Minggu, 03 April 2016

Unsur Kimia dalam Tubuh Manusia



Unsur Kimia dalam Tubuh Manusia

Dalam tubuh manusia. Ternyata banyaksekali terdapat unsur-unsur kimia. Apa sajakah unsur-unsur kimia yang terdapat di dalamtubuh di dalamtubuh manusia? Dan berapa banyak mereka mengisi tubuh kita?  Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air atau H2O , dengan sel-sel yangterdiri dari 65-90% air berat. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa sebagianbesar massa tubuh manusia dalam oksigen. Karbon, dan unit dasar yaitu molekul organik. Sekitar 96%  dari berat badan hanya terdiri dari empat elemen yaitu oksigen, karbon, hydrogen, dan nitrogen.Sedangkan kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klor, dansulfur macronutrientsatauelemen yang dibutuhkan tubuh dalamjumlah yang signifikan.
1.      Oksigen

Jumlah oksigen dalam unsur yang paling berlimpah dalam tubuh manusia. Sebagian besar dari tubuh manusiaterdiri dari air atau H2O . oksigen menyumbang 61-65 % dari massa tubuh manusia. Meskipun secara rumus ada banyak lebih atom hydrogen dalam tubuh kita daripada oksigen, tetapi setiap atom oksigen ukurannya 16 kali lebih besar dari atomhidrogen. Oksigen dalam tubuh digunakan untuk respirasi sel.

2.      Karbon

Semua organismehidup mengandung karbon, yang merupakan dasar untuk semua molekulorganik dalam tubuh. Karbon dalam unsurkedua yang berlimpah dalam tubuhmanusia, jumlahnya 18% dari berat badan. Semua molekul organic (lemak, protein, karbohidrat, asam nekleat) mengandungt karbon. Karbon juga ditemukan sebagai karbon karbon dioksida ate CO2. Kita menghirup udara yang mengandung sekitar 20% oksigen . udara yang kita keluarkan pada saat bernapas mengandung sedikit oksigen, namun kaya akan karbon dioksida.

3.      Hidrogen

Hydrogen menyumbangkan 10% darimassa tubuh manusia.  Sekitar 60% dari berat badan kitaadalah air, banyak hydrogen yang ada di air, yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi, membuang limbah, melumasi organ dan sendi, dan mengatur suhu tubuh, hydrogen juga penting dalam produksi energidan pengguna ion H+ dapat digunakan sebagai ion hydrogen atau pompa proton untuk menghasilkan ATP dan mengatur berbagai reaksi kimia. Semua molekul organic mengandung hydrogen selain karbon.

4.      Nitrogen

Sekitar 3% dari massa tubuh manusia  adalahnitrogen. Protein, asamnukleat dan molekul organic lainnya mengandung nitrogen. Nitrogen ditemukan di paru-paru, karena  gas utama di udara dalam nitrogen.

5.      Kalsium

Kalsium menyumbangkan 1,5% dari berat badan manusia. Kalsium digunakan untuk memberi system kekerasan dan kekuatan kerangka. Kalsium ditemukan dalam tulang dan gigi. Ion Ca2+ sangat penting untuk fungsi otot.

6.      Fosfor

Sekitar1,2% sampai 1,5% dari tubuh manusia terdiri dari fosfor. Fosfor penting untuk struktur  tulang dan merupakan bagian dari molekul energy primer dalam tubuh,ATP ate adenosine triphosphate. Sebagian besar fosfor dalam tubuh adalah dalam tulang dan gigi.

7.      Kalium

Kalium menjadi naik 0,2% menjadi 0,35% pada tubuh manusia dewasa. Kalium dalam mineral penting dalam semua sel. Kalium berfungsi sebagai elektrolit dan sangat penting untuk melakukan impuls listrik dan untuk kontraksi otot.

8.      Sulfur/Belerang

Kelimpahan sulfur adalah 0,020% hingga 0,25% dalam tubuh manusia. Sulfur merupakan komponen penting dari asam amino dan protein. Di dalam keratin, yang membnentuk kulit, rambut, dan kuku. Sulfur juga diperlukan untuk respirasi sel, yang memungkinkan sel untuk menggunakan oksigen.

9.      Sodium/Natrium

Sekitar 0,10% sampai 0,15% dari massa tubuh kita adalah unsur natrium. Natrium dalam elektrolit penting dalam tubuh. Natrium merupakan komponen penting dari sel dancairan yang dibutuhkan untuk transmisi impuls saraf. Natrium membantu mengatur volume, suhu, dan tekanan cairan darah.

10.  Magnesium

Logam magnesium terdiri dari 0,05% dari berat badan manusi. Sekitar setengah dari magnesium tubuh ditemukan dalam tulang. Magnesium penting untuk berbagai reaksi biokimia. Magnesium membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan darah glukosa darah. Magnesium digunakan dalam sintesis protein dan metabolism. Magnesium juga diperlukan untuk mendukungsistem kekebalan tubuh, otot, dan fungsi saraf yang tepat. 

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar