Sabtu, 16 April 2016

"Serotonin" Mempengaruhi Mood Anda

Pasti kita sesekali pernah mengatakan, “Maaf, lagi nggak mood!”. Tapi apakah kalian tahu bagaimana suasana hati ini dihasilkan dalam tubuh? Dan kita disini akan membahas tentang serotonin, atau hormon kebahagiaan, yang dapat mempengaruhi dan mengendalikan mood kita saat kita menjalani kehidupan sehari-hari.
Otak manusia adalah organ yang sangat kompleks, dapat melakukan apa saja. Saat ini kalian mungkin mengobrol dengan teman di Facebook, sambil mendengarkan lagu terbaru yang dirilis oleh artis favorit, mengunyah keripik, berpikir tentang hari esok tentang tugas yang harus dibereskan di sekolah atau kantor, juga mungkin berpikir tentang seseorang yang spesial. Dapatkah kalian  bayangkan jumlah koordinasi yang diperlukan untuk melakukan semua hal-hal ini secara bersamaan, tanpa goyah? Tentu semuanya harus memerlukan banyak energi dan juga pelayanan efisien agar bekerja seperti itu.
Neurotransmitter adalah tenaga dan bahasa otak – mereka membawa sinyal ke sel-sel otak, atau neuron. Banyak neurotransmiter telah diidentifikasi selama bertahun-tahun, salah satunya adalah “hormon kebahagiaan”, seperti sering disebut, atau serotonin.

Sifat Dasar Kimia dan Serotonin Sintesis
Secara kimia, serotonin adalah amina, berasal dari asam amino triptofan. Nama kimia dari serotonin adalah 5-hidroksitriptamin (5-HT).
Sebagian besar serotonin dalam tubuh disintesis oleh sel-sel enterochromaffin di saluran pencernaan. Dalam hal ini, serotonin telah ditunjukkan untuk mempengaruhi tingkat nafsu makan. Ia bekerja dalam hubungan erat dengan dopamin neurotransmitter lain, dopamin meningkatkan nafsu makan, sedangkan serotonin menguranginya.
Sebuah bagian dari serotonin tubuh juga berasal dari sel-sel otak yang disebut neuron serotonergik, dan aktifitas fraksi ini yang dikaitkan dengan suasana hati, emosi, keadaan pikiran dan perasaan kesejahteraan.

Bagaimana Mood Kalian Hari ini?

Serotonin dan Perilaku Sosial
Sebagaimana dinyatakan di atas, serotonin mempengaruhi tingkat nafsu makan. Tapi serotonin juga mempengaruhi suasana hati kalian! Bagaimana kedua hal ini berkorelasi?
Kita semua telah mendengar setidaknya beberapa versi dari teori Darwin tentang seleksi alam. Ada dua aspek untuk kelangsungan hidup organisme di sekitarnya – kemampuan untuk memperoleh makanan, dan kemampuan untuk bersaing dengan orang lain untuk memperoleh makanan dan kelangsungan hidup. Dalam bentuk kehidupan relatif lebih rendah atau sederhana seperti ikan dan cacing, serotonin membantu organisme untuk mengukur ketersediaan pangan di sekitarnya. Namun, ketersediaan sekedar makanan tidak cukup untuk bertahan hidup, dan di dalamnya datang kemampuan untuk bersaing dengan orang lain untuk memperoleh makanan. Semakin kuat individu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memperoleh makanan dengan adanya persaingan, membuatnya dominan dan lebih percaya diri daripada yang lain. Dalam hal ini, serotonin telah terbukti berhubungan dengan rasa hierarki sosial atau status sosial, dan status sosial kalian pasti mempengaruhi suasana hati kalian!
Dengan kata sederhana, orang-orang dengan peringkat sosial yang lebih tinggi memiliki kewenangan yang lebih besar atau ‘kekuatan’, dan cenderung lebih percaya diri. Mereka memiliki kemampuan untuk mengalihkan atau ‘lari’ dari masalah yang mungkin mereka hadapi karena mereka berada dalam posisi dapat melakukannya. Oleh karena itu mereka lebih bahagia, lebih puas dengan kehidupan mereka. Orang tersebut dapat dikatakan dalam keadaan sejahtera dengan kehidupan mereka.
Di sisi lain, bawahan berperingkat lebih rendah dalam hirarki sosial. Para bawahan dengan demikian dapat diintimidasi oleh situasi atau masalah dalam hidup mereka. Pada umumnya adalah seseorang yang tak berdaya. Mereka karenanya dipaksa untuk menghadapi masalah dan tidak memiliki pilihan untuk lolos, atau ‘meninggalkan’ dari itu. Jelas orang-orang seperti ini bisa kurang puas dengan kehidupan mereka dan dengan demikian, hidupnya kurang bahagia.

Serotonin dari Makanan
Kita sering mendengar orang tua berkata, kita menjadi makanan yang kita makan. Dengan mengingat kalimat ini, serotonin dapat dipandang sebagai jembatan antara makanan yang kita makan dan pengertian umum kesejahteraan, atau ‘suasana hati’ kita. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, triptofan merupakan pendahulu dari serotonin dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi bahan makanan yang tinggi pada tingkat triptofan, kadar serotonin dalam tubuh naik. Bahan makanan peningkat mood tersebut termasuk pisang, kenari, plum, mangga, telur, gandum, susu, unggas dan bahkan cokelat! Hal ini menjelaskan mengapa kita merasa senang setelah makan cokelat. Hal ini juga menunjukkan fakta lain yang menarik, ketika orang menjalani diet ketat, mereka cenderung merasa tertekan dalam beberapa minggu, hal ini terjadi karena kadar serotonin dalam tubuh habis melebihi tingkat normal.           
Jadi pada saat kalian merasa sedih, makanlah sebatang cokelat, dan kalian akan segera merasa baik lagi.:)

Sumber :

Ardianto, B. (2013, Desember 20). Bagaimana Serotonin Mempengaruhi Mood Anda. Retrieved April 16, 2016, from BramAdianto.com: http://bramardianto.com/bagaimana-serotonin-mempengaruhi-mood-anda.html

0 komentar:

Posting Komentar