Sabtu, 02 April 2016

artikel 6 (MANFAAT SINAR MATAHARI DI PAGI HARI)



MANFAAT SINAR MATAHARI DI PAGI HARI
Dibanding cahaya matahari siang dan sore hari, kita tentu tetap memilih mendapatkan cahaya matahari pagi hari. Cahaya yang menyemburat sebelum pukul 10 pagi dinilai lebih menyehatkan dan tidak membahayakan. Mengapa? Karena unsur sinar ultraviolet dan vitamin yang dibentuk olehnya, yakni vitamin D, dibutuhkan tubuh sepenting menu harian.
Percuma orang mencukupi kebutuhan akan vitamin D atau kalsium hariannya, kalau sehari-hari tidak terpapar cahaya matahari pagi secara memadai. Karena hanya bantuan cahaya matahari yang mampu melengkapi agar metabolisme vitamin D tubuh berlangsung normal. Dengan cara itu, kalsium yang dikonsumsi baru akan dapat membuahkan hasil terhadap tulang dan gigi.
Cahaya matahari pagi tidak begitu menyengat seperti pada siang hari, karena kandungan sinar ultraviolet pada cahaya matahari pagi masih begitu kaya. Sedangkan pada siang hari, sinar ultramerah lah yang makin pekat dan membuat kulit tersengat, sementara kandungan sinar ultraviolet yang menyehatkan itu sudah semakin tipis. Maka, kalau ingin memanfaatkan cahaya matahari memang harus memilih berjemur pagi hari, setidaknya sebelum pukul 10.00, tanpa perlu ketakutan kulit bakal menjadi lebih kelam.
Cahaya matahari pagi dibutuhkan segala umur. Bayi pun membutuhkan cahaya matahari pagi untuk metabolisme kalsium tubuh. Sebab seperti yang kita sudah ketahui, metabolisme kalsium memerlukan kehadiran vitamin D. Vitamin D baru siap membantu dan bekerja kalau hadir cahaya matahari.
Bayi yang lahir kuning untuk waktu lama, membutuhkan bantuan cahaya matahari lebih banyak agar gejala kulit kuningnya lekas mereda. Hal ini dapat terjadi salah satunya ketika fungsi hatinya belum cukup matang, atau lantaran suatu penyakit lain. Cara sederhana mengatasi bayi yang kadar bilirubin-nya lebih tinggi dari normal begini adalah dengan menjemurnya di bawah cahaya matahari.
Anak-anak juga membutuhkan cahaya matahari untuk mengoptimalkan fungsi kalsium lewat kerja vitamin D yang membantunya. Demikian pula dengan orang dewasa. Pembentukan pigmen kulit (pewarna kulit) juga membutuhkan paparan cahaya matahari yang memadai.
Bagi permukaan kulit tubuh, matahari bertindak sebagai pemati bibit penyakit sebab sinar ultraviolet mempunyai efek disinfektan juga. Di samping itu kulit yang terpapar oleh matahari menjadi lebih lembab, layaknya kulit orang yang bermukim di iklim tropis.
Cahaya matahari yang memadai setiap hari tentu mencegah anak mengalami penyakit tulang. Karena bila paparan terhadap cahaya matahari berkecukupan, bukan hanya pembentukan dan pertumbuhan tulang menjadi normal, tetapi penyakit tulang sejenis rachitis, yang terjadi bila kekurangan paparan cahaya matahari berlangsung dalam waktu lama, dapat dihindari.
Manfaat Sinar Matahari di saat pagi, hal yang terlampau sayang untuk dilewatkan, sinar matahari pada waktu pagi tidak hanya membuat indah suasana di pagi hari, namun juga sangat penting untuk kesehatan. Sobat sekalian, sinar matahari ini adalah salah satu sumber kehidupan bagi planet kita. Banyak sekali peran Matahari, proses fotosintesis pada tanaman juga memerlukan sinar matahari.
Sinar matahari banyak mengandung Vitamin D, maka bersyukurlah karena kita bisa menikmati vitamin D gratisan, iya kan ? Disamping itu sinar matahari juga bermanfaat membunuh mikro bakteria, oleh karena itu banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mebuat rumah yang di pagi hari cukup terkena sinar matahari ini.
Beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan :
  1. Mengurangi gula darah
    Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.
  1. Mengandung vitamin D
    Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.
  1. Membentuk dan memperbaiki Tulang
    Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.
  1. Meredam kolesterol darah
    Ini merupakan kelanjutan proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.
  1. Meningkatkan kebugaran pernafasan
    Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.
  1. Kekebalan
    Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
  1. Penawar infeksi dan pembunuh bakteri
    Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.
SUMBER : http://doktersehat.com/manfaat-sinar-matahari-di-pagi-hari-bagi-kesehatan/
                    https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/pentingnya-cahaya-matahari.html



2 komentar:

waylemon mengatakan...

terimakasih infonya.. sinar matahari pagi memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Unknown mengatakan...

Berjemur pagi hari akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, seperti yang sudah disebutkan pada artikel diatas. Mungkin selama ini Anda ragu berjemur di bawah matahari pagi karena belum mengenal beragam manfaatnya. Untuk memantapkan anda, berikut ini saya akan berikan beberapa manfaat sinar matahari pagi.

Posting Komentar