tempat lembab. Untuk menghindari hal itu terjadi, selipkan beberapa bungkus silica gel agar menyerap kelembaban udara sekitar.
6. Mencegah tumbuhnya jamur pada handuk
Dengan menyelipkan beberapa bungkus silica gel ke dalam tumpukan handuk, maka bau tak sedap dan jamur dapat dicegah. Sehingga handuk akan nyaman kembali ketika digunakan. Dalam waktu lama, warna silica gel akan memudar, jika hal itu terjadi maka ganti dengan silica gel yang baru.
7. Stok makanan hewan peliharaan tetap lezat
Penyimpanan makanan hewan kesayangan menjadi penting untuk diperhatikan karena terkait dengan kualitasnya. Semakin lama disimpan biasanya semakin kurang berkualitas. Sehingga sebaiknya membeli makanan binatang perlharaan tidak terlalu banyak. Namun bagi Anda yang memiliki kesibukan, tentu akan memilih menambah stok. Tak perlu khawatir,kan ada silica gel yang mampu menjaga kelezatan makanan binatang.
8. Mencegah cepatnya karatan pada alat otomotif, listrik, dan pertukangan
Kamu penggemar otomotif? Atau suka otak-atik listrik? Atau gemar memperbaiki bangunan rumah? Pasti kamu punya seperangkat alat-alat tukang seperti obeng, tang, bor, gergaji yang sebagian besar berbahan besi. Nah agar alat-alat ini lebih awet, sertakan beberapa bungkus silica gel di dalam kotak penyimpanan. Silica gel mampu menyerap air dan mengurangi kelembaban. Hal ini menguntungkan karena bisa bikin alat-alatmu terhindar dari proses oksidasi yang bikin karatan. Jadi, barangmu tak cepat rusak dan tetap berfungsi optimal tanpa takut berkarat.
9. Mencegah cepat rusaknya buku
Punya buku langka adalah keberuntungan bagi kamu para pecinta buku. Meski buku terlihat tua dan lusuh, kamu tetap merasa senang memilikinya. Alih-alih menyimpannya bertahun-tahun, hal ini justru bikin bukumu cepat jamuran. Agar koleksimu itu tak cepat rusak, kamu harus menjaganya dengan perawatan khusus.
Caranya mudah kok, taruh saja satu bungkus silica gel sekitar tumpukan buku atau di dalam lemari penyimpanan. Dengan begitu, jamur yang sering tumbuh karena kelembaban tinggi menjadi urung diri. Jadi bukumu lebih awet, tak lusuh, tak mudah sobek, dan yang jelas terhindar dari jamuran yang bikin koleksi buku tuamu cepat rusak. Selain itu, aroma buku tua yang kadang lembap juga tak lagi terlalu menyengat.
Referensi:
http://kabarpopuler.com/7-manfaat-silica-gel/
http://www.bioindustries.co.id/product/silika-gel-bio-industries
http://www.hipwee.com/tips/meski-sering-diremehkan-orang-silica-gel-di-kardus-belanjaan-punya-10-fungsi-yang-menguntungkan/

0 komentar:

Posting Komentar