Jumat, 29 April 2016

25 Fakta Unik Aurum (Emas)

Emas adalah salah satu zat di bumi yang paling sering diburu orang dan nilainya pun cukup menguras kantong. Tapi kenapa ya emas itu berharga banget? Kenapa di antara semua zat dan mineral yang ada di bumi, emaslah yang nilainya sangat tinggi? Padahal emas juga bukan loga yang paling langka.
Ada beberapa hal yang membuat emas itu unik. Emas nggak bereaksi dengan elemen lain. Emas nggak terlalu langka, tapi juga nggak berlimpah. Emas juga nggak mengandung radioaktif dan nggak beracun. Tapi emas adalah logam yang paling kuning, dibandingkan logam lain yang cenderung abu-abu.

Berikut ini ada 25 fakta unik tentang emas tersebut :
25. HP jadul 1 ton bisa memberimu lebih banyak emas daripada bijih emas 1 ton.
24. Di lautan terdapat emas. Kalo semua emas di lautan kita ambil, seluruh orang di bumi bisa mendapat emas masing-masing 4.5 kg emas per orang.
23. Untuk mencegah Nazi mengambil emasnya, ahli kimia Hungaria Goerge de Hevesy melelehkan emas dari hadiah nobel fisikawan Jerman Max von Laue dan James Frank. Piagamnya dicetak lagi setelah perang.
22. Para pelaut menggunakan anting-anting emas supaya ketika mereka tenggelam dan terdampar di pantai, anting-anting tersebut akan berfungsi sebagai pembayaran untuk pemakaman Kristen yang layak.
21. Medali emas olimpiade cuma mengandung 1% emas.
20. Di Dubai, ada ATM yang bisa mengeluarkan batangan emas.
19. Sebagian besar emas yang ada di kerak bumi adalah hasil dari tabrakan asteroid.
18. Sejumlah besar emas di bumi berada di pusat bumi karena tenggelam ke dasar ketika bumi masih dalam proses pembentukan.
17. Ini bukan fakta emas sih. Pada tahun 1859, para penambang emas di Pegunungan Rocky Mountains bangun pada jam 1 pagi untuk sarapan karena aurora nya sangat terang sehingga mereka mengira kalo sudah pagi.
16. Tester es krim menggunakan sendok emas untuk menghindari rasa yang tertinggal di mulut ketika menggunakan sendok biasa.
15. Kepala politikus Roma, Gaius Gracchus, dihargai dengan emas sesuai berat kepalanya. Kepalanya berhasil didapat, tapi uang hadiahnya nggak dikasih karena kepalanya diisi dengan timah.
14. Aluminium dulunya adalah logam paling berharga di bumi. Orang kaya makan dengan sendok garpu aluminium, sedangkan orang-orang miskin menggunakan peralatan emas.
13. Mansa Musa, penguasa Kekaisaran Mali, menghabiskan sangat banyak emas di Mesir sehingga nilainya terdevaluasi dan menghancurkan ekonomi negara.
12. Tahanan di Cina dipaksa untuk menambang emas di game World of Warcraft. Menurut laporan, emas virtual yang berhasil terkumpul adalah sekitar 100.000
11. LEGO memberikan 25.65 gram batang emas kepada seseorang yang telah bekerja selama 25 tahun
10. Emas bisa ditemukan di setiap benua.
9. Emas sering kali muncul di perairan selama gempa bumi karena tekanan yang muncul jauh di dalam kerak bumi.
8. Daun pohon eucalyptus ternyata ditemukan mengandung emas.
7. Tiga kolam renang standart Olimpiade mampu menampung semua emas yang berhasil ditambang manusia dalam sejarah
6. Dan hampir semua emas itu berasa dari satu lokasi - Witwatersrand, Afrika Selatan.
5. Aurofobia adalah ketakutan terhadap emas.
4. Ibu rumah tangga di India memiliki 11% emas di dunia. Lebih banyak daripada yang dimiliki oleh gabungan Amerika, Swiss, Jerman, dan IMF
3. Batangan emas terbesar di dunia beratnya 250 kg.
2. Emas pun juga bisa ditemukan di tubuhmu, sebesar 0.2 mg, dan paling banyak terdapat di aliran darah.
1. Emas bisa dimakan loh. Tapi jangan makan yang batangan atau perhiasan ya.

Itulah fakta unik tentang emas. Menarik bukan? Semoga bermanfaat.
Terimakasih telah membaca..

Sumber :
Www.keepo.me

0 komentar:

Posting Komentar