Sabtu, 27 Februari 2016

Ilmu Kimia dalam pandangan Islam



A.   Pengertian ilmu kimia
Ilmu kimia merupakan salah satu dari sekian banyak ilmu pengetahuan yang muncul sejak munculnya pemikiran ilmu secara ilmiah. Dalam bahasa arab mengenai kimiya = perubahan benda atau zat. Bahas yunani, ilmu yang mempelajari  mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang dikemukakan sehari – hari.
Didalam al- Qur’an terdapat kandungan yang merujuk pada fenomena -  fennomena alamiah yang  sering ditemui  manusia dalam kehidupan sehari – hari.
Ayat ini juga telah menarik perhatian manusia secara tidak langsung untuk mempelajri berbagai elemen dan reaksi kimiawi, diantaranya yaitu ayat- ayat yang berhubungan dengan kejadian manusia.
·         Proses penciptaan manusia  dan tindak balas yang berlaku dari bahan yang terlibat semasa penciptaannya. Misalnya dalam
 ( QS. Al – Hijr : 26 )
·         Unsur kimia di dalam madu petunjuk kepada kekuasaan allah merubah setruktur, sifat dann kegunaan berbagai unsur. Misalnya dalam
 ( QS. An- nahl : 68 – 69 )
·         Al- Qur’an menjelaskan  tentang unsur besi ( QS. Al- Hadid : 52 – 57 )

B.   Perkembangan ilmu kimia dalam perspektif islam.
Jabir Ibnu Hayyam diceluk sebagai Bapak Kimia modern, menurut Durant, dalam bidang kimia telah memperkenalkan observasi yang tepat, eksperimen yang terkontrol, serta catatan atau dokumen yang begitu teliti. Sejarah mencatat bahwa peradaban islam di era kejayaan telah melakukan revolusi dalam bidang kimia.
Kimiawan mengubah teori-teori ilmu kimia menjadi  sebuah industri, ilmuan islam di zaman kegemilangan  berhasil menghasilkan sederet produk dan penemuan  yang sangat bermanfaat hingga kini misalnya, alkohol, nitrat, asam sulfur dan lain-lain.

C.   Ilmu kimia sebagai cabang ilmu toritis
Kimia sering disebut sebagai “ ilmu pusat ” karena menghubungkan berbagai ilmu lain sebagai contoh, kimia fisik melibatkan  penerapan prinsip-prinsip fisika  terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.

D.   Perkembangan ilmu kimia di dunia islam dulu
Dunia islam sangat maju  sebelum terjadi perang salib. Perpindahan kimia  islam keeropa  menjadi titik balik kemuduran  kimia  dan sains- sains islam pada umumnya menjadi lokomotif kemajuan ilmu pengetahuan diseluruh penjuru dunia.
Beberapa ilmuan muslim mengejar ketinggalan  kemajuan ilmu kimia modern  melalui riset-riset yang terus dikembangkan seperti yang dilakukan pada lembaga- lembaga akademi. Perkembangan ilmu kimia di dunia islam  di awali kira – kira sejak  satu tahun abad  setelah  hadirnya peradaban islam, kemudian berkembang hingga sekarang.

Referensi
http//: Rizkariton. Blogspot.com/ 2014/05/ ilmu-kimia-dalam-pandangan-agama islam

0 komentar:

Posting Komentar