Rabu, 04 Mei 2016

Cerpen Ane : Ada Persaudaraan di Rumah Nomor IIIA


 Thursday, 5 May 2016
9.42 a.m


Aku adalah putra ke-2 dari lima bersaudara, kakakku Boron sudah menikah dengan Flourin III (Flourin keturunan ketiga dari keluarga Flour). Ia kini bekerja di perusahaan teknik sebagai pemicu api dan bahan roket. Kakakku pernah masuk penjara sebab tuduhan meracuni manusia melalui perantara makanan, Boraks. Ia juga pernah bekerja di pabrik pembuatan gelas juga pabrik pembersih/pengawet. Sewaktu di Amerika, ia dipercaya sebagai pembasmi seangga seperti kecoa, lipan, kutu, semut, dll.
Adikku yang pertama, Galium. Ia sangat cantik, sejah lahir ia memiliki warna keperakan yang menakjubkan. Ia pernah bekerja di pabrik pembuatan nuklir, sebagai bahan bakunya. Ia termasuk logam pasca-transisi (logam miskin).
Kemudian adikku yang kedua, Indium. Ia juga sangat cantik mirip Galium, dengan warna putih keperakan dan sangat lembut. Indium bekerja sebagai bahan campuran logam, campuran logam poros, transistor germanium, termistor dan fotokonduktor. Ia dapat berpartner  pada logam dan diuapkan pada gelas untuk membentuk kaca sebagus yang tebuat dari perak tetapi tidak rentan korosi atmosfir.
Terakhir, Thalium. Si bungsu. Ia disebut si kelabu, karena warnanya yang demikian. Lunak, termasuk dalam logam pasca-transisi juga. Ia atau dengan suaminya (pasangannya) bersifat racun, sehingga yang ingin mempekerjakannya harus ekstra hati-hati.
Hemm.... sudah aku sebutkan semua saudara-saudaraku, sekarang kalian sudah pasti kenal denganku. Iya kan? Yahhh betul sekali, aku adalah Aluminium, aku dikenal tahan korosi dan karat dibandingkan dengan besi atau baja. Aku juga kuat, dan akan lebih kuat jika berpartner dengaan yang lainnya, seperti Mangan, Silikon, Seng, dan Magnesium. Aku sangat berguna bagi manusia, aku dipekerjakan sebagai bahan alat-alat dapur, penghantar listrik, sektor industri kendaraan, dll.
Diantara kami semua, akulah yang tidak bersifat toksik sehingga aku yang banyak memiliki temen, seperti asam, basa, thermit, dan oksigen.
Akhir-akhir ini (setelah aku berubah menjadi serbuk Alumunium) sifatku berubah setelah menjalin hubungan dengan kalor, emosiku sering meledak-ledak sehingga dapat merusak kulit manusia yang terkena panasku.
Untuk menghindarkan hal-hal yang tidak aku inginkan, akhirnya aku meninggalkan kalor. Untuk melupakan kalor, aku menjalin hubungan dengan thermit bekerja sebagai pengelas logam. Dan membentuk beberapa kongsi ddengan teman-temanku, diantaranya: durlium (Al dan Cu) yang tahan karat, alnicol (Fe, Ni, Al, Co) menjadi magnet  yang sangat kuat, dan magnelium (Al Dan Mg) yang bercita-cita  dapat membuat pesawat terbang.
Kami tinggal di kota Sistem Periodik Unsur dengan nomor rumah III A berdekatan dengan keluarga pemborong di nomor II A. Banyak orang yang bilang kalau aku mirip dengan berelium dari keluarga pemborong, mungkin karena kemiripan diagonal kami.
Hmmmmm..... itulah sekelumit biografi tentang aku dan saudara-saudaraku, sekian dan terima kasih!
Semoga dapat menambah wawasan.


sumber : wikipedia dan blog terupdate lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar