Sabtu, 23 April 2016

Beberapa Sulap yang Merupakan Fenomena Kimia

Monday, 24 April 2016
10.11 a.m.



Jangan pernah heran dengan sulap-sulap yang dihadirkan oleh beberapa stasiun televisi di Indonesia belakangan ini.
Bahkan memang beberapa sulap di tampilkan oleh beberapa deretan artis dan pelawak kondang.
Kita tidak dapat memungkiri bahwa yang namanya magic atau sulap selalu menjadi tontonan yang menarik bagi kita. Kesan wonderful, incredible dan bahkan impossible selalu membuat kita terkagum-kagum sekaligus takjub.
Saya yakin di balik sebuah pertunjukan sulap yang menarik pasti ada penjelasan ilmiah atas apa yang terjadi.
Ingat pesan seorang bule asal amerika yang mengajari saya bahasa inggris, dia berkata: “Bagi semua orang, banyak hal terjadi karena keajaiban, tetapi dengan memahami sains, tidak ada lagi misteri.
Baiklah, dalam postingan kali ini, saya akan mengulas beberapa fakta sains dari sulap yang dianggap keajaiban oleh masyarakat.
1. Message from ash
Permainan sulap ini merupakan permainan sulap yang paling mudah untuk dilakukan, namun skenarionya harus disusun secara rapi, sehingga menimbulkan effect dramatis yang luar biasa.
Kamu akan dapat menimbulkan tulisan atau pesan di lenganmu, dengan membakar kertas yang berisikan pesan atau tulisan tersebut, lalu menggunakan abunya untuk digosokkan ke lenganmu.
Lalu… jreng-jreng-jeeeeng… ajaib.. tulisan dikertas tersebut muncul di lengan kamu.
Caranya sangat mudah. Sebelum bermain, tuliskan terlebih dahulu ke lenganmu pesan atau tulisan yang ingin dimunculkan dengan sabun, tunggu sampai kering dan kamu siap untuk tampil!\
Oke.. aku akan mencoba menjelaskan fenomena ini secara kimia.
Sabun merupakan senyawa yang mempunyai dua kutub yang masing-masing kutubnya mempunyai sifat yang berbeda. Salah satunya hidrofilik (menyukai air) dan ujung lainnya adalah Hidrofobik (tidak menyukai air), atau dapat dikatakan senyawa ini adalah dwipolar. Mempunyai kutub polar dan nonpolar.
Hal ini menyebabkan sabun gampang lengket dikulit dan juga gampang Lengket dengan abu yang sifatnya merupakan zat nonpolar.
2. Tea become a water
Permainan sulap yang satu ini cukup ampuh untuk menarik perhatian teman-teman kamu.
Kamu mampu membuat teh yang semula berwarna kuning kecoklatan berubah menjadi bening layaknya air mineral biasa.
Sebenarnya teh yang kita gunakan bukanlah teh asli, melainkan teh buatan yang kita buat dari larutan iodine (obat luka betadine), iodine berwarna kuning kecoklatan persis seperti teh.
Warna dari iodine dapat menghilang apabila iodine tersebut tereduksi menjadi I-.
Zat pereduksi yang biasa digunakan dalam percobaan sulap ini adalah natrium tiosulfat (sodium toisulfat) bahan ini biasa digunakan untuk mencuci foto.
Demikian beberapa trik sulap yang bisa dilakukan dengan wawasan kimia yang kamu miliki.
Semoga bermanfaat dan menyenangkan!  


http://www.mystupidtheory.com/2010/11/beberapa-sulap-sulap-yang-merupakan.html

0 komentar:

Posting Komentar