Kamis, 03 Maret 2016

ikatan kimia



ikatan kimia Teman-teman belajar kimia kemarin tanggal 02 Mar. 16 mengnigatkan saya tentang masa putih abu-abu ini materi yang dibahas ketika kelas X, dan ketika pengayaan. Kimia itu termasuk pelajaran yang di UN kan khusus yag mengambil jurusan IPA dan salah satu pelajaran yang membuat saya ngantuk juge ketika di masa putih au-abu dulu.
Baiklah saya akan mencoba mengingat lagi materi masa MA dulu, tentang ikatan kimia. Iakatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom untuk membentuk atau senyawa. Ikatan ini selalu disertai dengan pelepasan energi. Adapun gaya-gaya yang menahan atom-atom dalam molekul merupakan suatu ikatan yang dinamakan ikatan kimia. Ikatan kimia terbentuk karena unsur-unsur cenderung membentuk struktur elektron stabil. Struktur elektron stabil yaitu struktur gas mulia (golongan VIII A) seperti yang dibahas artikel sebelumnya tentang gas mulia. Didalam ikatan kimia ada beberapa aturan diantaranya :
·         Aturan Oktet
Kecenderungan unsur-unsur menjadikan konfigurasi elektronnya sama seperti unsur gas mulia yang terdekat atau 8 elektron pada kulit terluar.
·         Menurut GN. Lewis dan Walter Kossel pada tahun 1916
Menyatakan bahwa terdapat hubungan antara stabilnya gas mulia dengan cara atom berikatan. Mereka mengemukakan bahwa jumlah elektron terluar dari dari atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa, hingga susunan kedua elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan gas mulia.
Lambang lewis ialah lambang atom yang desertai dengan elektron valensinya contoh :
            xx                                    xx
      xx  CL xx              Hx,      xx O xx          
            xx                                   

Contoh: Br     +    Br             Br   Br          Atau                Br  –  Br
Elektron yang berperan   dalam reaksi kimia yaitu elektron pada kulit terluar atau elektron valensi. Elektron valensi menunjukan kemampuan suatu atom untuk berikan dengan atom lain. Contoh elektron valensi dari beberapa unsur dapat dilihat dalam tabel berikut.
Unsur – unsur dari golongan alkali dan alkali tanah , untuk menyapai kestabilan cenderung melepaskan elektron terluarnya sehingga membentuk ion positif . unsnr – unsnr yang mempunyai kecendrungan membentuk ion positif termasuk unsur elektro positif . unsnr – unsur dari golongan halogen dan  khalkhogen mempunyai kecendrungan menangkap elektron untuk mencapai kestabilan sehingga membentuk ion negative.  Unsur – unsur yang demikian termasuk unsurelektronnegative .
Macam-macam ikatan kimia
a. Ikatan ion = heteropolar
ikatan ion terbentuknya karena adanya serah terima elektron dari unsur logam ke unsur non logam. Ikatan ionik adalah sebuah gaya elektrostatik yang mempersatukan ion-ion dalam suatu senyawa ionik. Ion-ion yang diikat oleh ikatan kimia ini terdiri dari kation dan juga anion. Kation terbentuk dari unsur-unsur yang memiliki energi ionisasi rendah dan biasanya terdiri dari logam-logam alkali dan alkali tanah. Sementara itu, anion cenderung terbentuk dari unsur-unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi, dalam hal ini unsur-unsur golongan halogen dan oksigen. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ikatan ion sangat dipengaruhi oleh besarnya beda keelektronegatifan dari atom-atom pembentuk senyawa tersebut. Semakin besar beda keelektronegatifannya, maka ikatan ionik yang dihasilkan akan semakin kuat. Ikatan ionik tergolong ikatan kuat, dalam hal ini memiliki energi ikatan yang kuat sebagai akibat dari perbedaan keelektronegatifan ion penyusunnya. Pembentukan ikatan ionik dilakukan dengan cara transfer elektron. Dalam hal ini, kation terionisasi dan melepaskan sejumlah elektron hingga mencapai jumlah oktet yang disyaratkan dalam aturan Lewis
Sifat-Sifat ikatan ionik adalah:
a. Bersifat polar sehingga larut dalam pelarut polar
b. Memiliki titik leleh yang tinggi
c. Baik larutan maupun lelehannya bersifat elektrolit
Dalam kehidupan sehari-hari pada gambar diatas tersebut dapat diilustrasikan sebagai si kaya dan si miskin, dimana yang berlebih (+) harus memberi kepada yang kurang mampu (-).
Kegunaan Ikatan Ion dalam Kehidupan Sehari-hari
Hampir semua senyawa ion mudah larut dalam air. Tubuh manusia harus menjaga sejumlah ion agar berfungsi baik, ion ini disebut dengan elektrolit. Tanpa konsentrasi yang tepat dari elektrolit tersebut maka gerakan syaraf tidak dapat mengirim ke otak. Ketika kita berkeringat, maka kita kehilangan cairan yang berupa elektrolit dalam tubuh yang mengakibatkan cairan elektrolit dalam tubuh berkurang ( tidak seimbang).
·         KI (Kalium Iodida)
Untuk memenuhi kebutuhan elektrolit dalam tubuh, maka seorang atlet dianjurkan meminum minuman yang dapat menjaga cairan elektrolit dalam tubuhnya seimbang  yaitu minuman yang mengandung Kalium Iodida (KI) seperti pocari sweat. Ion Kalium mentrasfer elektron ke ion Iodium, sehingga terbentuk senyawa ion. Kalium (K) kehilangan satu elektron sedangkan Iodium (I) bertambah satu elektron. KI digunakan untuk mengatasi masalah penyakit thyroid pada manusia.

·         NaCl (Natrium Klorida)
Selain Kalium Iodida contoh lain dari ikatan ion adalah Natrium Klorida (NaCl).Garam NaCl ini digunakan untuk penambah cita rasa pada makanan, kristalnya berbentuk kubus dan biasanya sering dijumpai dimeja makan. Senyawa ini terbentuk dari reaksi antara :       HCl + NaOH => H20 + NaCl.
Dalam bentuk padatan, NaCl adalah kristal yang berbentuk kubus (sel lattice). Ikatan ion pada natrium klorida adalah contoh ikatan ion yang klasik. Ketika logam natrium yang lunak direaksikan dengan gas klor yang berwarna kuning kehijauan terjadi reaksi yang sangat eksoterm menghasilkan suatu padatan putih natrium klorida, NaCl (s). Natrium klorida merupakan senyawa ion yang lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa ion terbentuk dari senyawa ion positip dan ion negatip. Dalam NaCl terdapat ion-ion Na+ dan Cl .
NaCl atau garam dapur kegunaannya : untuk penambah rasa makanan, bisa juga digunakan untuk mengawetkan makanan.
b. Ikatan kovalen = homopolar
Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk dari pemakaian elektron bersama oleh atom-atom pembentuk ikatan. Ikatan kovalen biasanya terbentuk dari unsur-unsur non logam. Dalam ikatan kovalen, setiap elektron dalam pasangan tertarik ke dalam nukleus kedua atom. Tarik menarik elektron inilah yang menyebabkan kedua atom terikat bersama.
Ada beberapa jenis ikatan kovalen yang semuanya bergantung pada jumlah pasangan elektron yang terlibat dalam ikatan kovalen. Ikatan tunggal merupakan ikatan kovalen yang terbentuk 1 pasangan elektron. Ikatan rangkap 2 merupakan ikatan kovalen yang terbentuk dari dua pasangan elektron, beitu juga dengan ikatan rangkap 3 yang terdiri dari 3 pasangan elektron. Ikatan rangkap memiliki panjang ikatan yang lebih pendek daripada ikatan tunggal. Selain itu terdapat juga bermacam-macam jenis ikatan kovalen lain seperti ikatan sigma, pi, delta, dan lain-lain.
Contoh dari ikatan kovalen peranan dalam kehidupan sehari-hari :
·         Molekul Nitrogen
Molekul tersebut terdiri dari dua unsur nitrogen yang saling berikatan dimana 3 elektron N (3 x) berbagi elektron dengan 3 elektron N lainnya (3 o) agar dapat berikatan.
Jika dapat diilustrasikan dalam kehidupan sehari-hari, sama halnya dengan hubungan antara penjual dan pembeli yang saling membutuhkan satu sama lain.
Macam-macam Ikatan Kovalen
  1. Ikatan Kovalen Tunggal adalah ikatan yang menggunakan sepasang elektron
Hidrogen memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat hidrogen ditemukan dalam berbagai bidang. Dalam kimia organik, hidrogen dipakai sebagai pesintesis senyawa-senyawa organik seperti senyawa aldehid. Dalam bidang industri, hidrogen  banyak digunakan seperti pembuatan bahan bakar fosil, pupuk, meningkatkan kejenuhan minyak, pemurnian minyak bumi, pembuatan metanol, sebagai sel bahan bakar serta berperan dalam proses hidrodealkilasi, hidrodesulfurasi, hidrocracking. Dalam bidang fisika dan teknik, hidrogen digunakan sebagai sheilding gas dan zat pendingin rotor. 
HCl (asam klorida) :
Kegunaan HCl dalam skala industri maupun skala rumah tangga :
1. HCl merupakan bahan baku pebuatan besi (III) klorida (FeCl3) dan polyalumunium chloride (PAC), yaitu bahan kimia yang digunakan sebagai bahan baku koagulan dan flokulan. Koagulan dan flokulan digunakan pada pengolahan air.
2. Sebagai bahan baku pembuatan vinyl klorida, yaitu monomer untuk pembuatan plastik polyvinyl chloride atau PVC.
3. Asam klorida digunakan pada industri logam untuk menghilangkan karat atau kerak besi oksida dari besi atau baja.
4. Asam klorida dimanfaatkan pula untuk mengatur pH (keasaman) air limbah cair industri, sebelum dibuang ke badan air penerima.
5.HCl digunakan pada proses produksi gelatin dan bahan aditif pada makanan.
6. Di laboratorium, asam klorida biasa digunakan untuk titrasi penentuan kadar basa dalam sebuah larutan.
7. Asam klorida juga berguna sebagai bahan pembuatan cairan pembersih porselen.
8. HCl digunakan pula dalam proses regenerasi resin penukar kation (cation exchange resin).
9. Kegunaan-kegunaan lain dari asam klorida diantaranya adalah pada proses produksi baterai, kembang api dan lampu blitz kamera.
10. Campuran asam klorida dan asam nitrat (HNO3) atau biasa disebut dengan aqua regia, adalah campuran untuk melarutkan emas.
11. Pada skala industri, HCl juga digunakan dalam proses pengolahan kulit.
  1. Ikatan kovalen rangkap dua adalah ikatan yang menggunakan 2 pasang elektron
 Beberapa kegunaan oksigen dalam kehidupan sehari-hari dan industri antara lain :
a) Untuk pernapasan makhluk hidup, penderita paru-paru, penyelam, antariksawan
b) Untuk pembakaran / oksidator
c) Campuran oksigen cair dan hidrogen cair digunakan untuk bahan bakar roket
d) Untuk bahan baku berbagai senyawa kimia.

  1. Ikatan kovalen rangkap tiga adalah ikatan yang menggunakan tiga pasang elektron
Kegunaan nitrogen dalam kehidupan sehari-hari dan di industri :
·         Pengisi bola lampu pijar
·         Nitrogen cair digunakan sebagai pendingin untuk membuat suhu yang sangat rendah Nitrogen digunakan untuk melepaskan oksigen (atmosfer inert) untuk berbagai industri yang terganggu oleh oksigen karena sifat nitrogen yang kurang reaktif. (penyimpanan buah-buahan dan sayuran sehingga tidak cepat busuk dalam kemasan kaleng, pembuatan larutan injeksi, industri elektronika yang menginginkan udara tanpa oksigen, penyimpanan produk yang mudah terbakar).
Bahan baku pembuatan amoniak (Proses Haber-Bosch)
N2(s) + 2H2(g)         2NH3(g)
-Dalam persenyawaan :
Amonia (NH3) : gas yang tidak berwarna, berbau merangsang, dan mudah mencair, titik didih –330C dan titik beku –780C.
-Digunakan untuk : pembuatan pupuk urea dan ZA (zwavel amonia)   , pembuatan NH4Cl pada baterai, pembuatan asam nitrat (HNO3) pendingin dalam pabrik es, pembuatan hidrasin (N2H4) yang digunakan sebagai bahan bakar roket, sebagai bahan dasar pembuatan : (bahan peledak, kertas, plastik, dan detergen).
4.      Ikatan kovalen koordinat adalah ikatan kovalen dimana pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari satu atom saja.
Contoh:
1. Pembentukkan NH4+
Kegunaan amonia dalam kehidupan sehari-hari : Dalam bentuk amonia nitrogen , digunakan sebagai bahan pupuk, obat-obatan, asam nitrat, urea, hidrasin, amin, dan pendingin.
2. Pembentukkan H2SO4
Asam Sulfat diproduksi secara besar-besaran di pabrik karena banyak digunakansebagai bahan dasar pembuatan produk sehari-hari.:
3. Pembentukkan SO3 
Kegunaannya :
§  Mengobati dari luka bekas gigitan binatang berbisa. Boleh juga belerang yang sudah dibuat korek api tumbuk sampai halus dan masukan ke lubang bekas gigitan, lalu bakarlah.
§  Obat gatal-gatal pada kulit. ambil belerang sebesar ibu jari, lalu gerus bersama 3 butir merica dan setengah buah pala. Setelah halus, aduklah dengan sesendok makan minyak tanah dan air. Oleskan pada bagian tubuh yang diserang gatal-gatal.
§  Menghilangkan panu/kurap yang menghiasi kulit. Setelah belerang dihaluskan, campurlah dengan minyak goring lalu aduklah sampai rata. Oleskan pada bagian kulit yang berpanu atau kurap. Lakukan sesering mungkin
§  Belerang sangat penting untuk kehidupan. Belerang adalah penyusun lemak, cairan tubuh dan mineral tulang, dalam kadar yang sedikit.
§  Untuk membuat asam sulfat.
§  Untuk membuat gas SO2 yang biasa dipakai untuk mencuci bahan yang terbuat dari wool dan sutera.
§  Pada industri ban , belerang untuk vulkanisasi karet yang berkaitan agar ban bertambah ketegangannya serta kekuatannya.
§  Belerang juga digunakan pada industri obat-obatan, bahan peledak, dan industri korek api yang menggunakan Sb2S3.

c. Ikatan Logam
Ikatan logam merupakan salah satu ciri khusus dari logam, pada ikatan logam ini elektron tidak hanya menjadi miliki satu atau dua atom saja, melainkan menjadi milik dari semua atom yang ada dalam ikatan logam tersebut. Elektron-elektron dapat terdelokalisasi sehingga dapat bergerak bebas dalam awan elektron yang mengelilingi atom-atom logam. Akibat dari elektron yang dapat bergerak bebas ini adalah sifat logam yang dapat menghantarkan listrik dengan mudah. Ikatan logam ini hanya ditemui pada ikatan yang seluruhnya terdiri dari atom unsur-unsur logam semata.
-Proses Terjadinya Ikatan Logam
Logam memiliki sedikit elektron valensi dan memiliki elektronegativitas yang rendah. Semua jenis logam cenderung melepaskan elektron terluarnya sehingga membentuk ion-ion positif/atom-atom positif/kation logam. kulit terluar unsur logam relatif longgar (terdapat banyak tempat kosong) sehingga elektron terdelokalisasi, yaitu suatu keadaan dimana elektron valensi  tidak tetap posisinya pada suatu atom, tetapi senantiasa berpindah pindah dari satu atom ke atom lainnya. Pada logam, elektron-elektron yang menyebabkan terjadinya ikatan di antara atom-atom logam tidak hanya menjadi milik sepasang atom saja, tetapi menjadi milik semua atom logam, sehingga elektron-elektron dapat bergerak bebas. Elektron valensi logam bergerak dengan sangat cepat mengitari intinya dan berbaur dengan elektron valensi yang lain dalam ikatan logam tersebut sehingga menyerupai “awan” atau “lautan” yang membungkus ion-ion positif di dalamnya.
Elektron bebas dalam orbit ini bertindak sebagai perekat atau lem. Kation logam yang berdekatan satu sama lain saling tarik menarik dengan adanya elektron bebas sebagai ”lemnya”. Struktur logam dapat dibayangkan terdiri dari ion-ion positif yang dibungkus oleh awan atau lautan elektron valensi .
Contoh dari ikatan logam peranan dalam kehidupan sehari-hari :
Dalam kehidupan sehari-hari pada gambar diatas tersebut dapat diilustrasikan sebagai saat kita menonton konser band pada awalnya kan konser band masih kosong setelah band dimulai orang-orang berbagai daerah atau berbagai usia bersatu menonton konser band tersebut sehingga konser band itu diisi oleh banyak orang dan rame.
Jumat, 04 Maret 2016
WINDA YULIANA
1415105141


0 komentar:

Posting Komentar