Jumat, 01 April 2016

Kandungan Air Kelapa



           Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang buah kelapa. Kenapa memilh buah kelapa? Karena buah kelapa selain segar, juga banyak manfaatnya. Oleh karena itu saya memilih buah kelapa sebagai bahan artikel saya yang ke-delapan.
Buah kelapa merupakan salah satu buah yang memilki ukuran lebih besar dibandingkan dengan tanaman buah palma yang lain. Buah kelapa juga sering disebut multi guna karena banyak kandungan dan manfaat buah kelapa yang bisa diambil baik dari daging buah kelapa, air kelapa, kulit buah dan lainnya. Jadi hampir seluruh bagian dari tanaman pohon kelapa bisa digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Kelapa (Cocos nucifera) termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10 - 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3 - 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2 - 10 buah kelapa setiap tangkainya.

Salah satu bagian dari buah kelapa yang banyak dimanfaatkan adalah air dan buah kelapa, yang ternyata air buah kelapa memiliki banyak kandungan nilai gizi dan khasiat yang luar biasa. Air kelapa mempunyai unsur kimia yang salah satu yaitu berupa unsur makro dan mikro yang meliputi nitrogen dan karbon yang sangat penting bagi tubuh manusia terdapat pada air kelapa, masing – masing unsur tersebut memilki uraian kandungan tersendiri.
Unsur Kimia Dalam Buah Kelapa :
  • Pada nitrogen Pada unsur nitrogen air kelapa memiliki kandungan sendiri diantaranya protein yang terdiri dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Kandungan asam amino buah kelapa lebih tinggi dibanding asam amino yang terdapat pada susu sapi.
  • Unsur Kimia Dalam Buah Kelapa karbon juga meilki kandungan dalam bentuk karbonhidrat seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol dan lainnya.
  • Unsur Kimia Dalam Buah Kelapa mikro dalam air kelapa juga sangat dibutuhkan tubuh sebagai pengganti ion tubuh, untuk mengembalikan stamina dan energi baru bagi tubuh.
Kandungan Unsur Kimia Dalam Buah Kelapa lain dalam daging buah kelapa yang berumur 8 bulan adalah :
  • Kadar air 90,59 %
  • Kalori 437 kkal/100gr
  • Minyak 26,67 %
  • Protein 10,67 %
  • Serat kasar 3,98%
  • Total karbonhidarat 38,45 %- pati 13,53 %
  • Gula sebagai glukosa 24,92 %
  • Asam amino, memiliki uraian, seperti isoleusin 2,5 gr/16 gr N, leusin 4,9 gr/16 gN, lisin 2,7 gr/16 gr N, metionin 1,5 gr/16 gr N, threosin 2,3 gr/16gr N, tripthopan 0,6 gr/16 gr N dan valin 3 ,8 gr/16 gr
  • Mineral utama dalam daging buah kelapa adalah Fe (17 ppm), S (4 ,4 ppm), Cu (3 ,2) , P (2.4 ppm)
  • Kandungan vitamin pada buah meliputi vitamin C (10 ppm), vitamin B(15 IU), dan vitamin E (2 ppm)
  • Minyak kelapa mengandung trigliserida yang tersusun dari lemak rantai sedang ( C6- C12).
  • Asam lemak dalam minyak kelapa adalah C8 5- %, C 10 6 – 10 % dan C 12 44 – 45 % (total 55- 65 % asam lemak rantai sedang).
Manfaat  Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan :
  • Dengan meminum air kelapa muda secara teratur akan mengobati demam berdarah. Bisa juga diminum dengan ditambah perasan jeruk nipis.
  • Menghilangkan rasa kelelahan dan lesu. Minumlah dengan sedikit gula dan es agar terasa lebih segar.
  • Mengatasi susah buang air kecil dan sering buang air kecil. Karena air kelapa muda mampu membersihkan saluran kemih.
  • Dapat membasmi cacing pada usus. Minumlah air kelapa muda secara teratur 3x sehari dengan ditambah 1 sendok teh minyak zaitun.
  • Orang yang sedang hamil membutuhkan banyak cairan. Air kelapa muda sangat baik jika dikonsumsi.
  • Mampu mengobati orang yang sedang mabuk disebabkan mengkonsumsi obat-obatan atau pil tertentu.
  • Air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama dengan air susu ibu.
  • Menjaga fungsi pencernaan dalam tubuh.
  • Mengatasi mual-mual dan muntah.
  • Dipercaya mampu memecah batu ginjal. Orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda selain resep dari dokter. Air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal.
  • Air kelapa muda merupakan cairan isotonik. Bahkan sudah banyak minuman yang berbahan utama air kelapa muda yang bagus untuk kebugaran tubuh.
Khasiat Buah Kelapa

            Jika anak anda sedang mengalami penyakit cacingan, ada baiknya anda memanfaatkan buah kelapa ini. Caranya ialah meminumkan air kelapa pada anak anda          3x sehari dengan ditambahi sedikit tetesan jeruk pada air kelapa.
  1. Seringkali anda merasakan kelelahan saat sepulang kerja. Untuk mengatasi kelelahan ini anda bisa mengonsumsi air kelapa karena air kelapa berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh anda kembali.
  2. Mengobati muntah-muntah atau rasa mual.
  3. Mampu melancarkan buang air kecil serta membersihkan saluran kemih.
  4. Air kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengan mengonsumsinya secara teratur.
  5. Dapat mengatasi mabuk yang diakibatkan obat-obatan.
  6. Menstabilkan cara kerja metabolisme dalam tubuh dan pencernaan anda.
  7. Mengobati penyakit ginjal dengan melunakkan kerak pada ginjal.


Dapat juga menyembuhkan penyakit-penyakit seperti berikut ini:
  1. Air kelapa juga mengandung antibakteri, antivirus dan anti jamur yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Mengobati sakit gigi.
  2. Mengobati panas dalam.
  3. Mentralisir racun dalam tubuh.
  4. Mencegah terjadinya influenza.
  5. Mengobati rasa sakit yang disebabkan haid.
  6. Bermanfaat untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut.
  7. Mengobati demam ataupun sakit panas.
  8. Menghilangkan ketombe pada rambut.
  9. Mengatasi Keracunan
  10. Panas dalam
  11. Sakit panas
  12. Demam berdarah
  13. Morbili
  14. Influenza
  15. Kencing batu
  16. Sakit saat haid
  17. Cacing kremi
  18. Sakit gigi
  19. Mengatasi Ketombe
            Buah kelapa memiliki kandungan kalori yang jumlahnya berbeda-beda pada setiap buah kelapa tergantung tua muda buah kelapa itu sendiri. Pada buah kelapa muda, buah ini mengandung 68 kalori pada setiap gramnya. Sedangkan yang masih setengah tua mengandung 180 kalori pada setiap gramnya dan yang sudah tua memilki kandungan 359 kalori per 100 gramnya. Sementara untuk air kelapa sendiri memilki kandungan 17 kalori pada setiap gramnya baik yang muda ataupun yang sudah tua. Namun air buah kelapa hijau memiliki kandungan zat anti racun atau biasa disebut tannin lebih banyak dari pada air kelapa yang lain. Ada manfaat-manfaat lain yang bisa diperoleh baik itu dari pelepah buah kelapa, daun, batang pohon dan lainnya. Jadi buah kelapa memang benar-benar layak kita sebut multiguna karena beberapa kandungan dan manfaat buah kelapa itu sendiri.

Cirebon, 01 April 16
WINDA YULIANA
1415105141
Sumber Rujukan
brithday, h. (2015, maret 15). kandungan dan khasiat air kelapa bagi kesehatan manusia. Retrieved april 01, 2016, from http://birtdayhappy.blogspot.co.id/2015/03/kandungan-dan-khasiat-air-kelapa-bagi.html
 http://www.biojanna.org/unsur-kimia-dalam-buah-kelapa/

 



0 komentar:

Posting Komentar