Rabu, 09 Maret 2016

PERANAN ILMU KIMIA PADA BIDANG KESEHATAN

     Bila pada pertemuan kemarin Bapak Azmi Azhari,M.Si memaparkan pada kami betapa pentingnya menjaga kesehatan pada peralihan musim seperti ini, lalu beliau menyarankan kepada kami guna melakukan beberapa tips tips mujarab dibawah ini.
diantaranya : 
1. Tidur yang cukup 
2. Olahraga yang teratur 
3. Minum air putih yang banyak. 
4. dan yang terakhir, makan makanan yang bergizi. 

       4 tips kesehatan di atas hanya mencakup pada gambaran besarnya, 
Namun, pernahkah terbayang pada benak kalian bahwa Ilmu Kimia juga mempunyai peran yang begitu penting dalam bidang kesehatan, selain pada keempat aspek diatas yang lebih mengacu pada ilmu biologi, walaupun pada dasarnya kimia hanya berbicara pada unsur unsur terkecil maupun atom dan sejenisnya. 
       Ternyata ilmu kimia ini mempunyai peran yang begitu dashyatnya dalam bidang kesehatan, 
Ilmu kimia tentu saja akan sangat erat kaitannya dengan bidang kesehatan. Pemahaman mengenai reaksi-reaksi kimia adalah hal yang wajib diketahui oleh para tenaga medis dan kesehatan. Tak hanya itu, penyelesaian masalah-masalah kesehatan memerlukan analisis reaksi kimia organik yang kompleks dan pembuatan obat-obatan kimia membutuhkan kemampuan sintesis senyawa aktif dalam obat tersebut.
     Bidang kimia yang berhubungan langsung dengan bidang kesehatan ialah kimia organik dan biokimia. Kedua bidang ilmu kimia ini mempelajari senyawa-senyawa dalam makhluk hidup serta reaksi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup tersebut.
 
PERAN BIDANG KIMIA ORGANIK DALAM PENINGKATAN KESEHATAN 


peranan penting penelitian dan pengembangan Kimia Organik dalam kesehatan diantaranya ialah:
  1. Untuk mengubah desain dan sintesis dari molekul kecil dalam organisme sehingga dapat berinteraksi dengan protein pada gen. Penelitian dan pengetahuan mengenai hal ini sangat diperlukan dalam mendesain obat-obatan untuk beragam penyakit. 
  2. Mengembangkan penelitian mengenai tingkat racun berbagai senyawa. Penelitian mengenai ini sangat penting karena dapat memberikan data akurat mengenai sifat racun suatu senyawa, sehingga tidak terekpos ke dalam tubuh organisme terutama manusia
  3. Mendukung dalam penelitian klinis menggunakan teknik-teknik kimia.
  4. Mendesain obat-obatan yang dapat bekerja lebih efektif dari sebelumnya merupakan hal yang dipelajari dalam biokimia. 
  5. Mengembangkan obat yang lebih selektif dan tepat sasaran untuk menyembuhkan penyakit. 
  6. Menentukan metode sintesis baru yang lebih efektif dalam mebuat obat-obatan maupun senyawa antikuman. 
PERAN BIDANG BIOKIMIA DALAM KESEHATAN


Peranan penting penelitian biokimia dalam bidang kesehatan adalah:
  1. Mengidentifikasi reaksi yang terjadi pada proses kehidupan sehingga mampu menganalisa terjadinya penyakit atau masalah yang terjadi pada proses tersebut.
  2. Menganalisa perkembangan bakteri penyebab penyakit, mempelajari sifatnya dan cara pengendaliannya menggunakan bahan-bahan kimia
  3. Menentukan cara baru dalam menanggulangi penyakit yang berkembang adalah hal yang dipelajari dalam bidang biokimia. 
  4. Dalam bidang sanitasi, pengetahuan akan bahan-bahan kimia anti kuman merupakan hal yang penting dalam aplikasinya. 
  5. Penggunaan kemoterapi dalam menanggulangi penyakit kanker.
  6. Penggunaan enzim dalam menyelesaikan permasalahan dalam tubuh, dan penyembuhan penyakit. 
  7. Test kadar gula darah menggunakan dasar uji keton dalam ilmu kimia untuk mengetahui jumlah glukosa yang terlarut dalam darah. Uji ini sangat penting sebagai analisa diabetes. 
  8. Penyimpanan obat dalam farmasi menggunakan uji biokimia. Uji ini akan memberikan gambaran tentang cara penyimpanan obat-obatan yang aman sehingga strukturnya tidak berubah. Ini akan mempertahankan fungsinya sebagai obat. 
  9. Uji biokimia lainnya digunakan pada obat-obatan untuk mengetahui masa kedaluarsa dari obat.  
  10. Membuat metode kimia untuk menganalisa suatu penyakit dengan cepat.  
  11. Membuat metode analisis penyakit yang akurat hinggal level molekular.
      Semua hal diatas memerlukan ilmu kimia. Jika bidang kesehatan didefinisikan sebagai gabungan antara bidang medisinal, sanitasi dan perawatan kesehatan, maka ilmu kimia berperan penting dalam kesemua aspek di bidang kesehatan. Ilmu kimia merupakan ilmu yang mampu menjembatani berbagai ilmu pengetahuan, sehingga belajar kimia akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Sumber
www.mystupidtheory.com

0 komentar:

Posting Komentar