Sabtu, 09 April 2016

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala




Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. “sehari tanpa tidur” bagi sebagian manusia itu adalah sebuah hal yang buruk karna jika tidak tidur akan merasakan yang namanya kantuk berat. Apalagi orang yang hobinya tidur, pasti dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun dia pasti akan bisa untuk tidur. Tetapi ada juga orang yang tidak bisa tidur dan itu saat malam hari atau orang sering menyebutnya dengan “insomnia”. Karna pada saat malam hari menurut sebagian orang adalah waktu yang digunakan untuk beristirahat dari rutinitas harian yang padat. Itulah alasan orang menggunakan waktu malam untuk tidur atau istirahat. Tidur memang bagus untuk kesehatan tubuh kita, namun tidur itu harus sesuai dengan porsinya yaitu 8 jam per hari dan tidak boleh ataupun kurang dari itu. Karna apabila kurang dan lebih dari itu bisa saja malah yang seharusnya membuat badan menjadi fresh tetapi malah membuat tubuh malah semakin menjadi lemas. Selain itu juga, ada cara tidur yang baik  yaitu dengan posisi yang benar, waktu yang tepat juga dalam porsi yang cukup pula. Juga ada yang mengatakan bahwa tidur pada malam hari sebaiknya mematikan lampu kamar. Mengapa demikian? Apa bahaya yang didapatkan?


Menurut hadits Nabi Muhammad SAW:
(‏أغلقوا الباب ‏ ‏وأوكوا ‏ ‏السقاء ‏ ‏وأكفئوا ‏ ‏الإناء ‏ ‏أو ‏ ‏خمروا ‏ ‏الإناء ‏ ‏وأطفئوا المصباح فإن الشيطان لا يفتح غلقا ولا يحل ‏ ‏وكاء ‏ ‏ولا يكشف إناء وإن ‏ ‏الفويسقة ‏ ‏تضرم ‏ ‏على الناس بيتهم) رواه مالك في موطأه و الترمذي في سننه و صححه الألباني.
"Tutuplah oleh kalian pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana-bejana, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka pintu terturup, melepas ikatan tempat minum, dan membuka bejana. Dan sesungguhnya tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya." (HR. imam Malik dalam al-Muwatha' dan at-Tirmidzi dalam Sunan-nya dan dishahihkan oleh al-Albani rahimahumullah).
Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa saat kita hendak tidur saat malam hari maka sebaiknya mematikan lampu, dan menutup segala hal agar rumahpun masih akan aman semestinya. Dalam ilmu pengetahuan juga menganjurkan agar mematikan lamu saat tidur itu sangatlah baik karna dapat mencegah penyakit kanker payudara dan kanker prostat juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tidur dengan lampu menyala akan menghambat menghasilkan hormon Melantonin, karna ketika cahaya lampu dihidupkan pada malam hari akan memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Hormon melatonin adalah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang terletak dipusat otak. Hormon ini juga merupakan turunan dari asam amino triptofan yang diproduksi manusia, mamalia, burung, reptil, dan amfibi. Hormon ini diproduksi berdasarkan deteksi cahaya dan gelap dengan retina mata. Tidur dengan lampu menyala juga beresiko mengidap leukimia pada anak-anak. Didalam tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melantonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya. Bahkan saat menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melantinin.
            Orang yang menderita kanker yaitu akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari daripada yang tidak pernah mamakai lampu saat tidur. Hal ini menekankan produksi melantonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Pada sebuah penelitian orang yang paling mudah memiliki resiko terkena kanker payudara adalah para pekerja shift. Tidur dengan lampu menyala juga dapat menyebabkan berat badan baik. Selain lampu, barang-barang elaktronik seperti komputer, laptop, dan telepon genggam juga bisa bisa mengakibatkan gangguan tidur. Karna banyaknya pancaran cahaya biru, yang bisa menekankan produksi hormon melatonin. Orang yang suka terjaga sampai larut malam dengan lampu menyala bisa menyebabkan malapeta untuk jam biologis tubuh dan bisa menyebabkan jam biologis tubuh menjadi kacau sehingga sulit mengimbangi aktifitas kerja yang dimulai pukul 09.00 hingga 17.00. sehingga orang yang suka begadang sering merasa sulit tidur dan tidak merasa segar keesokan harinya. Efeknya sama seperti jet lag. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidur dengan lampu yang menyala mendatangkan berbagai macam resiko seperti kanker payudara dan prostat, naiknya berat badan, sampai terserangnya leukimia. Untuk itu cukupkan tidur dimalam hari dan matikan lampu saat tidur. Semangat hidup sehat

Referensi

0 komentar:

Posting Komentar