Minggu, 10 April 2016

Sarapan gorengan plus kopi hangat

Kalian tahu tidak sarapan dengan makan gorengan dan ditemani dengan kopi hangat ada dampak negatifnya, yang belum tahu yuk baca!
Sarapan dengan gorengan terasa nikmat apalagi kalau ditemani dengan kopi hangat, tambah nikmat sekali. Tetapi, dibalik kenikmatan yang ditimbulkan ternyata makan gorengan sambil minum kopi sangat membahayakan kesehatan kamu.
Menurut suatu studi dari University of Guelph, minum kopi setelah makan makanan berminyak bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Efek ini bahkan berlaku untuk orang yang sehat yang tidak berisiko pada diabetes.
Seperti yang sudah diketahui, makan makanan berminyak sudah dikaitkan dengan lonjakan gula darah. Nah, dengan menggabungkannya dengan minum kopi dapat menggandakan dampak tersebut .
Peneliti menyebutkan bahwa gorengan memiliki kandungan lemak jemu yang membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dari darah. Walau sudah melalui sebagian jam sesudah makan gorengan, minum kopi bisa menambah tingkat kesulitan pembersihan gula.
“Hal ini menunjukkan bahwa dampak makanan tinggi lemak bisa berjalan sampai berjam-jam, ” kata Marie-Soleil Beaudoin serta Terry Graham, peneliti dari University of Guelph, seperti ditulis theglobeandmail.
Tim peneliti meminta sebagian peserta studi untuk konsumsi makanan berlemak, setelah 6 jam, peserta disuruh minuman gula. Umumnya, badan segera menghasilkan insulin untuk menyingkirkan gula dari darah.
Namun riset tunjukkan bahwa sesudah konsumsi makanan berlemak, badan kurang bisa menghasilkan insulin serta tingkat gula dalam darah peserta 32 % lebih tinggi di banding peserta riset yg tidak konsumsi makanan berlemak pada awal mulanya.
Bagian kedua riset, peserta disuruh untuk minum 2 cangkir kopi sesudah 5 jam makanan berlemak serta minuman gula. Hasilnya kadar gula dalam darah bertambah sampai 65 % di banding grup kontrol.
Gula yang berlama-lama dalam darah bisa merugikan kesehatan seperti tingkatkan resiko diabetes, rusaknya arteri, serta penyakit jantung. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition.
Orang yang berisiko tinggi pada diabetes atau penyakit jantung, mesti lebih waspada menggabungkan makanan. Jauhi makanan tinggi lemak serta batasi konsumsi cafein untuk melindungi ketabilan gula darah.
Setelah kalian mengetahui dampak dari memakan gorengan yang ditemani kopi hangat, maka janganlah kalian memulai hari dengan sarapan makanan berlemak seperti gorengan, apalagi jika disajikan dengan kopi sebagai teman sarapannya.
Referensi:
http://liputanantarkota.tk/harus-kalian-ketahui-bahayanya-kalau-makan-gorengan-lalu-minum-kopi/
http://ruang-bacaan.blogspot.co.id/2013/03/awas-bahaya-minum-kopi-sambil-makan.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar