Sabtu, 02 April 2016

Manfaat Petir

     




Petir??? Pasti kalian semua tahukan apa itu petir. Namun kebanyakan dari kita tidak mengetahui manfaat dari petir yang menurut semua orang itu petir adalah sesuatu yang mengerikan dan benda apapun yang tersambar pasti  akan gosong. Tetapi jangan salah petir juga memiliki manfaat lhoo. Ini dia manfaat dari petir.
            Petir itu bermanfaat untuk membuat tanah menjadi subur. Ketika petir menyambar, terjadi reaksi antara air hujan dan gas nitrogen yang merupakan salah satu unsur hara yang yang berguna bagi kesuburan tanah. Sambaran petir membuat nitrogen yang ada di udara dibawa oleh air ke tanah.
            Yang kedua petir bermanfaat untuk memproduksi ozon. Lapisan ozon merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi dan melindungi kita dari buruknya pengaruh radiasi sinar matahari. Petir dapat membantu memproduksi lapisan ozon di atmosfer bumi kita. Lapisan ozon terdiri dari senyawa O3 atau biasa kita sebut ozon. Senyawa ini berfungsi untuk menangkal sinar ultraviolet yang antara lain itu bisa mnyebabkan kanker kulit. Jadi petir itu berperan memicu terjadinya reaksi kimia dari O2 (oksugen) menjadi O3 (ozon).
            Dan yang terakhir petir bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri. Kalian tahukan bahwa udara disekitar kita ini banyak mengandung kuman maupun bakteri. Jadi manfaat petir adalah pada sambaran petir yang merupakan aliran muatan listrik yang akan memanaskan udara disekitarnya, sehingga kuan dan bakteri mati. Oleh karena itu, saat terjadi hujan disertai dengan kilat dan petir yang menggelar, juga sedang terjadi proses pembersihan udara dari kandungan kuman dan bakteri yang melayang, disebabkan oleh plasma petir yang sangat tinggi. Setelah hujan reda, petir sudah selesai, maka udara akan terasa nyaman. Mari kita rasakan dengan seksama, karena apa yang terjadi  di sekitar kita termasuk hujan dan petir, pasti ada manfaat yang besar, dibalik ancaman yang sangat menakkutkan.
           

Referensi:

Larasputri, D. (2015, Agustus 30). Manfaat Petir bagi Kehidupan Kita . Retrieved from Girls Kidnesia: http://www.girls.kidnesia.com/Girls/cerdas/berbagi-pengetahuan/manfaat-petir-bagi-kehidupan-kita


             

0 komentar:

Posting Komentar