Sabtu, 16 April 2016

Zat Berbahaya Pada Gelas Plastik



Bismillahirrohmanirrohiim ..
Teman-teman pasti tahu jenis gelas plastik yang biasanya hanya digunakan sekali pakai saja. Dalam pembuatannya, gelas yang sering disebut dengan stereofoam tersebut memakai bahan kimia yang disebut styrene.
Styrene merupakan salah satu jenis bahan kimia yang mesti diminimalisir penggunaannya dalam kehidupan manusia karena memiliki sifat karsinogenik atau menyebabkan penyakit kanker. Selain styrene, menurut Departemen Kesehatan AS, ada bahan kimia lainnya yang bersifat karsinogen yakni cobalt-tungsen carbide, captafol, o-nitrotulene, dan juga riddelline.
Penggunaan styrene untuk berbagai barang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari sudah begitu luas mulai dari fiberglas, onderdil otomotif, pipa plastik, dan juga wadah minuman sekali pakai.
Orang yang terkena paparan styrene dalam jumlah yang tinggi akan beresiko terkena serangan kanker darah dan limfoma. Selain itu, ada juga fakta yang menunjukkan bahaya styrene bagi manusia karena bisa menyebabkan kanker pankreas dan esofagus. 
Meski demikian, penjelasan tersebut bukan berarti bahwa bahan-bahan kimia tersebut bisa secara langsung menjadi penyebab kanker, ada banyak faktor yang juga berperan signifikan seperti kerentanan tiap-tiap orang, besar kecilnya jumlah bahan kimia, dan sebagainya. Dalam penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2009 bertajuk Occupational and Environmental Medicine disebutkan bahwa ada bahan kimia yang digunakan dalam pabrik karet yang berpotensi menyebabkan kanker pada orang-orang yang terpapar secara terus-menerus.
Bahan kimia yang disebut dengan MBT dengan rumus kimia 2-mercaptobenzothiazole merupakan bahan yang menyebabkan kanker (karsinogen). Orang yang terkena MBT ini memiliki resiko kanker usus besar dan mieloma ganda lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang terbebas dari paparan MBT.
Nah buat teman-teman yang suka makan seblak juga harus berhati-hati ya, karena wadahnya terbuat dari stereofoam. Jaga kesehatan dan harus lebih berwaspada lagi yee kawan.
Alhmadulillah ..
Terimakasih, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Kake Guru mengatakan...

blogwalking...
alangkah baiknya jika dipasang adsense

www.gurukarnas.blogspot.com

Posting Komentar