Kamis, 05 April 2018

Penyelesaian Air Asin

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian orang. Ada berbagai macam hal yang membuat mereka tidak menyukai matematika. Berbagai alasan tersebut antara lain : kesulitan menghitung, kesulitan menemukan rumus, tidak memahami materi dengan baik, dan berbagai macam alasan lainnya. Padahal dalam kenyataannya, matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Bahkan matematika selalu diterapkan dalam berbagai sektor dalam kehidupan sehari-hari. Matematika pun tak jarang berkaitan dengan mata pelajaran lainnya, seperti kimia, fisika, biologi, akutansi, dan sebagainya. Dalam hal ini, penulis akan menuliskan mengenai penerapan matematika (persamaan diferensial) dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kimia.
Persamaan diferensial linear orde satu muncul sebagai model matematik dalam soal-soal laju yang meliputi campuran. Campuran adalah suatu materi-materi yang disusun oleh beberapa suatu zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sebuah sifat dari materi penyusunnya tidak dapat berubah karena gabungan beberapa zat tanpa melakukan reaksi kimia. Campuran homogen tersusun oleh dua bagian atau bisa lebih senyawa yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan lama. Larutan teridiri atas yang pertama pelarut (solvent) dan yang kedua zat terlarut (solute). Pada suatu campuran homogen seluruh bagiannya serbasama sehingga komponen-komponen penyusunnya tidak dapat dibedakan. Larutan garam (Campuran garam dengan air) Penyelesaian Air Asin menggunakan persamaan diferensial linear orde satu dapat dipahami melalui contoh berikut.
CONTOH

Sebuah bejana besar berisi 81 galon air yang mengandung 20 pon larutan garam. Air asin yang mengandung 3 pon larutan garam tiap galon, mengalir ke dalam bejana dengan laju 5 galon tiap menit. Campuran yang dipertahankan merata dengan cara mengaduknya, mengalir ke luar dengan kecepatan 2 galon tiap menit. Berapa jumlah garam didalam bejana sesudah 37 menit?

Sumber
14, b. (2016, January 3). Pengertian Unsur, Senyawa, Campuran dan Beserta Contohnya. Retrieved April 2, 2018, from seputarilmu.com: http://www.seputarilmu.com/2016/01/pengertian-unsur-senyawa-campuran-dan.html
http://www.seputarilmu.com/2016/01/pengertian-unsur-senyawa-campuran-dan.html



0 komentar:

Posting Komentar